Senin, 18 Jun 2018
  • Home
  • Pendidikan
  • Buku Penerbit yang Diblacklist Pemerintah, Dibeli Dinas Pendidikan Jombang

Buku Penerbit yang Diblacklist Pemerintah, Dibeli Dinas Pendidikan Jombang

Oleh: alex
Senin, 21 Mei 2018 08:50
BAGIKAN:
istimewa.
Buku (ilustrasi).
JOMBANG (EKSPOSnews): Jombang Corruption Watch (JCW) menyoroti pembelian buku perpustakaan oleh dinas pendidikan kabupaten Jombang, Jawa Timur yang bernilai miliaran rupiah, karena dibeli dari penerbit yang oleh Menteri Pendidikan dimasukkan ke dalam daftar hitam atau di blacklist.

Pembelian buku yang dilaksanakan pada tahun 2017 itu adalah:

1. Pengadaan buku koleksi perpustakaan dengan kode lelang 1698116 senilai Rp2,9 miliar

2. Pengadaan buku koleksi perpustakaan SD dengan kode lelang  1901116 senilai Rp4,1 miliar

"Dengan adanya dugaan kesengajaan membeli buku dari penerbit yang oleh Menteri Pendidikan dimasukkan sebagai daftar hitam, tampak adanya indikasi kolusi & korupsi," kata Bagus Wibisono, ketua JCW, Senin 21 Mei 2018

Wibisono menjelaskan bahwa sangat aneh jika dalam proses pengadaannya itu dinas pendidikan Jombang terkesan membiarkan atau mengabaikan adanya dukungan dan jaminan ketersediaan barang dari penerbit yang masuk daftar hitam kepada perusahaan yang merupakan peserta/penyedia dalam proses pengadaan atau pembelian buku tersebut.

Bahkan, menurut dia, indikasi bahwa buku-buku dari penerbit yang masuk daftar hitam itu malah menjadi keharusan sebagai buku yang harus ditawarkan oleh perusahaan yang akan mengikuti pengadaan buku. "Jika tidak menawarkan buku-buku dari penerbit yang masuk daftar hitam malah dianggap tidak memenuhi syarat atau tidak boleh mengikuti proses pengadaan."

"Bagaimana hal ini tidak menimbulkan anggapan di masyarakat bahwa dinas pendidikan Jombang terindikasi sengaja membeli buku-buku dari penerbit yang diblacklist oleh pemerintah?" tanya Wibisono.

"Apalagi selain proses pengadaannya sudah terindikasi diatur, juga saat buku-buku dari para penerbit yang diblacklist oleh pemerintah itu dikirim & dibagikan ke sekolah-sekolah di Jombang, dinas pendidikan malah membantu," katanya.

"Jika tidak ada keluhan dari sekolah-sekolah, bisa jadi beredarnya buku-buku dari para penerbit yang diblacklist pemerintah itu tidak terdeteksi," tambahnya.

Lebih lanjut Wibisono menguraikan bahwa dari proses yang demikian, terindikasi bahwa perusahaan-perusahaan yang menjadi peserta dan atau penyedia dalam pross pembelian ini hanya dipinjam saja, dibalik itu diduga ada pihak tertentu yang merupakan aktor utamanya.

"Entah apakah merasa bisa mengelabui aparat hukum atau merasa punya beking, proses pembelian buku untuk dibagikan ke sekolah-sekolah di Jombang itu tahun ini (2018) akan dilakukan lagi dengan pola yang sama. Kita tunggu saja, apakah aparat hukum akan bertindak tegas atau akan bisa dikelabui lagi" kata Wibisono.

Sebagaimana diketahui dan diumumkan melalui berbagai media massa pada awal tahun 2017, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memasukkan group penerbit Tiga Serangkai dalam daftar hitam sebagai sanksi atas beredarnya buku-buku yang dianggap memuat konten pornografi & tidak ramah anak.

Meski pihak Tiga Serangkai Group sudah menyampaikan permintaan maaf, Muhadjir menyebut bahwa group penerbit dalam hal itu sudah melanggar aturan.

"Ya jelas kita blacklist, dia sudah minta maaf tapi tidak cukuplah itu, kata Muhadjir kala itu seusai menghadiri wisuda periode I 2017 Universitas Muhammadiyah Malang

Sementara itu pejabat dinas pendidikan Jombang yang bertugas sebagai pelaksana teknis dalam pengadaan atau pembelian buku itu, yakni bapak Agus ketika dihubungi ponselnya 082131044448 belum memberi tanggapan.

Demikian juga salah satu pimpinan group Tiga Serangkai, yakni bapak Gatot ketika dihubungi handphonenya 0811263865 dan 081393315333 belum menjawab.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Di Blitar Dana BOS Dipakai Beli Buku Yang Jauh Lebih Mahal

    BLITAR (EKSPOSnews): Generasi Muda Kelud (Gelud)  menyoroti pembelian buku pelajaran oleh sekolah-sekolah di kabupaten Blitar, Jawa Timur yang menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).K

  • 8 bulan lalu

    AirAsia Luncurkan Buku Karya Kapten Pilot AirAsia

    KUALA LUMPUR (EKSPOSnews): AirAsia, maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik di dunia, secara resmi meluncurkan dua buku karya dua kapten pilot Allstar (staf AirAsia), Kapten Lim Khoy Hing dari Air

  • 9 bulan lalu

    BCA Donasi Buku

    SOLO (EKSPOSnews): PT Bank Central Asia, Tbk. (BCA) berupaya mendukung pengembangan sektor pendidikan di Indonesia melalui kegiatan donasi buku yang melibatkan para nasabah."Tujuan BCA melaksanakan ke

  • 11 bulan lalu

    BCA Bagi Buku

    MAKASSAR (EKSPOSnews): Perayaan HUT ke-60 PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) di Makassar, diisi dengan gerak jalan santai dan aksi berbagi buku kepada sejumlah sekolah dasar."Melalui HUT ke-60 tahun, BCA

  • 12 bulan lalu

    Ribuan Pasang Buku Nikah Hilang di Pasaman Barat

    SIMPANG EMPAT (EKSPOSnews): Sekitar dua ribu pasang buku nikah di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) hilang diambil pencuri ketika libur Lebaran 1438 Hijriah."Ben

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99