Jumat, 28 Feb 2020
  • Home
  • Pariwisata
  • Warga Balige Antusias Saksikan Karnaval Pesona Danau Toba

Warga Balige Antusias Saksikan Karnaval Pesona Danau Toba

Minggu, 21 Agu 2016 14:19
BAGIKAN:
istimewa
Danau Toba.

BALIGE (EKSPOSnews): Ribuan masyarakat Balige dan sekitarnya antusias menyaksikan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang akan dibuka Presiden Joko Widodo.

Mereka terlihat sudah berkumpul di sekitar lokasi acara dan diantara mereka banyak yang mengenakan pakaian atau ikat kepala adat Batak.

Meskipun acara pembukaan masih sekitar 4 jam lagi namun masyarakat sudah mulai berduyun-duyun mendatangi lokasi acara pembukaan atau duduk di tepi jalan yang akan dilalui peserta karnaval.

Rita Simanungkalit, salah seorang warga Balige, mengatakan dirinya sangat antusias mengenakan pakaian adat Toba untuk bisa menyaksikan dan berpartisipasi dalam karnaval.

"Saya nanti akan ikut naik mobil hias bersama sejumlah teman yang juga mengenakan pakaian adat untuk memeriahkan acara ini," katanya, Minggu 21 Agustus 2016.

Dia berharap kegiatan karnaval yang dihadiri Presiden Joko Widodo bisa menghidupkan pariwisata di Danau Toba sehingga bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

Rita yang memiliki usaha cinderamata itu mengakui bahwa saat ini omset penjualan produknya sedang lesu karena tak terlalu banyak wisatawan yang datang ke Danau Toba, sehingga penjualan cinderamata juga tak ramai. "Saya dengar usaha penginapan juga tak terlalu ramai," katanya.

Menurutnya, dia sangat mengapresiasi Kementerian Pariwisata yang memilih karnaval di Danau Toba karena danau itu selama ini merupakan ikon pariwisata Sumatera Utara yang harus terus dipromosikan.

Jonannes Silalahi, warga Siantar, mengatakan dirinya sengaja datang ke Balige hanya ingin menyaksikan karnaval yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Dia yang datang bersama keluarganya ingin menyaksikan karnaval serta menunjukkan kepada anak-anaknya mengenai kekayaan budaya Nusangtara.

"Sangat menarik jika kegiatan sebesar ini bisa dilakukan setiap tahun," katanya.

Di lokasi pembukaan karnaval saat ini memang terlihat sangat ramai serta sejumlah titik jalan dihiasi oleh Bendera Merah Putih serta pernak-pernik khas Batak.

Pasukan keamanan seperti Paspampres, TNI dan Polri serta Satpol PP ikut membantu mengamankan dan mengatur arus lalu lintas jalan yang akan dilalui peserta karnaval.

Sementara panggung beralaskan karpet merah yang nanti akan digunakan oleh Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, para menteri, gubernur, serta tetua adat sudah disteril dari siapapun yang tak berkepentingan.

Presiden Joko Widodo akan melepas seratusan peserta di Balige, Sumatera Utara, dalam upaya mempromosikan potensi wisata daerah itu.

"Menurut rencana Presiden akan melepas peserta karnaval pukul 15.00 WIB. Peserta karnaval diikuti seratusan dari berbagai provinsi, bukan hanya dari Sumatera Utara," kata Ketua Panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba Premita Fifi kepada pers di Balige, Sumatera Utara, Minggu.

Kegiatan Karnaval berlangsung sebenarnya sudah berlangsung sejak 20 Agustus 2016 dan kegiatan karnaval hari ini merupakan puncak dari kegiatan promosi pariwisata tersebut.

Peserta karnaval dipusatkan di Balige yang selanjutnya akan menelusuri jalan tepi Danau Toba hingga Parapat sejauh 3,5 kilometer.

Selain seratusan mobil hias akan berjalan dari Balige menuju Parapat, juga ada kapal hias menelusuri Danau Toba.

Sejumlah artis juga memeriahkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, selama dua hari itu, antara lain Sammy Simorangkir, Edo Kodologit, Dewa Budjana dan Tohpati, Oppie Andaresta, JFlow, serta Slank.

Premita mengatakan kegiatan karnaval merupakan upaya untuk mempromosikan Perapat dan Danau Toba sebagai salah satu destinasi nasional juga dunia yang selama ini sudah cukup dikenal.

"Kita akui memang saat ini pesona Danau Toba sebagai tujuan wisata dunia sudah mulai redup. Kegiatan ini diharapkan bisa menjaring wisatawan lokal dan dunia di masa mendatang," katanya.

Danau Toba, katanya, selama ini merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata lokal yang cukup populer khususnya di Sumatera dan kesan seperti itu akan terus dipertahankan.

Kegiatan promosi Danau Toba diharapkan akan terus berlangsung setiap tahunnya sehingga lokasi itu akan tetap menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Dalam karnaval tersebut, Presiden Joko Widodo akan mengenakan Ulos Ragidup Sirara yang biasa digunakan bagi kaum bapak atau pribadi yang terhormat atau para raja. Sedangkan Ibu Negara mengenakan Ulos Tum-Tuman dan motif ulos itu sudah langka dan digunakan kaum ibu.

Panggung pelepasan karnaval akan dimeriahkan dengan pertunjukan Lima Puak dari lima subetnik Batak. Sebutan tari lima puak bersumber dari tradisi opera batak yang muncul tahun 1920-an dengan rangkaian tari Toba, Simalungun, Mandailing, Karo, dan Pakpak.

Pertunjukan dilanjutkan dengan Tari 9 Cawan yang memiliki makna merupakan wadah untuk pengobatan dan ritual sehingga jika diminum menjadi air suci dan jika dipercikan kepada orang yang membutuhkan bisa memberikan kesembuhan batin dan fisik.

Pembukaan karnaval oleh Presiden dilakukan dengan memukul Gondang Telu sebanyak tujuh kali diikuti pemusik dan akan dipandu dengan mengajak penonton menghitung sampai tujuh dalam Bahasa Batak.(ant)


  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Pelindo 1 Gelar Karnaval Budaya

    MEDAN (EKSPOSnews): Dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pelindo 1 bersama PTPN 4, Kawasan Industri Medan (KIM), dan Inna Hotel & Resorts menyelenggarakan jalan sehat dan

  • 3 tahun lalu

    Pelindo 1 Bersama BUMN lain Selenggarakan Karnaval Budaya dan Festival Kuliner

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1, bersama PTPN 4, Kawasan Industri Medan (KIM), dan Inna Hotel & Resorts menyelenggarakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT

  • 3 tahun lalu

    Karnaval Hiburan Ala Telkomsel

    PADANG SIDEMPUAN (EKSPOSnews): Telkomsel kembali menghadirkan edukasi layanan digital bagi pelanggan dengan menghadirkan acara Karnaval Hiburan Telkomsel. Kota Padang Sidempuan menjadi terpilih seb

  • 4 tahun lalu

    Presiden Joko Widodo Minta Karnaval Pesona Danau Toba Jadi Agenda Tahunan

    BALIGE (EKSPOSnews): Presiden RI Joko Widodo menginginkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba menjadi agenda tahunan agar bisa semakin mempromosikan kawasan wisata itu bahkan daerah Indonesia la

  • 4 tahun lalu

    TELKOMSEL DUKUNG PERSONA DANAU TOBA

    Jaringan Telkomsel siap untuk menghadapi event Karnaval Kemerdekaan Karnaval Pesona Danau Toba 2016 di Parapat. Berbagai upaya dilakukan untuk mendukung event tersebut agar mendapatkan respon dari

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99