Rabu, 18 Sep 2019

Wisatawan Malaysia Banjiri Padang

Oleh: alex
Jumat, 02 Nov 2018 02:52
BAGIKAN:
reuters.
Padang.
PADANG (EKSPOSnews): Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat provinsi itu paling banyak dikunjungi oleh wisawatan asing asal Malaysia pada September 2018 mencapai 4.149 orang dari total 5.094 orang wisatawan yang berkunjung.

"Selama ini Sumatera Barat memang menjadi salah satu daerah kunjungan wisata bagi warga Malaysia ditunjang oleh tersedianya penerbangan langsung ke Bandara Internasional Minangkabau," kata Kepala BPS Sumbar Sukardi di Padang, Kamis 1 November 2018.

Menurutnya selain wisatawan Malaysia pelancong asal Australia juga banyak yang berkunjung ke Sumbar mencapai 348 orang.

Kemudian wisatawan Amerika Serikat 55 orang, Inggris 53 orang, Singapura 47 orang, Jepang 39 orang, Thailand 32 orang, Tiongkok 26 orang, Perancis 26 orang, Jerman 17 orang dan negara lainnya 302 orang.

Kunjungan wisatawan asing ke Sumbar pada September berkontribusi sebesar 0,38 persen terhadap total kunjungan wisatawan ke Indonesia yang mencapai 1.351.675 orang.

Wisatawan yang didata adalah yang masuk dari luar negeri lewat Kota Padang karena jika berangkat dari Jakarta sudah didata di bandara kedatangan pertama, kata dia.

Ia berharap pemerintah daerah dapat lebih mengembangkan potensi wisata yang ada, dengan menata objek wisata mengingat peluang cukup besar bagi pengembangan ekonomi.

Sementara Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Sumatera Barat menyarankan pemerintah provinsi bisa meniru cara-cara yang dilakukan oleh Malaysia dalam menggaet wisatawan sehingga kunjungan turis ke Sumbar bisa terus naik.

"Saat ini ada dua kali penerbangan langsung dari Padang ke Kuala Lumpur, ini merupakan potensi yang bisa dioptimalkan untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan asal Malaysia," kata Ketua Asita Sumbar Ian Hanafiah.

Menurutnya salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah menyediakan semua kebutuhan wisatawan dan memberikan pelayanan terbaik.

"Malaysia menyediakan wisata yang lengkap mulai dari tujuan yang beragam, makanan enak dan halal, tempat berobat yang nyaman hingga tempat belanja yang menarik," kata dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Wisatawan Akan Serbu Padang

    PADANG (EKSPOSnews): Sebanyak satu juta wisatawan nusantara dan mancanegara diprediksi akan mengunjungi Provinsi Sumatera Barat saat libur Lebaran 2019, sehingga pemerintah dan pengelola destinasi wis

  • 4 bulan lalu

    RS Semen Padang Tak Layani Lagi Peserta BPJS Kesehatan

    PADANG (EKSPOSnews): Rumah Sakit Semen Padang atau Semen Padang Hospital tidak lagi melayani pasien Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat mulai awal Juni 2019 seiring tidak berlanjutnya ker

  • 5 bulan lalu

    Ajakan Boikot Jangan Makan di Rumah Makan Padang

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sejumlah pemilik rumah makan Padang mengatakan tidak terpengaruh oleh ajakan boikot rumah makan Padang yang beredar di media sosial dalam beberapa hari terakhir."Sampai sekarang

  • 6 bulan lalu

    Trase Jalan Tol Padangpariaman-Pekanbaru Tak Bisa Digeser

    PADANG (EKSPOSnews): Trase Jalan Tol Padangpariaman-Pekanbaru kilometer 0-30 kilometer yang dipertanyakan masyarakat setempat, tidak bisa lagi digeser karena telah melalui berbagai pertimbangan."Trase

  • 6 bulan lalu

    Padang Butuh Tempat Rehabilitasi Pecandu Narkoba

    PADANG (EKSPOSnews): Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Heru Winarko mengatakan Sumatera Barat membutuhkan tempat rehabilitasi narkoba bagi masyarakat yang ingin sembuh dari ketergantung

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99