Sabtu, 25 Jan 2020

Peserta UMB USU Ribuan Orang

Senin, 25 Jul 2016 06:15
BAGIKAN:
ist
Mahasiswa (ilustrasi).
MEDAN (EKSPOSnews): Pelaksanaan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Universitas Sumatera Utara tahun 2016 diikuti sebanyak 5.404 peserta yang dilaksanakan di kampus USU.

"Kegiatan ujian tersebut berlangsung dengan tertib, aman, lancar, dan tidak ada ditemui kendala," kata Kepala Humas USU Bisru Hafi di Medan, Minggu 24 Juli 2016.

Rektor USU, menurut dia, melakukan peninjauan langsung ujian tulis tersebut ke beberapa lokasi adalah dalam rangka monitoring dan eveluasi (monev).

"Sejumlah fakultas yang dikunjungi Rektor USU antara lain, pelaksanaan ujian tulis di Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kedokteran," ujar Bisru.

Wakil Rektor II USU Muhammad Fidel Ganis Siregar mengatakan, pelaksanaan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) atau seleksi mahasiswa program S-1 Mandiri USU itu diikuti sebanyak 5.404 orang.

Dengan rincian kelompok IPA (2.974 orang), kelompok IPS (2.283 orang), dan kelompok IPC (147 orang).

"Jumlah peserta ini, sedikit meningkat dibanding tahun 2015," ujarnya tanpa menyebutkan perbandingan kenaikan tersebut.

Ia menjelaskan, fakultas yang menjadi tempat pelaksanaan ujian yaitu, kelompok IPA di Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Kedokteran Gigi.

Kelompok IPS di Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Keperawatan. Sedangkan untuk kelompk IPC ujian berlangsung hanya di satu fakultas, yakni di Fakultas Ilmu Komputer dan TI.

"Ujian dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 09.30 WIB yang diikuti oleh Kelompok Peserta SAINTEK dan Campuran dengan mata ujian Test Nalar Sains," ucapnya.

Kemudian, pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB, ujian digelar kembali dan diikuti oleh ketiga kelompok yakni, Kelompok SAINTEK, SOSHUM, dan Campuran.

Wakil Rektor III USU Mahyuddin PhD mengatakan, daya tampung USU untuk seleksi Mandiri itu diperkirakan sekitar 2.009 kursi untuk 47 program S-1 Mandiri USU.

Sebelumnya, ujian UMB-PT itu dilaksanakan secara bersama oleh 14 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se- Indonesia, yaitu Universitas Sumatera Utara (Medan), dan Universitas Syiah Kuala (Banda Aceh).

Universitas Malikussaleh (Lhokseumawe), Universitas Teuku Umar (Meulaboh), Universitas Samudra (Langsa), Universitas Andalas (Padang), Institut Seni Indonesia (Padangpanjang), dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (Tanjungpinang).

Kemudian, Universitas Jambi (Jambi), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Banten), Univeritas Terbuka, Universitas Palangka Raya (Palangka Raya), Universitas Borneo Tarakan (Tarakan) dan Universitas Udayana (Denpasar).(ant)

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Polisi Cokok Pria Pembawa Sabu 2 Kilogram

    PADANG (EKSPOSnews): Polda Sumatera Barat menangkan seorang pria berinisial H (41) yang diduga membawa narkoba jenis sabu-sabu seberat dua kilogram melalui bus antar provinsi di Kabupaten 50 Kota, Sum

  • 3 bulan lalu

    Kain Humbang Hasundutan Menjadi Kelas Dunia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Dua orang perancang busana Indonesia berhasil mengolah kain batik celup yang diproduksi oleh pegiat kain Humbang Kriya, menjadi busana siap pakai (ready to wear) kelas dunia.Adal

  • 3 bulan lalu

    Penusukan Wiranto Jadi Pelajaran

    JAKARTA (EKSPOSnews): Peristiwa penusukan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Pandeglang, Banten, pada Kamis (10/10) menjadi sorotan warganet d

  • 6 bulan lalu

    Memanjakan Orang Sumbar dengan Kopi Gayo

    PADANG (EKSPOSnews): Kopi gayo khas Aceh menjadi minuman yang banyak diminati oleh pengunjung pada pameran Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) Nasional yang ke-47 di tama

  • 6 bulan lalu

    Kejati Sumbar Kejar 7 Terpindana Kasus Korupsi

    PADANG (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Sumbar) memburu tujuh terpidana kasus korupsi yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO)."Saat ini ada tujuh DPO terpidana kasus korupsi yang b

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99