Sabtu, 19 Jan 2019

Mahasiswa Bakti Sosial di Pulau Terluar

Oleh: Jallus
Jumat, 26 Jan 2018 04:50
BAGIKAN:
istimewa.
Mahasiswa (ilustrasi).
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himmaptika) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh menggelar bakti sosial di pulau terdepan Indonesia.

Ketua Panitia Bakti Sosial Himmaptika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar Raniry Ali Rahmidi di Banda Aceh,  mengatakan, bakti sosial dilaksanakan di Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

"Bakti sosial berlangsung 25 hingga 28 Januari. Kegiatan ini mengusung tema langkah kecil dari Himmaptika untuk negeri. Kegiatan diikuti puluhan mahasiswa," kata Ali Rahmidi, Kamis 25 Januari 2018.

Ali Rahmidi menyebutkan, bakti sosial diisi dengan pelatihan dan pengadaan alat peraga bidang studi matematika. Pelatihan dilaksanakan di SD dan SMP Rinon, Kemukiman Pulo Breuh Utara, Kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar.

Ia menyebutkan, bakti sosial tersebut diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa dalam meningkatkan pendidikan yang berkualitas, terutama di daerah pelosok, seperti Pulau Aceh.

"Kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk memberikan semangat belajar bagi peserta anak-anak di pulau terdepan. Selain itu, untuk meningkatkan dan memudahkan pemahaman mereka tentang matematika," kata Ali.

Menurut Ali Rahmidi, selama ini matematika masih dianggap sebagai bidang studi yang menakutkan, sehingga banyak dari peserta didik yang tidak menyukainya.

Padahal matematika itu jika disajikan dengan menggunakan alat peraga akan sangat menyenangkan dan konsepnya pun tidak sulit. Adapun alat peraga tersebut di antaranya timbangan berpaku, kantong nilai tempat, sempoa, batang dan menara hanoi "Tak hanya untuk pelajar, para guru juga akan dilibatkan dalam pelatihan ini. Nantinya, mahasiswa yang akan menjelaskan dan mereka akan langsung mempraktekkannya," ungkap Ali.

Ketua Program Studi Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar Raniry M Duskri memberikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan bakti sosial tersebut. Kegiatan itu memberi manfaat bagi mahasiswa yang nantinya menyatu dengan masyarakat.

"Diharapkan kegiatan ini melahirkan kepekaan mahasiswa terhadap pendidikan di pulau terdepan, sekaligus mengasah kemampuan mereka dalam menggunakan berbagai media atau alat peraga matematika," kata M Duskri.

Pulau Aceh berada di ujung barat Pulau Sumatra. Bersisian dengan Pulau Weh, Sabang. Pulau Aceh terdiri dari dua pulau besar dan berpenduduk, yakni Pulau Breueh (Beras) dan Pulau Nasi. Jarak tempuh sekitar dua hingga tiga jam dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Wah...Ada Mahasiswa Menjadi Germo Pelacur Daring

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Direskrimum Polda Kalbar meringkus seorang tersangka SA (25) salah seorang mahasiswa yang berprofesi sebagai germo pelacuran daring bersama dua korbannya di sebuah hotel di kaw

  • satu bulan lalu

    Bakti Sosial Ala Pelindo 1

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1  menggelar berbagai kegiatan bakti sosial dalam rangkaian kegiatan Natal tahun 2018. Kegiatan bakti sosial ini telah dimulai

  • 2 bulan lalu

    Ada Warga Negara Asing di Sarang Mahasiswa, Warga Surabaya Tolak Pelaksanaan HUT Papua Barat

    SURABAYA (EKSPOSnews): Informasi yang beredar di kalangan masyarakat mengenai adanya rencana peringatan HUT Papua Barat di Kota Surabaya, akhirnya menuai respon dari sejumlah pihak.Seluruh elemen masy

  • 2 bulan lalu

    Tim Mahasiswa UI Raih Medali Emas di Boston

    DEPOK (EKSPOSnews): Tim mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih medali emas alam ajang International Genetically Engineering Machine (IGEM) Competition di Boston, Amerika Serikat."Tim UI

  • 2 bulan lalu

    50 Mahasiswa Berprestasi Raih Beasiswa Penuh dari Sea Group

    JAKARTA (EKSPOSnews): Setelah melakukan serangkaian proses seleksi terhadap ratusan mahasiswa dari lima kampus terkemuka di Indonesia, 50 mahasiswa berprestasi terpilih untuk menerima beasiswa penuh d

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99