Senin, 26 Feb 2018

Membangun Sekolah Unggulan di Pekanbaru

Oleh: Marsot
Sabtu, 08 Jul 2017 04:07
BAGIKAN:
istimewa
Anak sekolah.
PEKANBARU (EKSPOSnews): DPRD Kota Pekanbaru meminta Dinas Pendidikan setempat untuk mulai membangun sekolah unggulan pada tiap Kecamatan guna memberikan sebaran dan pemerataan pendidikan kepada masyarakat.

"Saat ini para orangtua masih berlomba-lomba untuk memasukkan anak mereka ke sekolah favorit yang ada di pusat kota," kata Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Nofrizal di Pekanbaru, Jumat 7 Juli 2017.

Menurut Nofrizal kini sekolah favorit masih berada di pusat kota belum menyebar, sehingga diperkirakan saat pendaftaran terjadi penumpukan. Sementara daya tampung sudah pasti terbatas.

"Makanya akan terjadi persaingan ketat saat penerimaan," ujarnya.

Diakuinya orangtua selalu ingin yang terbaik dengan memasukkan anak mereka pada sekolah favorit. Sehingga dari segala penjuru datang mendaftar ke SMPN 1 dan SMPN 8 misalnya beberapa yang diminati.

Tanpa mengindahkan rayon atau sekolah lainnya yang ada didekat mereka tinggal.

"Semua orangtua pasti ingin sekolah yang terbaik bagi anaknya," ujar dia.

Menyikapi kondisi ini demikian Nofrizal menyarankan agar Pemko Pekanbaru kedepan mulai mendirikan sekolah negeri unggulan di tiap Kecamatan, sehingga masyarakat setempat tidak harus berebut dan jauh-jauh mendaftarkan anaknya.

"Kalau tiap kecamatan ada satu sekolah unggulan, maka pemerataan sebaran pendidikan dan penerimaan murid bisa dilakukan," tegas dia.

Orangtua juga katanya lagi tidak perlu jauh-jauh mengantar anaknya bersekolah. Bisa terhindar dari terlambat akibat kemacetan lalulintas.

Sementara itu sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal menyatakan daya tampung sekolah SD dan SMP negeri setempat hanya 55 persen dari jumlah murid yang ada saat ini sebanyak 14.000 orang.

"Sehingga separuhnya diserap sekolah swasta yakni 45 persen lagi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal di Pekanbaru.

Menurut Jamal ini dikarenakan keterbatasan jumlah sarana dan prasarana serta gedung sekolah tingkat SD dan SMP setempat.

Kata dia dengan terbatasnya daya tampung ini maka persaingan siswa untuk mendapatkan dan masuk ke sekolah negeri sangat ketat.

Dia menyatakan saat ini jumlah siswa SD yang mendaftar tiap tahunnya sebagai murid baru rata-rata sebanyak 14.000 an.

Demikian juga dengan yang tamat kelas enam dan mendaftar ke SMP tiap tahunnya hampir sama.

Sementara, kata dia dari sekolah negeri yang tersedia saat ini hanya 55 persennya saja yang bisa diterima di SD dan SMP negeri.

"Dari 14.000 an murid baik SD maupun SMP hanya 7.900-8.000 siswa yang bisa diterima," imbuhnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Pembangunan Gedung Pencakar Langit di Pekanbaru Dihentikan Paksa

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru menghentikan paksa pembangunan sebuah gedung pencakar langit di ibu kota Provinsi Riau tersebut akibat melang

  • 3 bulan lalu

    Kejari Pekanbaru Terima Pelimpahan Kasus Saracen

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Kejaksaan Negeri Pekanbaru, Provinsi Riau menerima pelimpahan tahanan dan berkas tersangka tindak pidana ujaran kebencian Ketua Sindikat Grup Saracen atas nama Jasriadi."Rencan

  • 3 bulan lalu

    Polisi Gagalkan Pengiriman Ganja ke Pekanbaru

    STABAT (EKSPOSnews): Aparat satuan reserse narkoba Kepolisian Resor Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menggagalkan pengiriman 10 kilogram ganja dari dua tersangka perempuan asal Aceh dengan tujuan ko

  • 3 bulan lalu

    Tol Pekanbaru-Padang Gunakan Trase Baru

    PADANG (EKSPOSnews): Dirjen Pengadaan Tanah Kementerian Agraria/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Arie Yurwin memastikan jalan Tol Padang-Pekanbaru menggunakan trase baru yang dinilai lebih aman secara

  • 3 bulan lalu

    RSUD Pekanbaru Butuh Dana Tambahan

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Pekanbaru, Riau membutuhkan anggaran sebesar Rp21 miliar lagi secara bertahap untuk menyelesaikan konstruksi bangunan RSUD Kota Pekanbaru."Anggaran sebesar Rp21

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99