Rabu, 27 Mei 2020

ITS Juara III RoboBoat di Amerika Serikat

Selasa, 12 Jul 2016 01:13
BAGIKAN:
Mahasiswa (ilustrasi)
SURABAYA (EKSPOSnews): Tim Barunastra RoboBoat dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menyabet juara ketiga dalam ajang 2016 International RoboBoat Competition di Virginia, Amerika Serikat (AS) pada 4-10 Juli 2016.

"Tim yang menjadi juara dalam lomba perahu robotik itu dibesut oleh Pusat Robotika ITS," kata Ketua Tim Barunastra RoboBoat ITS Darwin Setiyawan dalam surat elektronika dari AS yang diterima Antara di Surabaya, Senin 11 Juli 2016.

Dalam ajang itu, Tim ITS mewakili Indonesia bersama tim dari Universitas Indonesia (UI) yang berhasil menduduki peringkat ke-5 dunia. Untuk juara pertama adalah tim dari Georgia Institute of Technology dan tim dari Florida Atlantic University pada posisi ke-2.

"Selain meraih juara ketiga, Tim Barunastra juga berhasil menyabet penghargaan Best Speed and Maneuverability, padahal hal itu merupakan kali pertama bagi tim Barunastra ITS untuk berlaga di kompetisi yang diikuti 13 negara seperti AS, Korea Selatan, India, dan sebagainya," katanya.

Sebelumnya, Indonesia pernah diwakili tim dari Universitas Diponegoro (Undip) dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Sebagai informasi, International RoboBoat Competition adalah kompetisi tahunan untuk lomba kecepatan dan ketepatan yang diselenggarakan oleh AUVSI Foundation, AS.

Kompetisi ini sudah diselenggarakan ke-9 kalinya untuk tahun ini dan diikuti oleh beberapa negara di dunia.

"Alhamdulillah, kami akhirnya berhasil menjadi juara tiga dan mendapat penghargaan Speed and Maneuverability. Terima kasih banyak atas bantuan dan dukungannya kepada semua pihak di Tanah Air," tutur Darwin Setiyawan.

Pada tahun 2014, di tingkat nasional Tim Barunastra ITS telah mendapatkan gelar Best Design di Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKTCBN) di UI, Jakarta.

Selanjutnya di tahun 2015, tim Barunastra juga berhasil meraih juara pertama tingkat nasional pada ajang Deconbotion di Undip, Semarang.

"Kami juga bersyukur karena prestasi yang kami raih ini sesuai dengan target kami untuk dapat masuk tiga besar dalam kompetisi ini," katanya.

Ia mengungkapkan keberhasilan menyabet penghargaan itu ditentukan oleh kelebihan dari kapal tim Barunastra, yakni desain lambung kapal dengan panjang 110 cm, lebar 50 cm dan tinggi lambung 14 cm dengan berat 10 kg tersebut menggunakan jenis catamaran.

"Keunggulan jenis catamaran adalah stabilitas dan tahanan yang kecil serta manuver yang lincah," kata mahasiswa jurusan Teknik Sistem Perkapalan (Siskal) ITS itu.

Selain itu, di bagian sistem elektronik kapal menggunakan teknologi Android smartphone sebagai sensor image processing dan GPS, lalu kontrol utama menggunakan microcontroller STM34F4.

"Kami juga menggunakan sensor Ultrasonic SRF04 (sensor jarak) serta sensor hydrophone untuk mendeteksi frekuensi bawah air. Dengan keseluruhan sistem elektronik kami yang lebih kompleks dan kecepatan proses data yang cepat, sehingga kapal dapat melaju dengan cepat, namun tepat," katanya.(ant)

  Berita Terkait
  • 10 bulan lalu

    Mitsubishi Motors Luncurkan 3 Mobil

    TANGERANG (EKSPOSnews):  PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyerbu pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 dengan peluncuran tiga mobil se

  • 11 bulan lalu

    Bareskrim Usut Perusahaan Penyerobot Hutan di Sulawesi Tenggara

    KENDARI (EKSPOSnews): Personel gabungan Ditkrimsus Polda Sulawesi Tenggara dan Tim Bareskrim Polri mengusut dugaan tindak pidana penyerobotan kawasan hutan untuk penambangan tanah uruk tanpa Izin Pinj

  • 11 bulan lalu

    Syarif Syaifulloh Bertani Organik di Amerika Serikat

    Nama Syarif Syaifulloh di Philadelpia Amerika Serikat cukup dikenal sebagai petani yang memberikan hasil pertanian secara gratis kepada masyarakat setempat dan lahan pertaniannya dijadikan sarana eduk

  • 12 bulan lalu

    Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Gandeng Mitsubishi

    JAKARTA (EKSPOSnews):Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung bekerja sama dengan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK)

  • 12 bulan lalu

    Jonatan Christie Juara Australia Terbuka

    JAKARTA (EKSPOSnews): Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie menjuarai turnamen bulu tangkis Australia Open pada Minggu usai mengalahkan rekan satu negaranya Anthony Sinisuka Ginting di final All In

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99