Selasa, 18 Jun 2019

Ratusan Wisatawan Diserang Ubur-Ubur

Oleh: alex
Sabtu, 08 Jun 2019 07:06
BAGIKAN:
istimewa.
Wisatawan.
BANTUL (EKSPOSnews): Tim Pencarian dan Pertolongan atau SAR wilayah Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat 106 wisatawan tersengat ubur-ubur selama libur Idul Fitri 1440 Hijriah sejak sebelum dan sesudah Lebaran.

Koordinator SAR Pantai Parangtritis Bantul Ali Sutanto di Posko SAR Parangtritis, Jumat mengatakan jumlah wisatawan yang tersengat ubur-ubur atau binatang menyerupai gelembung itu terdata sejak Senin (3/6) sampai Kamis (6/6) di Pantai Parangtritis dan Depok.

"Semua korban sengatan dapat kami tangani setelah dibawa ke posko, akan tetapi di hari Selasa (4/6) ada beberapa korban agak sesak napas dan terpaksa dibawa ke Rumah Sakit Rachma Husada Bantul," katanya.

Ia mengatakan bahwa sengatan ubur-ubur tersebut memang tidak terlalu membahayakan bagi korban, akan tetapi bagian perut korban terasa panas, dan bagi yang tidak kuat atau punya riwayat sesak nafas bisa berakibat kambuh.

Pengobatan terhadap korban sengatan ubur-ubur, kata dia, biasanya diolesi minyak untuk meredakan panas dan istirahat beberapa waktu, di posko SAR tersebut disediakan relawan dan obat-obatan untuk pertolongan pertama pada korban.

Sementara itu data 106 korban sengatan ubur-ubur tersebut rinciannya sebanyak 80 wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis dan 26 wisatawan Pantai Depok atau pantai sebelah barat Parangtritis.

"Untuk hari Jumat (7/6) sampai petang tidak ada laporan (korban sengatan). Ini karena cuacanya yang tidak ada angin dan tidak dingin. Biasanya (ubur-ubur) itu keluar ke permukaan laut kalau ada sinar matahari dan ada angin," katanya.

Dia juga mengatakan, kondisi alam yang cenderung mendung atau langit tertutup awan ini menjadi penyebab hewan itu tidak naik ke permukaan, berbeda dengan hari sebelumnya (Kamis, 6/6) yang panas, namun berhembus angin dingin.

"Tidak bisa dipastikan, karena selama masih ada cuaca dingin dan angin kencang pasti ada (ubur-ubur muncul). Informasinya di daerah Pantai Glagah, Kulon Progo, agak banyak, mungkin terbawa arus ke barat," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Wisatawan ke Sumbar Meningkat

    PADANG (EKSPOSnews): Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengkoreksi jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu pada libur Lebaran 2019 yang awalnya dikhawatirkan tidak capai target, ternyata jauh

  • 3 minggu lalu

    Wisatawan Akan Serbu Padang

    PADANG (EKSPOSnews): Sebanyak satu juta wisatawan nusantara dan mancanegara diprediksi akan mengunjungi Provinsi Sumatera Barat saat libur Lebaran 2019, sehingga pemerintah dan pengelola destinasi wis

  • 2 bulan lalu

    3 Anggota Polisi Dikeroyok OTK

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Kepolisian Daerah Riau menyelidiki insiden pengeroyokan yang dilakukan puluhan orang tak dikenal (OTK) hingga menyebabkan tiga anggota polisi mengalami luka tusuk senjata tajam

  • 5 bulan lalu

    Menjaring Wisatawan Belanda

    LONDON (EKSPOSnews): Indonesia berupaya menjaring wisatawan Belanda yang ingin berlibur pada musim panas dengan melakukan promosi pada pameran pariwisata terbesar di Belanda, Vakantibeurs, yang berlan

  • 8 bulan lalu

    Wisatawan Malaysia Banjiri Padang

    PADANG (EKSPOSnews): Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat provinsi itu paling banyak dikunjungi oleh wisawatan asing asal Malaysia pada September 2018 mencapai 4.149 orang dari total 5.

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99