Jumat, 28 Feb 2020
  • Home
  • Pariwisata
  • Pemkot Medan Sulap Tempat Pembuangan Sampah Jadi Lokasi Agrowisata

Pemkot Medan Sulap Tempat Pembuangan Sampah Jadi Lokasi Agrowisata

Minggu, 04 Sep 2016 06:54
BAGIKAN:
ist
Agrowisata.

MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Medan menjadikan bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Namo Bintang di Kecamatan Medan Tuntungan, menjadi taman argowisata dan untuk tahap awal ditanami berbagai jenis tumbuhan produktif.

"Ada 19 jenis bibit tanaman buah yang ditanam, diantaranya jambu air, jambu bol, rambutan, manggis, sirsak, namnam, duku, durian, belimbing serta aneka jenis mangga, nangka serta cempedak," kata Wali Kota Medan dzulmi Eldin, di Medan, Sabtu 3 September 2016.

Ia mengatakan, setelah penanaman bibit buah itu dilakukan, SKPD terkait akan melakukan perawatan agar bibit buah yang ditanam akan tumbuh, berkembang dan berbuah.

Selanjutnya lahan seluas 16,5 hektare ini akan dipagar dengan menggunakan tanaman mahoni, sedangkan pembangunan fisik bangunan untuk mendukung lahan ini menjadi Taman Agrowisata direncanakan setelah seluruh bibit tanaman buah yang ditanam besar dan berbuah.

Agar program itu berjalan dengan maksimal, ia mengajak semua elemen bergabung untuk menjadikan eks TPA Namo Bintang itu menjadi Taman Agrowisata sekaligus menjadi paru-paru Kota Medan.

Tidak hanya masyarakat sekitar, Eldin pun berharap kehadiran Taman Agrowisata ini nantinya akan bermanfaat bagi seluruh warga Kota Medan.

"Di samping menjadi Taman Agrowisata, kawasan ini akan kita jadikan sebagai hutan kota sehingga bermanfaat bagi kita semua. Tempat ini akan menjadi Taman Agrowisata pertama di Kota Medan, insya Allah nantinya akan menjadi tempat wisata kebanggaan Kota Medan," katanya.

Sementara Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mengatakan, pengerjaan Taman Agrowisata ini dilakukan secara bergotong royong dengan melibatkan SKPD terkait.

Kehadiran Taman Agrowsiata ini diharapkannya dapat menambah ruang terbuka hijau di Kota Medan dan masterplan pengerjaannya telah selesai dan tinggal dijalankan.

"Konsep Taman Agrowisata yang kita persiapkan ini hasil adopsi dari sejumlah pengalaman ketika melakukan kunjungan ke sejumlah daerah, termasuk salah satunya Kota Surabaya yang telah menjadikan eks tempat pembuangan sampah menjadi Taman Agrowisata sekaligus paru-paru kota. Site plan sudah kita siapkan, tinggal pengerjaanya," katanya.(ant)


  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Pemkot Medan Operasi Pasar Jepang Natal dan Tahun Baru

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Medan bekerja sama dengan Perum Divre Bulog Sumut menggelar operasi pasar di Pasar Tradisional Sei Sikambing dalam menghindari terjadi kenaikan harga sejumlah komod

  • 2 tahun lalu

    Pemkot Medan Ambilalih Pasar Peringgan

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Medan mengambil alih aset berupa tanah dan bangunan Pasar Tradisionil Peringgan meski sempat mendapat perlawanan dari Perseroan Terbatas Triwira Loka Jaya yang sela

  • 3 tahun lalu

    Pemkot Medan Bantu Warga Nias

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Medan memberikan bantuan kepada warga asal Nias yang menjadi korban tsunami beberapa waktu lalu di Lingkungan XIV, Kelurahan Brayan Barat I, Kecamatan Medan Timur."

  • 3 tahun lalu

    Bangun Rusunawa di Tempat Pembuangan Sampah

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Tangerang meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun Rusunawa bagi para pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Rawa

  • 3 tahun lalu

    Puluhan Mobil Pengangkut Sampah Pemkot Medan, Diduga Tidak Bayar Pajak

    MEDAN (EKSPOSnews): Rendahnya kesadaran bayar pajak tidak hanya dialami masyarakat. Ternyata jajaran pemerintah setingkat SKPD pun juga dinilai tidak taat membayar pajak yang merupakan kewajiban pada

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99