Selasa, 24 Sep 2019

Mahasiswa Unsiyah Diajak Berinovasi

Oleh: marsot
Kamis, 04 Apr 2019 18:13
BAGIKAN:
istimewa.
Mahasiswa Unsiyah.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengajak mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) untuk mengembangkan berbagai inovasi sehingga dapat bersaing di era Revolusi Industri 4.0.

"Indonesia menargetkan menjadi negara yang inovasi serta mandiri. Salah satu yang paling berperan adalah perguruan tinggi, sebab di sanalah tersedia dan terbentuknya sumber daya manusia yang mumpuni," katanya di Darussalah, Banda Aceh, Kamis 4 April 2019.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela kuliah umum tentang Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Era 4.0 untuk Menghela Pertumbuhan Ekonomi Aceh di Auditorium FMIPA Unsyiah.

Ia menjelaskan perguruan tinggi bukan hanya menjalankan misi pengajaran dan pusat riset saja, tetapi juga harus menjadi wahana menumbuhkembangan kewirausahaan berbasis teknologi.

"Aceh punya banyak potensi yang saat ini belum semuanya digarap dengan baik, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di masa mendatang," katanya.

Menurut dia butuh berbagai langkah dan terobosan agar pertumbuhan ekonomi Aceh dapat bangkit, salah satunya dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kami mendorong agar mahasiswa Unsyiah dapat melahirkan digital starup lokal," katanya.

Wakil Rektor Unsyiah Bidang Akademik Prof Marwan mengatakan Unsyiah berkomitmen untuk menjadi perguruan tinggi yang inovatif serta menjalankan "centre of excellence" di berbagai bidang. Komitmen tersebut siring dengan adanya pusat unggulan tentang kebencanaan, atsiri, hingga padi Aceh yang diharapkan dapat berkolaborasi dengan BPPT.

"Saat ini Unsyiah telah memasuki tahapan daya saing regional yang nantinya dapat mendorong lahirnya inovasi dan kreativitas," kata Marwan.

Ia juga berharap BPPT dapat mengembangkan usaha rintisan dan technopark di Aceh, seperti yang telah diterapkan di berbagai daerah di Indonesia dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    Meningkatkan Inovasi Serikat Pekerja Pelindo 1

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Serikat Pekerja PT Pelabuhan Indonesia I (SP Pelindo 1) menggelar Upgrading Competences of Serikat Pekerja Pelindo 1 yang bertema “Professional & Innovative in Solidarity”

  • 9 bulan lalu

    Inalum Dorong Budaya Inovasi dan Riset

    BATUBARA (EKSPOSnews): Perusahaan tambang PT Inalum mendorong tumbuhnya budaya inovasi dengan semangat riset dan pengembangan yang berkesinambungan dalam upaya berkompetisi dan berkembang hingga menja

  • 11 bulan lalu

    Mie Nusantara Hasil Inovasi

    BOGOR (EKSPOSnews): Kementerian Pertanian mengenalkan Mie Nusantara hasil inovasi teknologi untuk mendukung keanekaragaman pangan lokal, pada Fiesta Pangan Lokal yang berlangsung di Kampus Balitbang P

  • 12 bulan lalu

    Nissan Kenalkan Inovasi Berkendaraan yang Aman

    JAKARTA (EKSPOSnews): Nissan memperkenalkan inovasi terbarunya bernama Safety Shield 360, sebuah rangkaian dari enam keamanan canggih dan teknologi driver-assist, sebagai fitur standar untuk semua mer

  • tahun lalu

    Menggelar Karya Inovasi RNI Award 2018

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) kembali menggelar even dua tahunan RNI Award. Acara yang pada tahun ini mengangkat tema "Go Global" tersebut dibuka oleh Direktur Pengen

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99