Minggu, 31 Mei 2020

Nasib Guru Honorer Agar Jadi Perhatian

Oleh: marsot
Senin, 07 Mei 2018 15:13
BAGIKAN:
istimewa.
Guru.
JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menyoroti kondisi guru honorer di Indonesia, karena belum mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah sehingga peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati tiap tanggal 2 Mei harus menjadi momentum perbaikan nasib guru honorer.

"Walau Indonesia memiliki peringatan Hardiknas, namun menjadi sangat ironis, karena hingga kini masih ada banyak tenaga pengajar atau guru honorer yang belum mendapatkan kesejahteraan layak," kata Taufik dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin 7 Mei 2018.

Dia mengaku prihatin dengan kondisi guru honorer karena, dengan gaji yang jauh dari kata layak, bahkan di bawah angka Upah Minimum Regional (UMR), tidak sebanding dengan perjuangannya untuk mencerdaskan anak bangsa.

Kondisi itu menurut dia sangat ironis karena seorang guru selalu dituntut untuk mencerdaskan anak-anak bangsa, namun kesejahteraan mereka terabaikan, bahkan dengan kehidupan ekonomi saat ini, guru semakin sulit memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Mereka bahkan harus mencari pekerjaan sampingan. Ini harus menjadi renungan kita bersama agar ada solusi ke depannya," ujarnya.

Taufik yang juga politisi PAN itu mendorong keberpihakkan negara dengan memprioritaskan guru honorer yang telah mengabdi kepada negara, bahkan hingga belasan tahun, untuk dapat mengangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dia menilai perjuangan para guru khususnya guru honorer harus mendapat penghargaan yang layak dari negara karena akibat dari kecilnya honor, akhirnya guru-guru tersebut tidak mengembangkan kemampuan dirinya.

"Mereka sibuk untuk mencari uang, hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan hidupnya. Ini harus menjadi perhatian negara," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Gaji Guru Honorer Sangat Menyedihkan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua X DPR RI Sutan Adil Hendra mengkritisi perhatian pemerintah terhadap tenaga honorer khususnya di sektor pendidikan, karena masih banyak hanya mendapatkan kesejahteraan sebe

  • tahun lalu

    Guru Honorer K2 Jadi Prioritas

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyebut guru honorer kategori dua (K2) mendapatkan prioritas khusus untuk mengikuti proses seleksi Pegawai Pemerin

  • tahun lalu

    Para Lansia Mohon Diperhatikan

    PARIAMAN (EKSPOSnews): Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise meminta kepada seluruh pemerintah daerah untuk memperhatikan persoalan lansia, perempuan, dan anak."Lansia ja

  • 2 tahun lalu

    Kejari Jambi Tahan Pelaku Korupsi Insentif Guru Honorer

    JAMBI (EKSPOSnews): Kejaksaan negeri (Kejari) Jambi menahan Hairiya tersangka kasus dugaan korupsi insentif guru honorer pendidikan anak usai dini (Paud) yang merugikan negara Rp1,68 miliar selama dua

  • 2 tahun lalu

    Kasihan...Bantulah Guru Honorer!

    PARIAMAN (EKSPOSnews): DPRD Kota Pariaman, Sumatera Barat, meminta pemerintah setempat mengalokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk membayar insentif para guru honorer di daerah itu.

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99