Jumat, 18 Agu 2017

Toraja Didorong Kembangkan Wisata Kuliner

Oleh: Marsot
Minggu, 30 Jul 2017 04:48
BAGIKAN:
istimewa
Wisata Toraja.
TORAJA (EKSPOSnews): Toraja di Sulawesi Selatan yang kental dengan pariwisata budayanya didorong untuk mengembangkan wisata kuliner halal demi meningkatkan kunjungan wisata baik lokal maupun internasional terutama dari Timur Tengah.

Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan Musaffar Syah di Toraja,  mengatakan pengembangan kuliner halal memang mendesak mengingat banyak wisatawan muslim yang mulai melirik keberadaan lokasi wisata yang sempat besar pada medio 1990-2000-an.

"Kuliner halal memang harus secepatnya dikembangkan karena wisatawan yang berkunjung variatif. Kami harus menyiapkan dengan baik. Apalagi Toraja kembali difokuskan untuk dikembangkan," katanya di sela kunjungan ke Tongkonan Lempe, Sabtu 29 Juli 2017.

Tongkonan Lempe merupakan rumah adat Toraja yang berada diketinggian. Lokasi ini biasa disebut Negeri Di Atas Awan karena berada diketinggian dan jika pagi hari awan berada dibawah Tongkonan yang tinggi menjulang.

Menurut dia, wisatawan dari Timur Tengah memang mulai melirik untuk wisata alam. Untuk itu peluang tersebut harus bisa ditangkap oleh Toraja yang saat ini sudah berkembang menjadi kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Apalagi alam disini tinggal dipoles.

"Tujuan wisatawan Timur Tengah saat ini mulai berbeda dan beda dengan generasi sebelumnya. Alam mulai menjadi sasaran. Itu yang harus kita tangkap dan dimaksimalkan. Apalagi infrastruktur mulai mendukung," katanya menambahkan.

Jalan menuju Toraja saat ini mulai diperbaiki dan dilebarkan. Bahkan ada beberapa penerbangan dari Makassar menuju Luwu yang jaraknya hanya sekitar dua hingga tiga jam menggunakan kendaraan. Berbeda jika dari Makassar yang mencapai tujuh hingga sembilan jam.

Selain Negeri Di Atas Awan banyak lagi lokasi wisatan alam yang telah disiapkan seperti air terjun yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota Toraja Utara. Hanya saja saat ini masih dalam tahan pembukaan akses jalan.

"Dengan wisata kuliner halal kami harapkan tingkat kunjungan wisata bisa naik 40 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun 2016 tingkat kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional mencapai 60 ribu," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Toraja Utara, Harli Patriatno saat dikonfirmasi.

Terkait dengan kuliner halal, pria asal Solo Jawa Tengah itu mengaku sangat mendukung arahan dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Sulawesi Selatan. Menurut dia, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat terutama pada pedagang muslim.

Selama ini, kata dia kuliner halal yang dikelola oleh muslim mulai berkembang. Di beberapa titik di kota yang dikenal dengan budayanya seperti pemakaman di baru sudah muncul tempat makan halal yang mayoritas dikelola oleh masyarakat dari luar Toraja.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Jaga Budaya Toraja

    MAKASSAR (EKSPOSnews): Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Wagub Sulsel) Agus Arifin Nu'mang mengatakan kebudayaan Toraja harus terus dijaga termasuk pelaksanaan upacara pemakaman atau Rambu Solo."S

  • 6 bulan lalu

    Wisata Kuliner di Pontianak

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalbar sejak 1 - 5 Februari 2017 memperkenalkan wisata kuliner melalui Pontianak Food and Fashion Festival 2017 untuk mendoro

  • 11 bulan lalu

    Festival Kuliner di Medan

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Medan menggelar festival kuliner sebagai salah satu upaya mempromosikan potensi pariwisata yang ada di daerah itu "Kami berharap festival ini dapat mempromo

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak