Senin, 25 Mei 2020

LPM Unimed Kerja Nyata untuk UMKM Simalungun

Minggu, 21 Agu 2016 13:12
BAGIKAN:
istimewa
LPM Unimed memberikan sumbangan Oven pembuat roti kepada masyarakat Simalungun.

SIMALUNGUN (EKSPOSnews): Hiruk pikuk HUT ke-71 kemerdekaan RI juga masih hangat terasa  mewarnai di Kabupaten Simalungun yang tidak hanya diisi dengan acara hiburan akan tetapi acara aplikatif  yang menegaskan thema nasional kerja nyata juga dilakukan oleh LPM dan pemerintahan Nagori Dolok Maraja Simalungun. Acara yang dibingkai dengan  pelatihan dan pendampingan serta penyerahan alat teknologi tepat guna (TTG) oven bagi pelaku usaha mikro kecil  dan menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Simalungun, Sumut.
 
Kegiatan yang digelar di Balai Pertemuan Nagori Dolok Maraja dihadiri oleh puluhan Pelaku UMKM yang aktif melakukan usaha disekitar Nagori Dolok Maraja. Turut hadir dalam acara tersebut  Ketua LPM Unimed yang diwakili oleh Seketaris Muhti Hamjah, Kepala Nagori Dolok Maraja Rusli,  praktisi pembukuan dan administrasi keuangan UMKM Dedy Husrizalsyah dan ketua program iptek bagi masyarakat (IBM) Irfandi.

Ketua program IbM Irfandi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa program ini sudah berjalan sekitar  tiga bulan diawali dengan maping area, koordianasi dengan pemerintahan nagori, pemberian pelatihan serta pemberian alat sealer kemasan dan hingga hari ini merupakan puncak acara untuk memberikan bantuan alat teknologi tepat guna berupa oven roti untuk setiap kelompok.  

Simalungun memiliki daerah pemasaran yang strategis untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan dimana dengan adanya program jalan lingkar Danau Toba dan sebagai monaconya Asia serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke, Kabupaten Simalungun yang merupakan sebuah peluang besar untuk UMKM dalam memasarkan serta mengenalkan produk.

Dan ini tak lepas juga peran pemerintahan kabupaten Simalungun yang seharusnya memberikan stimulan untuk usaha rakyat  sehingga pembangunan dapat berjalan secara merata tidak hanya terpusat pada ibukota Kabupaten saja.
 
“saat ini Unimed  serius untuk meningkatkan perekonomian rakyat, maka sangat diperlukan sinergisitas dari kepala daerah juga untuk membangun daerah pinggir kabupaten simalungun, sehingga nadi peekonomian dapat brgerak maksimal pada setiap nagori”, cetus Koordinator Bidang Kerjasama dan Pengembangan Wilayah LPM Unimed yang juga putra daerah Simalungun tersebut.

Hal senada juga diungkapkan Ketua LPM Unimed yang diwakili Sekertaris Muhti Hamjah mengungkapkan bahwa LPM Unimed Serius Untuk membina UMKM yang ada di Sumatera utara dalam tahun ini saja ada ratusan UMKM  dan kelompok usaha masyarakat yang dibina dari awal sampai pemenuhan Teknologi tepat gunaa. “LPM berharap apa yang kita berikan mampu membantu usaha kecil hingga mampu bersaing  pelaku usaha yang lebih mapan dengan stimulan yang telah diberikan."

"Bila diibaratkan UMKM disini seperti mendorong mobil yang siap untuk melaju maka saya punya keyakinan usaha rakyat akan punya prospek yang baik, apalagi bila pemkab juga secara simultan mendukung baik proses administrasi izin usaha, halal, dan izin kesehatan darj depkes akan membawa dampak yang lebih besar dari usaha rakyat tersebut," ungkap muhti

Pangulu Nagori Dolok Maraja Rusli dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih dan bangga karena Nagori Dolok maraja mendapat Bantuan dapat bekerjasama dengan kampus ternama di Sumatera Utara yaitu Universitas Negeri Medan.

Dan beliau berharap agar kerjasama yang selama ini dijalankan dapat terus dilanjutkan pada program-program yang lain, serta nagori Dolok Maraja terus mendapatkan pembinaan dan pendampingan sebagai desa mitra sehingga dapat memberikan kontribusi positif serta peningkatan sumber daya manusia dan mampu mengelola sumberdaya yang ada secara optimal, harap Rusli. (ril)


  Berita Terkait
  • tahun lalu

    PTPN IV Kerahkan Unit Usaha untuk Penanganan Dampak Longsor di Simalungun

    MEDAN (EKSPOSnews): PTPN IV melalui unit usahanya, masing-masing Kebun Marihat, Kebun Balimbingan, dan Kebun Bah Jambi, melakukan berbagai kegiatan penanganan dampak hujan lebat yang mengakibatkan ban

  • tahun lalu

    12 Jenis Tarian Tradisionil Simalungun Masuk Aset Nasional

    SIMALUNGUN (EKSPOSnews): Sebanyak 12 jenis tarian tradisional etnik Simalungun, Sumatera Utara, masuk dan tercatat dalam inventarisasi kekayaan intelektual komunal ekspresi budaya pusat data nasional.

  • tahun lalu

    UMKM Binaan Pertamina

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 12 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kain mitra binaan PT Pertamina (Persero) mencatat omset sekitar Rp500 juta.Vice President Corporate Communication Pertamina Fajr

  • tahun lalu

    Transmart Gandeng UMKM

    MALANG (EKSPOSnews): Toko ritel modern, PT Trans Retail Indonesia melalui gerai Transmart khususnya yang ada di Kota Malang, Jawa Timur, menggandeng pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk memp

  • tahun lalu

    UMKM Diutamakan Isi Res Area Tol Trans Sumatera

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Kepala Divisi Pengembangan Bisnis dan Investasi Hutama Karya Rizal Sutjipto mengatakan bahwa pengembangan wilayah "rest area" Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) lebih baik dip

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99