Minggu, 21 Okt 2018

Tingkat Hunian Hotel di Sumbar Turun

Oleh: alex
Jumat, 02 Mar 2018 11:43
BAGIKAN:
istimewa.
Hotel.
PADANG (EKSPOSnews): Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) mengemukakan angka rata-rata tingkat hunian hotel berbintang di provinsi itu Januari 2018 mencapai 47,34 persen atau turun 17,55 poin dibandingkan Desember 2017 yang mencapai 64,89 persen.

"Pada Januari 2018 tingkat hunian hotel di Padang merupakan yang tertinggi mencapai 51,64 persen, diikuti Kota Bukittinggi 47,10 persen dan terendah di Kabupaten Agam 14,11 persen," kata Kepala BPS Sumbar, Sukardi di Padang, Jumat 2 Maret 2018.

Menurut dia rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia di hotel berbintang pada Januari 2018 tercatat selama 1,48 hari atau naik 0,06 hari dibandingkan Desember 2017 yang tercatat 1,42 hari.

Sementara bila dilihat menurut klasifikasi hotel, penurunan hunian terjadi pada seluruh kelas hotel berbintang.

Penurunan tertinggi terjadi pada hotel bintang dua sebesar 22,15 poin, hotel bintang satu 13,78 poin, hotel bintang tiga 17,85 poin dan hotel bintang empat 18,58 poin, ujarnya.

Dilihat dari kelas hotel rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada hotel berbintang di Sumbar pada Januari 2018 mencapai 1,48 hari atu naik 0,06 hari dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 1,42 hari.

Sementara bila dirinci menurut kelas hotel rata-rata lama menginap tamu asing pada hotel bintang tiga tercatat 4,46 hari paling tinggi dibandingkan kelas hotel lainnya, hotel bintang satu 2,79 hari, hotel bintang dua 1,71 hari, dan hotel bintang empat 1,42 hari.

Sebelumnya Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumbar mengharapkan para travel agen untuk bersinergi dengan pihak pengelola hotel dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumbar.

"Banyak objek wisata di Sumbar yang bisa dijual dan menjadi destinasi wisata sehingga diharapkan kerjasama para travel agen mampu membawa wisatawan ke Sumbar," kata Ketua Asita Sumbar, Ian Hanafiah.

Menurutnta saat ini terdapat empat objek wisata yang membuat orang penasaran datang ke Sumbar yaitu Wisata Mandeh Pesisir Selatan, Danau Kembar Solok, Desa Terindah Pariangan Tanah Datar dan Kelok Sembilan Limapuluh Kota.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    10 Kepala Daerah di Sumbar Dukung Jokowi

    PADANG (EKSPOSnews): Sepuluh Kepala Daerah terdiri atas delapan Bupati dan dua Wali Kota di Sumbar, di Padang mendeklarasikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo untuk kembali memimpin Indonesia untu

  • satu bulan lalu

    Minang Geopark Brand Pariwisata Sumbar

    JAKARTA (EKSPOSnews): Minang Geopark Run ditetapkan menjadi brand pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk mempromosikan dan menjual daya tarik pariwisata Sumbar berupa budaya, alam, dan buat

  • 2 bulan lalu

    Kejati Sumbar Periksa Saksi Korupsi Bansos

    PADANG (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Sumbar) segera memeriksa puluhan saksi dalam kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) Kabupaten Solok tahun anggaran 2009 dan 2010."Ada 2

  • 2 bulan lalu

    5 Terduga Teroris Diamankan di Sumbar Jaringan JAD

    PADANG (EKSPOSnews): Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Barat (Sumbar) Kombes Pol Syamsi mengungkapkan lima terduga teroris yang diamankan di daerah itu diiduga merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daul

  • 3 bulan lalu

    Sumbar Siapkan 500 Orang Pencari Kerja Magang ke Jepang

    PADANG (EKSPOSnews): Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumatera Barat menyiapkan sebanyak 500 orang pencari kerja untuk magang ke Jepang pada tahun 2018."Program magang ke J

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99