Selasa, 21 Jan 2020

Pebaiki Sistem Pengangkatan Guru

Oleh: alex
Jumat, 28 Sep 2018 13:21
BAGIKAN:
istimewa.
Guru.
JAKARTA (EKSPOSnews): Anggota Komisi X DPR Ledia Hanifa Amaliah meminta pemerintah untuk memperbaiki sistem pengangkatan guru sehingga permasalahan guru honorer di seluruh Indonesia tidak semakin berlarut-larut.

"Soal honorer dibicarakan pemerintah dengan DPR secara lintas komisi. Salah satu kesepakatannya pengangkatan sejumlah tertentu tenaga honorer dengan fokus utama guru dan bidan desa," kata Ledia yang dihubungi di Jakarta, Jumat 28 September 2018.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan kesepakatan antara pemerintah dan DPR itu masih menyisakan permasalahan karena pengangkatan calon pegawai negeri sipil harus berusia kurang dari 35 tahun.

Padahal, banyak tenaga honorer, terutama guru dan tenaga kesehatan, yang sudah mengabdi lebih dari 10 tahun sehingga usianya sudah lebih dari 35 tahun.

"Pilihannya kemudian melakukan klasifikasi pada sisa tenaga honorer kategori K2 yang tidak terangkat untuk dijadikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja," jelasnya.

Karena itu, selain meminta perbaikan sistem pengangkatan guru, Ledia juga mendorong pemerintah agar berkomitmen menjalankan kesepakatan dengan DPR, merapikan data tentang tenaga honorer dan segera membuat peraturan pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang lebih memberikan jaminan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, sebelumnya menyatakan tenaga honorer kategori K2 yang tidak bisa mengikuti Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 akan dialihkan ke jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Tenaga honorer dipersilakan untuk ikut bagi yang memenuhi syarat. Bila tidak memenuhi syarat akan ada jalannya melalui jalur PPPK. Sedang digodok Peraturan Pemerintah terkait itu," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    JobStreet.com Permudah Perekrutan Karyawan dengan Sistem Baru

    SEMARANG (EKSPOSnews):Penyedia informasi lowongan pekerjaan secara "online", JobStreet.com, mempermudah perekrutan karyawan bagi perusahaan dengan sistem baru berbahasa Indonesia yang diberi nama SiVA

  • tahun lalu

    Upaya PLN Pulihkan Sistem Kelistrikan Palu

    MANADO (EKSPOSnews): Pada Jumat (28/9), sekitar pukul 14.00 WIB gempa pertama kali mengguncang Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6 dengan

  • tahun lalu

    Cabut Moratorium Pengangkatan Guru

    SURABAYA (EKSPOSnews): Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menginginkan moratorium pengangkatan guru sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 48 Tahun 2005 dicabut oleh Presiden Jo

  • 2 tahun lalu

    PLTA Batangtoru Jaga Ekosistem

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) berkomitmen untuk menjaga ekosistem dan keanekaragaman hayati di Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.Manajer Humas PT North Sumater

  • 2 tahun lalu

    Tim Pusterad Tinjau Penanaman Sistem Hidroponik di Desa Waropko

    BOVEN DIGOEL (EKSPOSnews): Tim Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) terus memastikan seluruh kegiatan teritorial yang dilakukan oleh satgas pamtas Yonif Raider 500/Sikatan, sudah berjalan dengan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99