Rabu, 24 Jan 2018
  • Home
  • Pendidikan
  • IKA FP USU Sejabotabek Adakan Grand Final Karya Tulis Mahasiswa

IKA FP USU Sejabotabek Adakan Grand Final Karya Tulis Mahasiswa

Oleh: Tawanli
Rabu, 29 Nov 2017 19:56
BAGIKAN:
tawanli.
Mahasiswa Peserta Karya Tulis Ilmiah tahun 2017 bersama jajaran Dekanat Fakultas Pertanian USU dan pengurus IKA FP USU Sejabodetabek.
MEDAN (EKSPOSnews): Mewujudkan peranan strategis Sumatera Utara dalam bidang pertanian, Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (IKA- FP USU) Sejabotabek mengadakan perlombaan tulisan Ilmiah guna meningkatkan keilmuan mahasiswa di lingkungan pertanian sebagai wujud bantuan kepada almamaternya.

Hal itu disampaikan ketua Panitia Jones Batara Manurung, Rabu 29 November 2017 di Kampus USU, Fakultas Pertanian sekaligus kegiatan ini turut meneyemarakkan Dies Natalis FP USU. 

Menurut Jones, semakin ketatnya persaingan dunia usaha dalam mempekerjakan para alumni sebuah Universitas dinilai perlu dilakukan kajian kajian keilmuan yang menggali potensi pemikiran mahasiswa saat ini. Sehingga ikatan alumni ini mengajak mahasiswa supaya semakin aktif serta cerdas dalam bekerja saat meninggalkan kampus di kemudian hari.

Pemikiran tersebut muncul dari berbagai ide para alumni di Jakarta serta banyaknya saran dari berbagai kalangan dalam merekrut dunia kerja secara nasional di bidang Pertanian.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan mahasiswa terbiasa menggali potensi keilmiahannya sehingga kedepan banyak pionir mahasiswa yang muncul dan dapat menguasaai dunia kerja secara nasional maupun internasional khususnya dalam bidang petanian,"terang Jones. 

Pada saat perlombaan ini dibuka mahasiswa mendaftar sejumlah 43 orang, namun yang mengirimkan karya ilmiahnya hanya 23 orang. "Ini salah satu bukti minat mahasiswa dalam menuangkan ilmunya dalam bentuk karya ilmiah perlu dipupuk," tuturnya.

"Pada Gran final hari ini tinggal diikuti 10 orang saja yang memperebutkan juara 1-5 dengan latar belakang ilmiah yang beragam," ujarnya.

Ketua IKA FP USU Sejabotabek Marolop Nainggolan, mengatakan kegiatan seperti ini sangat berguna bagi mahasiswa melihat apa yang terjadi di luar kampus.

"Kita mengajak para mahasiswa berpikir untuk melihat kondisi pertanian diluar kampus sehingga tidak sekedar pintar berteori, namun bisa memberikan pemikiran yang langsung realistis bagi para petani di lapangan melalui pemikiran pemikiran keilmuannya," kata Marolop.

Kata Ketua IKA FP USU itu, dari sepuluh peserta grand final karya tulis ilmiah tersebut tiga terbaik akan diuji di Jakarta dan disampaikan kepada pemerintah sebagai pengambil kebijakan, sehingga dapat diterapkan di masyarakat petani.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Prof Djohar Arifin Husin mantan ketua PSSI, Dekan Fakultas Pertanian Hasanuddin, Ruli sebagai utusan dari Biro rektor dan beberapa pejabat teras Fakultas Pertanian serta puluhan Mahasiswa Pertanian.
 
Diketahui, IKA FP USU Sejabotabek ini, juga turut memberi penghargaan bagai peserta grand Final hingga lima orang. Hadiah peringkat pertama Rp 5juta, peringkat 2 Rp4 juta, peringkat 3 Rp3 juta, peringkat 4 Rp 2 juta dan peringkat 5 Rp1 juta.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99