Selasa, 28 Jan 2020
  • Home
  • Pendidikan
  • Pelindo 1 dan PTPN V Kirim Siswa Riau ke Kalimantan Utara

Pelindo 1 dan PTPN V Kirim Siswa Riau ke Kalimantan Utara

Sabtu, 06 Agu 2016 07:06
BAGIKAN:
istimewa
Sejumlah siswa dari Riau Diberangkatkan PT Pelindo 1 dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V ke Kalimantan Utara.

PEKANBARU (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersama PTPN V telah mengirimkan 20 siswa peserta Program Siswa Mengenal Nusantara dari Provinsi Riau ke Kalimantan Utara, Jumat 5 Agustus 2016.

Sebelumnya  Pelindo 1 dan PTPN V terlebih dahulu memberikan pembekalan kepada 20 orang siswa/i asal Provinsi Riau untuk mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Kalimantan Utara, tanggal 04 Agustus 2016 bertempat di Hotel Pangeran, Pekanbaru.

Program SMN ini merupakan program pertukaran pelajar yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan  difasilitasi oleh BUMN yang ada di Indonesia, dimana  diberikan kesempatan kepada 20 Pelajar SMU/SMK/SLB kelas XI pada setiap Provinsi, dan mereka  dikirimkan ke provinsi lain selama satu minggu, agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam Provinsi lain. Program SMN ini sudah dilakukan sejak 2015 dan akan menjadi agenda tahunan BUMN seluruh Indonesia. Untuk tahun 2016 ini, Pelindo 1 mendapatkan wilayah Provinsi Riau bersama PTPN V.

Sebelumnya, dalam acara Pembekalan dan pelepasan siswa Riau ini, dihadiri langsung oleh Direktur SDM dan Umum Pelindo 1, M. Hamied Wijaya, didampingi perwakilan dari PTPN V dan Pejabat daerah setempat beserta Dinas Pendidikan Provinsi Riau. “Program ini bertujuan untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara. Melalui pertukaran informasi dan pengalaman secara langsung, para siswa diharapkan dapat lebih memahami berbagai karakteristik budaya bangsa. Dan kegiatan ini akan memuat program tentang pengetahuan baik dari sisi kebudayaan, kewirausahaan dan pendidikan. Para siswa/i ini adalah calon pemimpin masa depan dan kami berharap bahwa dengan program ini, mereka dapat memandang bahwa Indonesia sangat luas dan penuh dengan keberagaman, serta sekaligus semakin mencintai Indonesia,” jelas M. Hamied, Direktur SDM & Umum Pelindo 1 dalam sambutannya.

Sementara sambutan dari Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau Kamsol mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BUMN terutama untuk Pelindo 1 dan PTPN V di Provinsi Riau. “Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan semakin memotivasi siswa untuk mengenal Indonesia serta mendapatkan ilmu dari program pertukaran pelajar ini. Untuk siswa diharapkan sebagai Duta Riau agar mampu menjaga nama baik daerah dan mempromosikan kebudayaan melayu di daerah Kalimantan Utara”, ucap Kamsol.

Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami mengatakan bahwa para siswa/i yang  diberangkatkan ke Provinsi Kalimantan Utara Jumat pagi, akan berada disana selama seminggu. “Untuk siswa Riau sendiri kami berikan juga asuransi selama perjalanan mereka ke Kaltara.  Sementara itu, pada tanggal 5 ini juga, Pelindo 1 & PTPN V juga menerima pelajar dari Provinsi Kalimantan Utara. Kegiatan pertukaran pelajar ini akan berlangsung pada tanggal 5 sd 11 Agustus 2016, disana mereka akan saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam Provinsi tersebut,” ujar Fiona.  

Para siswa ini merupakan siswa kelas XI yang dipilih berdasarkan performa akademik yang baik dan aktif berorganisasi, namun berasal dari keluarga kurang mampu. Selain 20 siswa, rombongan juga didampingi oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Guru Berprestasi dari Provinsi Riau.

Selama dikirim ke Provinsi Kalimantan Utara, para siswa ini akan dibagi menjadi 5 kelompok (1 kelompok terdiri dari 4 siswa) dan masing-masing kelompok tinggal bersama dengan keluarga angkat yang merupakan warga asli daerah tersebut. Para pelajar akan didampingi dari Dinas Pendidikan Provinsi, Guru Teladan Tingkat Provinsi, dan perwakilan BUMN penanggung jawab.(ril)


  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Polda Riau Tetapkan Tersangka Pembakaran Hutan

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau menaikkan status perkara menjadi penyidikan dan segera menetapkan tersangka terhadap kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di k

  • 5 bulan lalu

    Jalan Sehat Ala Pelindo 1

    Dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersama AirNav Indonesia dan Persero Batam  menyelenggarakan jalan sehat 5K yang berlangsung d

  • 6 bulan lalu

    15 Mahasiswa Diamankan

    BANDUNG (EKSPOSnews): Kabidhumas Polda Jawa Barat, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan pihak Polres Cianjur telah mengamankan sedikitnya 15 mahasiswa setelah kejadian aksi mahasiswa yang berujun

  • 6 bulan lalu

    Pelindo 1 Sembelih 14 Hewan Kurban

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 merayakan Hari Raya Iduladha 1440 H dengan menggelar Sholat Iduladha 1440 H dan pemotongan hewan kurban pada Minggu 11 Agustus 201

  • 6 bulan lalu

    KPK Periksa Sejumlah Pejabat Provinsi Kepulauan Riau

    BATAM (EKSPOSnews): Sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi terkait kasus perizinan reklamasi yang melibatkan Gubernur Kepri nonaktif Nurdin

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99