Senin, 25 Mei 2020

Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional di Bengkulu

Senin, 25 Jul 2016 14:45
BAGIKAN:
BENGKULU (EKSPOSnews): Sebanyak 350 orang remaja dari 31 provinsi di Nusantara yang mengikuti Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indoneia (LIPI) akan mengeksplor potensi industri kreatif di Provinsi Bengkulu.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Bengkulu yang juga Ketua Panitia PIRN ke-15, Iriansyah mengatakan potensi industri kreatif yang dieksplor mulai dari pembuatan jeruk kalamansi, perajin kulit kayu lantung dan perajin batik besurek.

"Para remaja yang merupakan pelajar SMA ini akan dibekali tentang metodologi penelitian dengan objek berbagai industri rumah tangga di Bengkulu," kata Iriansyah di sela pembukaan PIRN ke-15 oleh Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti di Bengkulu, Senin 25 Juli 2016.

Ia mengatakan, selain potensi industri kreatif, para remaja tersebut juga akan mengeksplorasi potensi industri makanan olahan hingga pengelolahan hasil kelautan yakni ikan asin.

Para remaja tersebut akan dilatih tentang metodologi penelitian serta mendapat pendampingan dari para instruktur yang merupakan para peneliti dari LIPI.

Sementara Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain mengatakan kegiatan yang digelar pada 24 Juli hingga 31 Juli 2016 tersebut merupakan strategi untuk mendorong budaya ilmu pengetahuan kepada generasi muda dan masyarakat luas.

"Kalau Indonesia ingin maju maka budaya ilmu pengetahuan harus tumbuh dan salah satu cara menumbuhkannya adalah melalui perkemahan ilmiah ini," ucapnya.

Menurut Iskandar, para peserta perkemahan telah melalui tahap seleksi dari 1.200 orang calon peserta.

Ia mengharapkan kegiatan itu tidak hanya memfasilitasi minat peserta dalam bidang ilmu pengetahuan (iptek) tapi juga membentuk karakter dengan cara berosialisasi dan bergaul dengan peserta lain dari berbagai daerah.

Sementara Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti saat membuka kegiatan itu menantang para peserta untuk membuat tulisan popular tentang potensi Bengkulu dan mengunggah di media youtube dan menautkannya di akun "twitter" miliknya.

"Bagi 15 peserta terbaik yang terdiri dari 12 siswa dan tiga orang guru akan mendapat hadiah tiket liburan ke Eropa," kata Gubernur Ridwan. (ant)

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Korban Meninggal Akibat Banjir Bengkulu 29 Orang

    BENGKULU (EKSPOSnews): Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu memperbaharui data korban meninggal dunia akibat banjir dan longsor yang melanda Bengkulu tiga hari lalu menj

  • tahun lalu

    Banjir Hantam Bengkulu 10 Orang Meninggal Dunia

    BENGKULU (EKSPOSnews): Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Rusdi Bakar mengatakan bencana banjir yang melanda Bengkulu sejak Jumat (26/4) mengakibatkan sepuluh orang w

  • tahun lalu

    Warga Dukung Pembangunan Tol Bengkulu-Sumatera Selatan

    BENGKULU (EKSPOSnews): Warga Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, antusias mendukung proyek tol jalur Bengkulu-Lubuk Linggau Sumatera Selatan dengan mempercepat proses

  • 2 tahun lalu

    Tol Palembang-Bengkulu Akan Dibangun 2019

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Pembangunan tiga ruas jalan tol Trans Sumatera yang menghubungkan Palembang ke Bengkulu sepanjang 330 kilometer (km) akan dikerjakan pada 2019.Manager Proyek Divisi Tol PT Huta

  • 2 tahun lalu

    Ratusan Spesies Anggrek di Bengkulu

    BENGKULU (EKSPOSnews): Sejumlah peneliti anggrek dari Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, Provinsi Bengkulu berhasil menemukan dan mendokumentasikan 160 spesies anggrek di wilayah itu."Ratusan an

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99