Kamis, 27 Jun 2019

Tingkat Hunian Hotel di Sumbar Turun

Oleh: alex
Jumat, 02 Mar 2018 11:43
BAGIKAN:
istimewa.
Hotel.
PADANG (EKSPOSnews): Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) mengemukakan angka rata-rata tingkat hunian hotel berbintang di provinsi itu Januari 2018 mencapai 47,34 persen atau turun 17,55 poin dibandingkan Desember 2017 yang mencapai 64,89 persen.

"Pada Januari 2018 tingkat hunian hotel di Padang merupakan yang tertinggi mencapai 51,64 persen, diikuti Kota Bukittinggi 47,10 persen dan terendah di Kabupaten Agam 14,11 persen," kata Kepala BPS Sumbar, Sukardi di Padang, Jumat 2 Maret 2018.

Menurut dia rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia di hotel berbintang pada Januari 2018 tercatat selama 1,48 hari atau naik 0,06 hari dibandingkan Desember 2017 yang tercatat 1,42 hari.

Sementara bila dilihat menurut klasifikasi hotel, penurunan hunian terjadi pada seluruh kelas hotel berbintang.

Penurunan tertinggi terjadi pada hotel bintang dua sebesar 22,15 poin, hotel bintang satu 13,78 poin, hotel bintang tiga 17,85 poin dan hotel bintang empat 18,58 poin, ujarnya.

Dilihat dari kelas hotel rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada hotel berbintang di Sumbar pada Januari 2018 mencapai 1,48 hari atu naik 0,06 hari dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 1,42 hari.

Sementara bila dirinci menurut kelas hotel rata-rata lama menginap tamu asing pada hotel bintang tiga tercatat 4,46 hari paling tinggi dibandingkan kelas hotel lainnya, hotel bintang satu 2,79 hari, hotel bintang dua 1,71 hari, dan hotel bintang empat 1,42 hari.

Sebelumnya Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumbar mengharapkan para travel agen untuk bersinergi dengan pihak pengelola hotel dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumbar.

"Banyak objek wisata di Sumbar yang bisa dijual dan menjadi destinasi wisata sehingga diharapkan kerjasama para travel agen mampu membawa wisatawan ke Sumbar," kata Ketua Asita Sumbar, Ian Hanafiah.

Menurutnta saat ini terdapat empat objek wisata yang membuat orang penasaran datang ke Sumbar yaitu Wisata Mandeh Pesisir Selatan, Danau Kembar Solok, Desa Terindah Pariangan Tanah Datar dan Kelok Sembilan Limapuluh Kota.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Rel Kereta Api di Sumbar Mati Suri

    PADANG (EKSPOSnews): Sepanjang 210 kilometer dari 300 kilometer panjang lintasan rel kereta api di Sumatera Barat masih "mati suri" karena sejumlah kendala."Saat ini baru 90 kilometer lintasan yang ef

  • satu minggu lalu

    Tambak Udang Panamae di Sumbar Tak Memiliki Izin

    PARIT MALINTANG (EKSPOSnews): Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat mencatat  ada 17 usaha tambak udang vaname yang tidak me

  • 2 minggu lalu

    Perhutanan Sosial di Sumbar Bisa Bertambah

    PADANG (EKSPOSnews): Luas areal hutan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian melalui program Perhutanan Sosial di Sumatera Barat (Sumbar) bisa bertambah karena masih te

  • 2 minggu lalu

    Wisatawan ke Sumbar Meningkat

    PADANG (EKSPOSnews): Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengkoreksi jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu pada libur Lebaran 2019 yang awalnya dikhawatirkan tidak capai target, ternyata jauh

  • 3 minggu lalu

    Menikmati Wisata di Sumbar

    PADANG (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengimbau masyarakat untuk menunda rencana liburan ke destinasi wisata dan memberikan kesempatan terlebih dahulu pada perantau dan wisatawan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99