Senin, 26 Agu 2019

Anak TKI di Sabah Dapat Beasiswa

Oleh: Jallus
Selasa, 23 Apr 2019 05:14
BAGIKAN:
istimewa.
Beasiswa.
SABAH (EKSPOSnews): Tahun ajaran 2019-2020, Pemerintah Indonesia menggelontorkan beasiswa pendidikan kepada 500 anak warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Negeri Sabah dam Sarawak Malaysia untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

Hal ini disampaikan, Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Negeri Sabah, Istiqlal, sekaitan dengan upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi anak-anak Indonesia yang mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah yang berada di ladang-ladang kelapa sawit dan bekerja pada sektor perkebunan/pertanian.

Dibandingkan pada tahun 2018, jumlah penerima beasiswa tahun 2019 ini mengalami peningkatan cukup signifikan dari 300 orang menjadi 500 orang. Ini menunjukkan perhatian bagi pendidikan anak-anak TKI cukup besar.

Istiqlal menerangkan, beasiswa ini tentunya diberikan kepada anak-anak TKI berprestasi yang hendak melanjutkan pendidikan pada jenjang lebih tinggi pada beberapa sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia.

Namun dia katakan, program semacam ini telah berlangsung beberapa tahun sebelumnya dimana ratusan anak-anak TKI telah berhasil melanjutkan pendidikan pada sekolah dan perguruan tinggi favorit di Indonesia.

"Anak-anak diberikan pilihan bebas memilih sekolah atau perguruan tinggi yang disukainya untuk melanjutkan pendidikannya," ujar Istiqlal, Senin 22 April 2019.

Program beasiswa bagi anak-anak TKI di Negeri Sabah ini ditanggapi positif oleh Konsulat Jenderal RI Kota KInabalu, Krishna Djelani. Ia mengatakan, program ini sangat membantu bagi anak-anak WNI di wilayah kerjanya untuk meningkatkan pengetahuan dan pendidikannya.

Ia menyadari, ketidakmampuan orangtuanya yang sebagian besar bekerja di ladang-ladang kelapa sawit dan sektor perkebunan atau pertanian terbantu oleh adanya beasiswa ini.

Hal yang sama diutarakan, Konsul RI Tawau, Sulistijo Djati Ismoyo bahwa anggaran beasiswa bagi anak-anak TKI yang berprestasi mengalami peningkatan dari segi jumlah.

Peluang ini tentunya, harus dimanfaatkan oleh orangtuanya untuk memberikan kesempatan kepada anak-anaknya untuk melanjutkan pendidikan pada tingkatan yang lebih tinggi,

Ia menilai, program beaiswa ini membuktikan kesamaan perhatian dengan anak-anak sekolah yang menempuh pendidikan di dalam negeri (Indonesia). 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Sabah Butuh Ratusan Ribu Pekerja Asing

    KINIBALU (EKSPOSnews): Pemerintah Negeri Sabah Malaysia masih memetakan kebutuhan pekerja asing setelah pemberlakuan deregulasi atau pemutihan bagi pekerja asing yang dikeluarkan Jabatan Imigrasi Mala

  • 4 bulan lalu

    Peluang Beasiswa dari Pemkab Labuhanbatu

    RANTAUPRAPAT (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara secara resmi mengumumkan syarat dan waktu penyerahan berkas penerima beasiswa jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi

  • 5 bulan lalu

    Nasabah Bank Jateng Diadukan ke Polisi

    SEMARANG (EKSPOSnews): Bank Jateng mengadukan nasabahnya yang merupakan sepasang suami istri atas dugaan pelanggaran Undang-undang Nomor 3 tahun 2011 tentang transfer dana yang merugikan BUMD itu seki

  • 6 bulan lalu

    BCA Bantu Beasiswa di Jatim

    SURABAYA (EKSPOSnews): Dua perguruan tinggi negeri di Jawa Timur, yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (UNAIR) menjadi dua di antara 16 perguruan tinggi yang mener

  • 8 bulan lalu

    Sarihusada Salurkan Beasiswa

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 816 siswa di lima kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta menerima beasiswa dari PT Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM)."Penyaluran beasiswa itu kami lakukan be

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99