Selasa, 28 Jan 2020
  • Home
  • Pendidikan
  • Dosen Unimed yang Terbukti Bocorkan Soal Ujian Akan Dinonaktifkan

Dosen Unimed yang Terbukti Bocorkan Soal Ujian Akan Dinonaktifkan

Sabtu, 23 Jul 2016 21:21
BAGIKAN:
istimewa
Dosen Unimed.
MEDAN (EKSPOSnews): Dosen yang terbukti membocorkan kunci jawaban ujian seleksi calon mahasiswa baru jalur Mandiri Universitas Negeri Medan tahun 2016 akan ditindak tegas dengan dinonaktifkan sebagai pengajar.

"Sebab perbuatan yang dilakukan oknum dosen tersebut adalah pidana dan harus diproses secara hukum," kata Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Syawal Gultom di Medan, Sabtu, 23 Juli 2016 usai meninjau pelaksanaan ujian mandiri tersebut.

Semestinya dosen yang juga panitia, menurut dia, harus menjaga kerahasiaan bahan ujian, dan bukannya justru memberikan kapada calon mahasiswa.

"Perbuatan yang dilakukan oknum dosen itu adalah perbuatan tidak terpuji dan juga melanggar hukum," ujar Syawal.

Ia menyebutkan, sanksi juga akan diberikan kepada mahasiswa yang terbukti menjadi "joki" atau ikut membantu membahas soal ujian tersebut.

Selain itu, Unimed tidak mentolerir orang yang tidak bertanggung jawab dan sengaja merusak nama baik perguruan tinggi negeri tersebut.

"Dosen mau pun pegawai Unimed yang ditugaskan mengawasi pelaksanaan ujian Mandiri itu harus jujur dan tidak dibenarkan curang," katanya.

Syawal menambahkan, bagi oknum yang terbukti berbuat nakal, Pimpinan Unimed tidak segan-segan akan memberikan tindakan sesuai aturan yang berlaku.

Selain dinonaktifkan sebagai dosen Unimed, oknum yang ketahuan membantu peserta ujian seleksi Mandiri itu jugaakan dilaporkan ke pihak kepolisian.

"Peraturan yang berlaku di Unimed harus ditegakkan, kami tetap komit menertibkan oknum-oknum yang sengaja merusakkan nama baik Unimed," kata rektor.

Menurut catatan, daya tampung seleksi Jalur Mandiri Unimed sebanyak 1.523 orang, meliputi Bidik Misi/Bersubsidi 115 orang dan Mandiri Murni 1.368 orang.

Sedangkan, jumlah pendaftar jalur Mandiri Unimed sebanyak 2.838 terdiri dari Soshum (1.654 orang), Saintek (698 orang), dan Campuran (486 orang).

Pelaksanaan testing 23 Juli, uji ketrampilan 24 hingga 25 Juli, dan pengumuman hasil kelulusan tanggal 3 Agustus 2016.(ant)

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Syamsul Gultom Terpilh Menjadi Rektor Unimed

    MEDAN (EKSPOSnews): Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengapresiasi atas semua tahapan pemilihan Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) berjalan tertib, aman dan lancar, serta sesuai den

  • 8 bulan lalu

    Korban Pelecehan Oknum Dosen USU Diminta Melapor

    MEDAN (EKSPOSnews): Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Runtung Sitepu, menyarankan mahasiswi yang menjadi korban dugaan pelecehan yang dilakukan oknum dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • 9 bulan lalu

    Program Studi Baru Unimed Harus Terakreditasi

    MEDAN (EKSPOSnews): Rektor Universitas Negeri Medan  Syawal Gultom mengatakan prodi baru S3 Teknologi Pendidikan harus segera mendapatkan visitasi akreditasi oleh tim asesor Badan Akreditasi Nasi

  • 9 bulan lalu

    Mahasiswa Unimed Raih Medali Emas

    MEDAN (EKSPOSnews): Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan berhasil meraih medali emas dan Most Favorit Penilaian Poster pada ajang bergengsi Indonesia Intern

  • 9 bulan lalu

    Dosen USU Dituntut Setahun Penjara

    MEDAN (EKSPOSnes): Seorang oknum dosen Universitas Sumatera Utara (USU) Himma Dewiyana Lubis (45) dituntut pidana penjara selama 1 tahun dengan denda Rp10 juta subsider 3 bulan dalam sidang di PN Meda

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99