Senin, 22 Jul 2019

Kuliah Daring!

Oleh: marsot
Jumat, 05 Apr 2019 05:25
BAGIKAN:
istimewa.
Mahasiswa.
JAMBI (EKSPOSnews): Tiga perguruan tinggi negeri, Universitas Jambi, Universitas Lampung dan Universitas Bengkulu, Kamis (4/4) menggelar kuliah umum 'daring' dengan ilmuwan diaspora Teruna J Siahaan dari Kansas University, Amerika Serikat.

Kegiatan yang diikuti oleh pimpinan ketiga universitas dan perwakilan mahasiswa itu berlangsung serempak dalam jaringan yang diinisiasi oleh Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional atau yang dikenal "I-4".

"Kami mengapresiasi kepada inisiator, I-4, karena kuliah umum seperti ini merupakan yang pertama kali di Unja secara global melalui pemanfaatan teknologi," kata Rektor Johni Najwan dalam sambutannya pada kuliah umum tersebut di Kampus Unja Mendalo Kabupaten Muarojambi, Jambi, Kamis 4 April 2019.

Di Kampus Universitas Jambi, kegiatan kuliah umum jarak jauh dalam jaringan tersebut digelar di Ruang Rektorat III Kampus Unja di Mendalo. Selain Rektor, hadir pula sejumlah pimpinan perguruan tinggi itu, kepala unit serta sejumlah dekan dan ketua prodi.

Kuliah umum yang diinisiasi oleh Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) tersebut menghadirkan pembicara kuliah jarak jauh Kluster Kimia dan Farmasi. Disiplin itu itu yang digeluti Teruna J. Siahaan dari Kansas University, Amerika Serikat, yang merupakan ilmuwan diaspora Indonesia.

"Kuliah umum secara e-learning ini adalah yang pertama, ke depan akan kita tingkatkan dengan topik dan pembahasan yang juga bermanfaat untuk bangsa kita ini," kata Johni Najwan.

Kuliah umum dengan topik "Pengembangan Studi dan Penelitian Kimia dan Farmasi di Institusi dalam Negeri" itu, juga dapat disaksikan melalui saluran Youtube I-4 Media.

"Melalui kuliah umum I-4 klaster kimia dan farmasi tersebut, dapat meningkatkan kapasitas riset di tanah air, dan juga teknologi harus digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan," kata Ketua Umum Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional Deden Rukmana melalui sambungan video yang ditampilkan di layar pada kuliah umum itu.

Pada kesempatan kuliah umum tersebut, juga mendapat apresiasi dari Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Ismunandar dan Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti Ali Ghufron Mukti yang juga tersambung dalam kuliah umum daring itu.

Ketua Umum Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) Prof Deden Rukmana mengatakan, Indonesia bisa menjadi pusat keunggulan (center of excellence) pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

"Untuk itu saya mengajak komponen bangsa untuk berperan penting dalam menjadikan Indonesia sebagai 'center of excellence' pengembangan Iptek, dengan kerja keras," kata Deden.

Melalui kuliah umum secara daring yang diikuti tiga universitas di Sumatera, yakni Universitas Jambi, Universitas Lampung dan Universitas Bengkul itu dapat menjalin sinergi ilmuwan diaspora di seluruh dunia bagi pengembangan Iptek untuk masa mendatang.

Menurutnya, ilmuwan diaspora memiliki peran yang penting sebagai penghubung keilmuan antara pusat-pusat keilmuan di berbagai negara maju dengan keilmuan yang ada di tanah air.

"Kegiatan seperti ini dapat meningkatkan sinergi diaspora dengan mitra di Indonesia untuk menjawab tantangan dunia yang bergerak begitu cepat," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Pembunuh Sopir Daring di Sumsel Divonis Mati

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Dua terdakwa pembunuh sopir taksi online di Palembang, Sumatera Selatan divonis majelis hakim dengan hukuman mati karena dinilai melakukan perbuatan sadis yang terencana.Terdak

  • 4 bulan lalu

    Prostitusi Daring di Makassar

    MAKASSAR (EKSPOSnews): Satuan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Makassar mengungkap jaringan prostitusi dalam jaringan (daring/online) dengan menangkap mucikari serta pelakunya."Prostit

  • 4 bulan lalu

    Memblokir Akun Prostitusi Daring

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sejak 2 September 2018 hingga 28 Maret 2019 telah memblokir 11.282 akun media sosial yang bermuatan prostitusi daring.Hal itu dis

  • 4 bulan lalu

    Sopir Taksi Daring yang Merampok Penumpangnya Diamankan Polisi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pelaku perampokan menggunakan pisau kater dengan modus sopir taksi dalam jaringan (daring) atau online, dilumpuhkan dan diamankan aparat Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya di

  • 6 bulan lalu

    Prostitusi Daring Membuat Perempuan Indonesia Semakin Terpuruk

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yahana Yembise mengatakan nama 126 juta perempuan Indonesia jatuh gara-gara adanya prostitusi daring yang terungkap baru-baru

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99