Senin, 25 Mei 2020

5 Program Studi di USU Raih Akreditasi A

Selasa, 23 Agu 2016 06:07
BAGIKAN:
istimewa
Universitas Sumatera Utara (USU)>

MEDAN (EKSPOSnews): Universitas Sumatera Utara berhasil meraih lima program studi dengan peringkat "Akreditasi A", yakni Prodi S-1 Ekonomi Pembangunan, S-1 Manajemen, S-1 Teknik Mesin, S-1 Sarjana Kedokteran dan Program Studi Profesi Dokter.

"Selain itu, informasi yang baru kami terima untuk program S-1 Teknik Elektro juga mendapatkan peringkat Akreditasi A," kata Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Runtung Sitepu, pada acara wisuda 3.263 orang di kampus perguruan tinggi negeri itu, Senin 22 Agustus 2016.

Peringkat akreditasi tersebut, menurut dia, sebagai realisasi dari program kerja Rektor USU Periode 2016-2021 sebagaimana pernah disampaikan beberapa waktu lalu.

"Akreditasi itu, merupakan salah satu konsentrasi utama atau menjadi skala prioritas dari program kerja saya," ujar Runtung.

Ia mengatakan, berkat koordinasi intens dari seluruh perangkat unit kerja dan sivitas akademika, serta termasuk dukungan dari orang tua mahasiswa.

Dalam jangka waktu 6 bulan pertama di masa kepemimpinan Rektor USU telah tercapai beberapa perubahan menyangkut akreditasi tersebut.

"Untuk dua Program Studi S-1 lainnya, yang saat ini tengah dalam proses banding di BAN-PT yang juga berpotensi mendapatkan 'Peringkat A' yaitu, program studi S-1 Akuntansi dan S-1 Psikologi," ucapnya.

Rektor USU mengatakan, beberapa perkembangan lainnya yang dapat disampaikan, yaitu meningkatnya produktifitas penulisan karya ilmiah dikalangan staf pengajar yang terpublikasi di Jurnal Internasional terindeks "Scopus" dan Jurnal Nasional terakreditasi lainnya.

Atas kebijakan sebagai pimpinan universitas dalam memberikan insentif bagi setiap tulisan yang dipublikasi pada jurnal internasional tersebut, saat ini setelah melewati verifikasi tim terkait.

"Saya telah menyetujui sebanyak 103 judul karya ilmiah dari staf pengajar USU dan 15 judul buku lainnya yang layak untuk mendapatkan penghargaan berupa insentif," katanya.

Disamping itu, dalam jangka waktu satu semester di tahun 2016 ini, USU telah mendapatkan tambahan tenaga Guru Besar sebanyak 9 (sembilan) orang, dan kini USU telah memiliki sebanyak 138 orang tenaga pengajar dengan jabatan guru besar atau profesor dari berbagai disiplin ilmu pada 15 fakultas.

Ia berharap lima tahun mendatang, USU dapat semakin berbenah diri untuk mengejar ketertinggalan terutama dalam hal akreditasi.

"Dengan peringkat Akreditasi A, dampak yang paling dirasakan adalah para lulusan akan semakin mudah dan berpeluang untuk ikut berkompetisi dalam dunia kerja, atau sebagai bekal dalam melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi," kata mantan Dekan Fakultas Hukum USU.

Sementara itu, dari sebanyak 3.263 orang wisudawan/ wisudawati yang telah merampungkan pendidikannya di Universitas Sumatera Utara antara bulan Mei hingga Juli 2016, yakni 277 orang lulusan Program Pascasarjana.

Kemudian, 25 orang Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, 39 orang Program Pendidikan Spesialis, 14 orang Program Dokter Jenjang Magister, 226 Orang Pendidikan Profesi, 1.460 orang dari Program Sarjana dan 1.222 orang Program Diploma.(ant)


  Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    Penusukan Wiranto Jadi Pelajaran

    JAKARTA (EKSPOSnews): Peristiwa penusukan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Pandeglang, Banten, pada Kamis (10/10) menjadi sorotan warganet d

  • 11 bulan lalu

    Membangun Rusunawa untuk Warga Bantaran Sungai

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kota (Pemkot) Medan berencana merevitalisasi pemukiman warga daerah aliran sungai (DAS) dengan membangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa). Namun, untuk merealisasik

  • 12 bulan lalu

    67 Pelaku Kericuhan Mei Masih Anak-Anak

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 67 dari total 447 orang yang ditangkap karena diduga sebagai perusuh dalam aksi di depan Kantor Bawaslu RI, Jakarta, pada 21-22 Mei 2019 masih berusia di bawah umur."Ter

  • 12 bulan lalu

    Kerusuhan di Buton, Polisi Tetapkan 32 Orang Tersangka

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 36 dari 82 orang yang sudah ditangkap dalam kasus bentrok antara warga Desa Sampoabalo dan Desa Gunung Jaya, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, telah ditetapkan sebagai

  • 12 bulan lalu

    Polisi Masih Dalami Aktor Rusuh Mei

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kepolisian masih kekurangan bukti dalam mengungkap aktor intelektual di balik kericuhan Aksi 22 Mei dan terus melalukan pendalaman."Perlu pendalaman alat bukti yang dimiliki, nan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99