Senin, 01 Jun 2020
  • Home
  • Pendidikan
  • Pimpinan PT Bidang Kemahasiswaan di Jawa Tengah Ikuti OPPeK

Pimpinan PT Bidang Kemahasiswaan di Jawa Tengah Ikuti OPPeK

Oleh: Jallus
Kamis, 03 Mei 2018 14:07
BAGIKAN:
istimewa.
Pimpinan Perguruan Tinggi di Jawa Tengah.
KUDUS (EKSPOSnews): Sedikitnya 30 peserta yang merupakan para pimpinan bidang kemahasiswaan dari berbagai perguruan tinggi (PT), baik negeri maupun swasta, mengikuti Orientasi Pengembangan Pendamping Kemahasiswaan (OPPeK) pada 2 - 3 Mei 2018.

OPPeK yang diselenggarakan oleh Paguyuban Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan PTN - PTS Jawa Tengah dengan Universitas Muria Kudus (UMK) sebagai tuan rumah, itu digelar di Hotel Griptha dan menghadirkan Bambang Sulistiyanto serta Budi Utomo Kukuh Widodo sebagai pemandu.

Untuk peserta, antara lain datang dari STIE YPPI Rembang, Unika Soegijapranata, Unwahas, STIKes Karya Husada Semarang, UNISNU Jepara, UMK, UMS Surakarta, Akper Kesdam IV/Diponegoro, Udinus, serta USM.

Hadir juga perwakilan dari STIKes Muhammadiyah Kudus, Unisbank Semarang, Universitas Tidar Magelang, STIE Bank BPD Jateng, UNSA Surakarta, UPGRIS Semarang, Unissula Semarang, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Unimus Semarang, Polimarin, STTR Cepu, dan UPS Tegal.

Bambang Sulistiyanto, salah satu narasumber, menjelaskan, OPPEK adalah serangkaian kegiatan terstruktur, yang diselenggarakan untuk membantu para pendamping mencapai kesepakatan tentang cara-cara yang sebaiknya diterapkan, dalam menangani berbagai masalah kemahasiswaan di PT masing-masing.

''Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta OPPEK diharapkan dapat menerapkan fungsi  pendamping kemahasiswaan dengan mengetahui kondisi dunia kemahasiswaan di Indonesia, mengetahui pola pengembangan kemahasiswaan secara nasional, dan memahami dinamika kehidupan mahasiswa,'' terangnya yang juga salah satu editor materi OPPeK yang diterbitkan Kementerian Pendidikan Nasional pada 2010.

Dalam pelatihan yang dibuka Rektor UMK, Suparnyo itu, dijelaskan pula, bahwa setelah mengikuti OPPeK ini, para peserta dapat menjalankan tugas sebagai pendamping  kemahasiswaan, dengan memahami sejumlah gaya kerja.

''Di luar itu, juga diharapkan bisa menerapkan gaya kerja dalam bernegosiasi dan menyepakati  gaya  kerja  yang sebaiknya diterapkan di PT masing-masing,'' terang Bambang Sulistiyanto.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Irjen Pol.Rycko Amelza Dahniel Jadi Kapolda Jawa Tengah

    SEMARANG (EKSPOSnews): Gubernur Akademi Kepolisian Irjen Pol.Rycko Amelza Dahniel akan menggantikan Irjen Pol.Condro Kirono sebagai Kapolda Jawa Tengah.Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Agus Tr

  • 2 tahun lalu

    Ratusan Warga Jawa Tengah Terkena Penyakit Jiwa

    SEMARANG (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyebutkan ratusan warga yang tersebar di 35 kabupaten/kota mengalami gangguan jiwa, bahkan harus dipasung oleh keluarganya."Berdasarkan da

  • 3 tahun lalu

    Kasus Perkawainan Anak di Jawa Tengah Tinggi

    SEMARANG (EKSPOSnews): Koalisi Perempuan Indonesia menyebutkan kasus perkawinan anak di Jawa Tengah cenderung tinggi dibandingkan daerah lain."Kami mendapatkan data yang meminta dispensasi menikah kar

  • 3 tahun lalu

    5 Jaksa di Jawa Tengah Lakukan Pelanggaran

    SEMARANG (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah mencatat 5 jaksa yang bertugas di berbagai wilayah di provinsi ini terbukti melakukan pelanggaran selama periode Januari hingga Juli 2017."Ada 5 jak

  • 3 tahun lalu

    20 Kasus Balon Udara di Jawa Tengah

    BANYUMAS (EKSPOSnews): Sedikitnya 20 kasus pelepasan balon udara di sejumlah wilayah Jawa Tengah yang sedang diproses hukum oleh kepolisian resor setempat, kata Kepala Kepolisian Daerah Jateng Inspekt

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99