Rabu, 21 Feb 2018

Wisata Mangrove di Bengkulu

Oleh: marsot
Kamis, 15 Feb 2018 02:52
BAGIKAN:
istimewa.
Mangrove.
BENGKULU (EKSPOSnews): Ekosistem mangrove di Muara Sungai Jenggalu, Kota Bengkulu menjadi andalan pengelola wahana wisata alam Taman Wisata Mangrove Badrika untuk menarik pengunjung.

"Mangrove di Muara Jenggalu ini menjadi daya tarik utama untuk menggaet pengunjung," kata Manajer Taman Wisata Mangrove Badrika, Leo Fadli Bakti di Bengkulu, Rabu 14 Februari 2018.

Saat peluncuran wahana wisata alam itu, Leo mengatakan lokasi itu juga menjadi salah satu titik terbaik untuk menikmati matahari terbenam di laut Bengkulu.

Selain suasana alam yang masih asri, pondok dan ruang terbuka di wahana itu juga didesain mengikuti alur ekosistem mangrove Muara Sungai Jenggalu.

Menurut Leo, ada suasana yang berbeda di Taman Badrika bila dibandingkan dengan sejumlah objek wisata yang menawarkan ekosistem mangrove sebagai daya tarik.

"Kami tidak hanya menyajikan keindahan alam tapi juga menyiapkan beberapa kuliner khas Bengkulu," kata dia.

Untuk masuk ke lokasi itu, pengunjung tidak dipungut biaya, namun pengelola mengharapkan tarif yang dibayar pengunjung yang memesan makanan menjadi pemasukan pengelola.

Leo menambahkan, pengelola juga akan melestarikan habitat mangrove yang sudah ada dan siap menghijaukan kawasan sekitarnya dengan mangrove.

Koordinator Komunitas Mangrove Bengkulu, Riki Rahmansyah mengatakan wisata alam yang menawarkan ekosistem mangrove sebagai andalan guna menarik pengunjung seyogyanya semakin memasyarakatkan fungsi penting ekosistem mangrove.

"Wisata mangrove di Bengkulu sepertinya terinspirasi dari daerah lain. Kami melihat perlu dikembangkan ke arah wisata edukasi," kata Riki.

Sebab, kata Riki mangrove memiliki fungsi strategis secara ekologi dan ekonomi yaitu tempat memijah biota laut, terutama udang, kepiting dan kerang yang bernilai ekonomis bagi nelayan.

Sedangkan secara ekologi, mangrove berperan menjadi sabuk hijau pesisir dan menahan gelombang tinggi serta menyerap emisi karbon.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Membangun Jalur Rel Kereta Api Bengkulu-Sumbar

    BENGKULU (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Perhubungan mengusulkan rencana pembangunan jalur kereta api dari Kota Bengkulu menuju Kota Padang, Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu y

  • satu bulan lalu

    Ratusan Perempuan di Bengkulu Deteksi Dini Kanker Rahim

    BENGKULU (EKSPOSnews): Sebanyak 370 perempuan di tiga kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu mengikuti pemeriksaan kanker mulut rahim (serviks) atau Inspeksi Visual Asam (IVA) sebagai upaya dini mend

  • satu bulan lalu

    Hak Politik Mantan Gubernur Bengkulu Dicabut

    BENGKULU (EKSPOSnews): Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Kota Bengkulu dalam amar putusannya mencabut hak politik, yakni hak untuk dipilih kepada Gubernur Bengkulu nonaktif Ridwan Mukti s

  • satu bulan lalu

    Kekerasan Terhadap Perempuan di Bengkulu Masih Tinggi

    BENGKULU (EKSPOSnews): Sejumlah tokoh lintas agama di Provinsi Bengkulu menandatangani deklarasi dan komitmen pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak yang kasusnya masih tinggi di daerah ini.

  • 2 bulan lalu

    Sensus Burung di Bengkulu

    BENGKULU (EKSPOSnews): Komunitas pengamat burung, "Bencoolen Bird Watching" Bengkulu bersama Komunitas Mangrove Bengkulu akan menggelar sensus burung lahan basah di pesisir Kota Bengkulu dalam kegiata

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99