Sabtu, 25 Jan 2020
  • Home
  • Pendidikan
  • 50 Program Studi di USU Akan Ditingkatkan Jadi Akreditasi A

50 Program Studi di USU Akan Ditingkatkan Jadi Akreditasi A

Minggu, 28 Agu 2016 07:37
BAGIKAN:
istimewa
Universitas Sumatera Utara (USU).

MEDAN (EKSPOSnews): Universitas Sumatera Utara memiliki 50 program studi yang dipilih untuk ditingkatkan meraih peringkat "Akreditasi A" dalam rangka program Afirmasi Akreditasi Program Studi tahun 2016.

"Suatu hal yang cukup menggembirakan bahwa lima program studi (Prodi) yang diajukan berhasil meraih akreditasi A," kata Rektor Universitas Sumatera Utara (USU)  Runtung Sitepu,  dalam Dies Natalis ke-64 di Auditorium USU, Sabtu 27 Agustus 2016.

Kelima prodi itu, menurut dia, adalah Manajemen (S-1), Ekonomi Pembangunan (S-1), Teknik Mesin (S-1), Pendidikan Dokter (S-1), dan Dokter (Profesi).

Selain itu, saat ini terdapat tiga prodi yang sedang dalam proses banding yaitu, Teknik Elektro (S-1), Psikologi (S-1) dan Akuntasi (S-1).

"Sisanya sebanyak 43 prodi dalam Program Afirmasi, saat ini sedang dalam proses pengajuan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)," ujar Runtung.

Ia mengatakan, selain Program Afirmasi, masih terdapat 22 program studi lain yang juga sedang dalam proses pemenuhan persyaratan akreditasi.

Untuk mengoptimalkan kinerja penyiapan dan penyusunan dokumen akreditasi, anggota tim dari 22 prodi tersebut dikarantinakan di suatu tempat.

Dengan demikian, jumlah prodi yang telah terakreditasi A dan B adalah sebanyak 83 program studi (53,2 persen) terdiri dari 18 program studi (11,5 persen) terakreditasi A, dan 65 program studi (41,6 persen) terakreditasi B.

Jumlah mahaiswa yang teregistrasi pada tingkat universitas adalah sebanyak 49.091 orang, tersebar pada 156 prodi yang terdapat pada 15 fakultas dan satu Program Pascasarjana.

Berdasarkan jenjang pendidikan, seluruh mahasiswa terdiri dari 901 orang peserta program Doktor (S-3), 7.405 program peserta Magister (S-2), 1.156 orang peserta program Spesialis I (Sp-I), 32,857 orang peserta program sarjana (S-1), 181 orang peserta pogram Diploma IV (D-IV), dan 4.993 orang peserta program Diploma III (D-III).

Ia menjelaskan, pada tahun 2016 terdapat sebanyak 42 prestasi dalam perlombaan yang dicapai oleh mahasiswa USU.

"Selain itu, terdapat 229 orang mahasiswa yang berwirausaha dan 195 orang lulusan yang langsung bekerja," kata mantan Dekan Fakultas Hukum USU itu.(ant)


  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Penusukan Wiranto Jadi Pelajaran

    JAKARTA (EKSPOSnews): Peristiwa penusukan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Pandeglang, Banten, pada Kamis (10/10) menjadi sorotan warganet d

  • 7 bulan lalu

    Membangun Rusunawa untuk Warga Bantaran Sungai

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kota (Pemkot) Medan berencana merevitalisasi pemukiman warga daerah aliran sungai (DAS) dengan membangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa). Namun, untuk merealisasik

  • 8 bulan lalu

    67 Pelaku Kericuhan Mei Masih Anak-Anak

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 67 dari total 447 orang yang ditangkap karena diduga sebagai perusuh dalam aksi di depan Kantor Bawaslu RI, Jakarta, pada 21-22 Mei 2019 masih berusia di bawah umur."Ter

  • 8 bulan lalu

    Kerusuhan di Buton, Polisi Tetapkan 32 Orang Tersangka

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 36 dari 82 orang yang sudah ditangkap dalam kasus bentrok antara warga Desa Sampoabalo dan Desa Gunung Jaya, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, telah ditetapkan sebagai

  • 8 bulan lalu

    Polisi Masih Dalami Aktor Rusuh Mei

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kepolisian masih kekurangan bukti dalam mengungkap aktor intelektual di balik kericuhan Aksi 22 Mei dan terus melalukan pendalaman."Perlu pendalaman alat bukti yang dimiliki, nan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99