Senin, 25 Mei 2020

Mahasiswa Bidik Misi Unimed dari Daerah Tertinggal

Kamis, 28 Jul 2016 05:32
BAGIKAN:
ist
Mahasiswa (ilustrasi).
MEDAN (EKSPOSnews): Sebagian mahasiswa jalur bidik misi yang diterima di Universitas Negeri Medan tahun 2016 banyak yang berasal dari daerah tertinggal dan terluar di Provinsi Sumatera Utara.

"Jadi, mahasiswa yang terpilih di perguruan tinggi negeri itu memiliki kemampuan nilai akademis yang bagus, namun tidak sanggup mengenai keuangan," kata Rektor Universitas Negeri (Unimed) Syawal Gultom di Medan, Rabu 27 Juli 2016.

Namun, menurut dia, pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) tetap memerhatikan mahasiswa bidik misi yang berprestasi, cerdas, dan memiliki kemauan keras untuk menimba ilmu.

"Pemerintah akan memberikan bantuan biaya kepada mahasiswa bidik misi itu, sampai mereka selesai kuliah di Unimed," ujar Syawal.

Ia menyebutkan, mahasiswa bidik tersebut hampir rata-rata berasal dari kabupaten/kota di Provinsi Sumut.

"Unimed juga memberikan dukungan cukup besar agar mahasiswa bidik misi itu tetap sukses dan tidak mengalami kendala selama kuliah," ucapnya.

Syawal menambahkan, mahasiswa bidik misi di Unimed masuk melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Saat ini, Unimed juga sedang melaksanakan seleksi jalur Mandiri tahun 2016, dan akan menerima sebanyak sebanyak 1.523 orang dari jumlah 2.838 orang yang mendaftar di perguruan tinggi negeri itu.

"Dari jumlah 1.523 orang itu, terdiri dari 1.368 orang mahasiswa Mandiri murni dan 115 orang Bidik Misi/Bersubsidi," kata Rektor.

Data diperoleh menyebutkan, dari jumlah 2.838 orang pendaftar jalur Mandiri itu, yakni Soshum (1.654 orang), Saintek (698 orang), dan Campuran (486 orang).

Sedangkan pelaksanaan testing jalur Mandiri itu, Sabtu (23/7) dan hasil pengumuman kelulusan tanggal 3 Agustus 2016.(ant)

  Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    15 Mahasiswa Diamankan

    BANDUNG (EKSPOSnews): Kabidhumas Polda Jawa Barat, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan pihak Polres Cianjur telah mengamankan sedikitnya 15 mahasiswa setelah kejadian aksi mahasiswa yang berujun

  • 11 bulan lalu

    Syamsul Gultom Terpilh Menjadi Rektor Unimed

    MEDAN (EKSPOSnews): Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengapresiasi atas semua tahapan pemilihan Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) berjalan tertib, aman dan lancar, serta sesuai den

  • tahun lalu

    Program Studi Baru Unimed Harus Terakreditasi

    MEDAN (EKSPOSnews): Rektor Universitas Negeri Medan  Syawal Gultom mengatakan prodi baru S3 Teknologi Pendidikan harus segera mendapatkan visitasi akreditasi oleh tim asesor Badan Akreditasi Nasi

  • tahun lalu

    Mahasiswa Unimed Raih Medali Emas

    MEDAN (EKSPOSnews): Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan berhasil meraih medali emas dan Most Favorit Penilaian Poster pada ajang bergengsi Indonesia Intern

  • tahun lalu

    Semen Indonesia Edukasi Mahasiswa

    PADANG (EKSPOSnews): PT Semen Indonesia mengedukasi mahasiswa se-Sumatera Barat dalam mengotimalkan bakat yang mereka miliki melalui kegiatan ‘BUMN Goes To Campus’ (BGTC) yang merupakan rangkaian

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99