Senin, 25 Mei 2020

Lomba Cerdas Cermat di Perbatasan Papua-PNG

Rabu, 05 Okt 2016 14:26
BAGIKAN:
istimewa
Lomba cerdas cermat yang diselenggarakan TNI di perbatasan Papua-PNG.

KEROM (EKSPOSnews): Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Tentara Nasional Indonesia  (TNI) pada 5 Oktober 2016, Satgas Yonif Mekanis 516/CY Pos 3/A Ampas di bawah pimpinan Lettu Inf Muslih menyelenggarakan kegiatan khusus di bidang pendidikan yakni lomba cerdas cermat, pidato tingkat SD di wilayah perbatasan darat RI-PNG, tepatnya di SDN Inpres Ampas Kampung Ampas Distrik Waris Kabupaten Keerom, Papua.

Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan di wilayah tersebut, mendapat tanggapan yang positif dari pelajar SD, para Guru dan warga karena terbukti mereka yang sangat antusias menyaksikan jalannya perlombaan tersebut.

Leni, mewakili Kepala Sekolah dan Para Guru di SD Inpres Ampas, Senin 3 Oktober 2016 mengatakan kegiatan tersebut merupakan ajang yang bermanfaat bagi semua komponen yang terkait dalam dunia pendidikan seperti guru dan pelajar.

"Kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi kami sebagai guru, karena dengan ini siswa mendapatkan kesempatan untuk bersaing. Tidak ada motivasi lain apalagi untuk membuat persaingan antara guru yang ada di wilayah ini. Semoga di tahun berikutnya, semua sekolah yang ada di wilayah ini dan sekitarnya dapat turut berpartisipasi," kata Leni.

Leni menilai kegiatan tersebut adalah terobosan baru untuk meningkatkan mutu pendidikan, di perbatasan, dan juga ada nilai positif karena siswa bisa bersaing secara positif.

Dia melanjutkan, kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa tidak belajar hanya untuk mendapatkan nilai, tetapi mampu mengaplikaskan ilmu yang didapatnya, para siswa termotivasi untuk belajar lebih giat lagi sehingga dia mengharapkan agar kegiatan tersebut lebih sering diadakan.

Terkait dengan itu, Danpos Pos 3/A Ampas, Lettu Inf Muslih mengatakan kegiatan lomba cerdas cermat dan mewarnai yang kami laksanakan selain menyemarakkan HUT ke-71 Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga merupakan upaya membangkitkan semangat belajar di kalangan siswa SD yang ada di Kampung Ampas.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, para siswa yang ada di SD Inpres Ampas menjadi lebih tekun dan giat lagi belajar, karena dengan dilaksanakannya lomba cerdas cermat ini kita dapat mengukur tingkat keseriusan dan ketekunan siswa dalam mengikuti setiap materi yang diajarkan oleh para guru, tidak lupa kami juga memberikan hadiah kepada juara lomba sebagai penghargaan atas ketekunan dalam belajar dan prestasi yang telah diraih,”  ujar Lettu Inf Muslih.

Sementara itu, di sela kegiatan, Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk menyambut HUT ke-71 TNI, juga untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada pelajar-pelajar di daerah perbatasan guna memperkuat wawasan kebangsaan dan nasionalisme.   Selain itu juga memotivasi generasi muda agar giat belajar untuk mendapatkan wawasan pengetahuan guna menghadapi masa depan yang lebih baik dan dapat bersaing secara baik dengan daerah lain di Indonesia.

"Untuk lebih memotivasi pelajar, para pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa alat tulis dan perlengkapan sekolah lainnya, uang penghargaan dan sertifikat atau piagam penghargaan," kata Lukman Hakim.(ril)

 


  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Pamtas Satgas TNI Temukan Ladang Ganja di Perbatasan Papua-PNG

    Satgas TNI Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Kalimo menemukan ladang ganja di sekitar wilayah perbatasan RI-Papua Nugini.Tanaman ganja yang berhasil diamankan sebanyak 14

  • 2 tahun lalu

    Kali ketujuh, Satgas Pamtas Temukan Ladang Ganja di Perbatasan Papua-PNG

    KEEROM (EKSPOSnews): Satgas TNI Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Kalimo menemukan ladang ganja di sekitar wilayah perbatasan RI-Papua Nugini.Tanaman ganja yang berhasil d

  • 3 tahun lalu

    Prajurit Satgas Perbatasan Papua-PNG Dapat Pembekalan Jurnalistik

    MALANG (EKSPOSnews): Sebanyak 450 orang prajurit Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgaspamtas) RI-PNG dari Yonif Mekanis 512/Quratara Yudha antusias mengikuti pembekalan pengetahuan jurnalistik ya

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99