Minggu, 22 Okt 2017

Pelatihan Dosen Ala UMK

Oleh: Jefri
Senin, 07 Agu 2017 16:26
BAGIKAN:
istimewa
Pelatihan dosen.
KUDUS (EKSPOSnews): Sebanyak 43 dosen mengikuti pelatihan Applied Approach (AA) di Lantai IV Ruang Seminar Rektorat Kampus Universitas Muria Kudus (UMK). Pelatihan digelar oleh Lembaga Pendidikan (Lemdik) UMK bekerja sama dengan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah.

43 dosen peserta pelatihan AA itu, selain dari UMK sendiri, belasan peserta datang dari dua perguruan tinggi lain Kota Kretek, yaitu Stikes Muhammadiyah Kudus dan juga Stikes Cendekia Utama Kudus.

Pelatihan dibuka oleh Rektor Suparnyo. Hadir dalam kesempatan itu, antara lain Sugiharto (koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Murtono (Wakil Rektor I UMK), Rochmad Winarso (Wakil Rektor III), dan Rina (kepala Lemdik).

Sugiharto pada kesempatan itu menyampaikan materi berjudul ''Manajemen Mutu Terpadu dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi''. Menurutnya, dosen memiliki tiga peran penting, yakni sebagai sumber belajar, Fasilitator, dan motivator.

Dosen, sebagai pendidik profesional dan ilmuwan, memiliki tugas utama antara lain mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana dimanatkan UU Guru dan Dosen.

''Dalam memaksimalkan perannya, ada 5 M dalam pembelajaran yang mesti diperhatikan, yaitu harus menyenangkan, mengaktifkan, mencerahkan, mendidik, serta memandirikan,'' ungkapnya di depan para peserta pelatihan, Senin 7 Augustus 2017.

Pelatihan AA ini mendapatkan respons positif dari para dosen, baik yang dosen muda maupun yang sudah senior. David Laksamana Caesar, salah satunya. ''Pelatihan ini menarik, karena memberikan tantangan bagi kami agar menjadi dosen profesional, dan dapat memberikan pembelajaran yang terbaik bagi mahasiswa dan masyarakat,'' ujar dosen Stikes Cendekia Utama itu. 

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    UMK Dukung Pengembangan Batik Bakaran Juwana

    UMK Dukung Pengembangan Batik Bakaran Juwana  PATI (EKSPOSnews): Tiga dosen Universitas Muria Kudus (UMK) yang melaksanakan program pengabdian masyarakat Iptek bagi Produk Unggulan Daerah (IbPUD)

  • 4 minggu lalu

    Bidang Olahraga Sumbang Prestasi

    KUDUS (EKSPOSnews): Wakil Rektor III Universitas Muria Kudus (UMK), Rochmad Winarso  menyebut, bahwa bidang olahraga yang berada di bawah payung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olahraga, banyak men

  • satu bulan lalu

    Dosen Fakultas Teknik UMK Serahkan Alat Pembuat Gagang Pisau

    KUDUS (EKSPOSnews): Dua dosen Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (UMK) menyerahkan pembuat gagang pisau kepada salah satu pelaku usaha yang bergerak di bidang pembuatan alat-alat dapur khas Baren

  • satu bulan lalu

    LPM Unimed Dampingi Pengusaha Mikro Tembus Pasar Modern

    KISARAN (EKSPOSnews): Keberadaan usaha mikro sangat penting khususnya dalam menopang perekonomian nasional. Peran strategis usaha miko tersebut tidak diragukan lagi terutama kemampuan usaha mikro ters

  • satu bulan lalu

    UMK Bantu Desa Kuwukan Alat Pembuat Tepung Ganyong

    KUDUS (EKSPOSnews): Universitas Muria Kudus (UMK) membantu Desa Kuwukan, Kecamatan Dawe, Kudus mesin (peralatan) untuk membuat tepung ganyong (jangklong). Peralatan diberikan melalui program pengabdia

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99