Kamis, 27 Feb 2020

Pesta Yaahowu di Nias

Jumat, 16 Sep 2016 19:42
BAGIKAN:
ist
Lari pagi di Nias (ilustrasi).

TELUK DALAM (EKSPOSnews): Pagelaran "Pesta Yaahowu" yang diselenggarakan di Kepulauan Nias, Sumatera Utara akan menampilkan berbagai potensi seni dan budaya milik etnis Nias.

Salah seorang panitia Pesta Yaahowu Penyabar Nakhe di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan  mengatakan kegiatan itu akan dibuka pada Sabtu (17/9) oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Pembukaan kegiatan tersebut dipusatkan di Lapangan Orurusa, Teluk Dalam, Nias Selatan. Sedangkan penutupannya diadakan di Kota Gunungsitoli pada 26 November 2016.

Dalam pembukaannya, Pesta Yaahowu akan dimeriahkan dengan Tari Perang secara kolosal yang dibawa 1.000 warga Nias.

Setelah pembukaan, akan ditampilkan berbagai atraksi seni dan budaya dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Kepulauan Nias hingga 19 September.

Beberapa hari sebelum pembukaan yakni pada 11 September, telah dilaksanakan kegiatan lompat batu yang diikuti 94 oramg peserta.

Sedangkan dua hari sebelum pembukaan yaitu 15 September, diselenggarakan lomba "surfing" atau selancar di Pantai Sorake di Kecamatan Luaha Gundre Maniamolo.

Di Kabupaten Nias Utara, Pesta Yaahowu akan diisi dengan pertandingan voli pantai antar-kabupaten/kota diKepulauan Nias yang digelar pada 2-20 Oktober.

Sementara di Nias Barat, pada 29-30 Oktober digelar pemilihan Duta Pariwisata Kepulauan Nias yang dilaksanakan di Onolimbu. Setiap kabupaten/kota mengirimkan tiga pasangan putera-puteri untuk ikut pemilihan duta wisata tersebut.

Sedangkan di Kabupaten Nias, digelar lomba "Maena" yang merupakan tarian khas etnis Nias yang dikreasikan dalam format baru pada 19 November.

Dari lima daerah di Kepulauan Nias, kegiatan Pesta Yaahowu paling banyak diselenggarakan di Kabupaten Nias Selatan dan Kota Gunungsitoli yanh menjadi tuan rumah pagelaran tersebut.

Pada malam puncak penutupan di Kota Gunungsitoli, Pesta Yaahowu akan dimeriahkan oleh panggung musik yang akan diisi oleh para musisi lokal dan pelepasan 1.000 lampion ke udara.(ant)


  Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    Nias Menuju Gerbang Wisata Bahari Internasional

    NIAS (EKSPOSnews): Perhelatan internasional Sail Nias 2019 di Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara pada Juli hingga September 2019 mendatang dinilai sangat positif dalam upaya mempercepat pembangun

  • tahun lalu

    2 Pengusaha di Nias Dapat Bantuan Beras Sejahtera

    GUNUNGSITOLI (EKSPOSnews): Dua pengusaha durian di Desa Sihareo I Tabaloho, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara menerima bantuan beras sejahtera dan Program Keluarga Harapan."Setelah kita verifikasi, me

  • tahun lalu

    BBM Satu Harga dan Penerangan Tenaga Surya di Nias

    JAKARTA (EKSPOSnews):  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, melakukan kunjungan kerja ke Pulau Nias, Sumatera Utara, untuk meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (

  • tahun lalu

    7 Penghuni Rumah Tertimbun Longsor di Nias Selatan

    NIAS SELATAN (EKSPOSnews): Bencana alam tanah longsor yang terjadi di Desa Sukamaju Mohili, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, menimbun satu rumah warga."Tujuh penghuni rumah tert

  • tahun lalu

    Seluruh Desa di Nias Akan Diterangi Listrik

    GUNUNG SITOLI (EKSPOSnews): PT PLN area Nias menargetkan paling lama akhir Desember 2019 seluruh desa di Kepulauan Nias, Sumatera Utara, yang mencakup lima kabupaten sudah dialiri listrik.Manajer PT P

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99