Senin, 25 Mei 2020

Membangun Taman Iptek di UGM

Rabu, 21 Sep 2016 06:14
BAGIKAN:
ist
Membangun iptek (ilustrasi).

YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Universitas Gadjah Mada (UGM) akan segera membangun taman ilmu pengetahuan dan teknologi atau science techno park di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Science techno park ini akan mulai dibangun pada 2018 mendatang, namun saat ini kami sudah menyiapkan produk-produk hasil riset yang diproduksi di mini factory UGM," kata Rektor Universitas Gadjah Mada Dwikorita Karnawati, di Yogyakarta, Rabu 20 September 2016.

Ia mengatakan, pengembangan science techno park yang sekaligus akan digunakan sebagai industri pembelajaran (teaching industry) dilakukan untuk menghilirkan produk-produk akademik dan penelitian secara langsung kepada masyarakat melalui industri.

Konsep UGM Science Techno Park, jelas dia, merupakan konsep yang digagas oleh UGM dalam rangka hilirisasi hasil riset inovatif yang dilakukan oleh peneliti UGM dalam berbagai bidang. Selain itu, sekaligus sebagai wahana untuk pengembangan dan peningkatan pendidikan vokasional di UGM.

Dwikorita mengatakan, saat ini UGM telah mengembangkan berbagai produk peralatan kesehatan dalam skala terbatas. Melalui UGM Science Techno Park ini nantinya akan diproduksi berbagai peralatan kesehatan dalam skala yang lebih besar sehingga tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan untuk pendidikan di Fakultas Kedokteran UGM saja.

"Namun, ke depan diharapkan alat kesehatan yang diproduksi UGM mampu mencukupi kebutuhan masyarakat luas. Produk yang kita kembangkan antara lain adalah robot untuk melatih pasien pascastroke, selang untuk penderita hidrosepalus, dan ring jantung, tetapi masih dalam jumlah kecil. Lewat UGM Science Technopark ini kita coba tingkatkan produksinya sehingga bisa mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap berbagai produk kesehatan impor yang saat ini mencapai 90 persen," tuturnya.

Pengembangan dan produksi berbagai peralatan kesehatan tersebut.

Selain mengembangkan manufacturing peralatan kesehatan, jelas Dwikorita, UGM Science Techno Park ini juga dikembangkan produk-produk bidang agroindustri baik pangan maupun non pangan.

Beberapa diantaranya adalah pengolahan kakao, susu kambing PE, serta pengolahan primer dan skunder kayu. Selain itu, dikembangkan pula produk-produk dalam bidang energi baru dan terbarukan, dan manufaktur, rekayasa, teknologi infromasi dan komunikasi.

"Pembangunan UGM Science Techno Park dilakukan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo serta menggandeng pihak industri Melalui UGM Science Techno Park ini diharapkan mampu mendorong perekonomian masyarakat lokal Kulon Progo," terang dia.(ant)


  Berita Terkait
  • tahun lalu

    UGM Buka Program Studi Sarjana Terapan

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada pada Tahun Ajaran 2019/2020 hanya akan menerima mahasiswa untuk Program Studi Sarjana Terapan atau Diploma 4."Mulai tahun ini kami hanya

  • tahun lalu

    Membangun Jembatan Batam-Bintan

    BATAM (EKSPOSnews): Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menjanjikan akan membangun jembatan dari Batam ke Bintan untuk mempermudah akses masyarakat di dua kota tersebut, saat berkampanye di Kota

  • tahun lalu

    Merekonstruksi Pemerkosaan Mahasiswi UGM di Seram

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Tim penyidik dari Polda DIY akan melakukan rekonstruksi dan olah tempat kejadian perkara dugaan pemerkosaan mahasiswi Universitas Gadjah Mada saat KKN pada 2017 di Pulau Seram

  • tahun lalu

    Lambannya Kasus Penangangan Pemerkosaan Mahasiswi UGM

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Pimpinan Universitas Gadjah Mada mengakui telah lamban dalam merespons kasus dugaan pemerkosaan yang menimpa salah satu mahasiswi di kampus itu saat menjalani kuliah kerja nya

  • 2 tahun lalu

    Pelecehan Seksual UGM Tanggung Jawab Siapa?

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan penanganan terhadap kasus pelecehan seksual oleh dan kepada mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) sepen

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99