Jumat, 24 Mei 2019
  • Home
  • Pariwisata
  • Pemerintah Israel Larang Warga Indonesia Ziarah ke Jerusalem

Pemerintah Israel Larang Warga Indonesia Ziarah ke Jerusalem

Oleh: marsot
Jumat, 01 Jun 2018 06:21
BAGIKAN:
reuters.
Jerusalem Timur.
JAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah Israel tidak seharusnya melarang Warga Negara Indonesia (WNI) untuk berpergian ke Kota Suci Yerusalem.

"Ada dua alasan untuk ini. Pertama, tidak pernah ada kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk melarang WN Israel untuk memasuki wilayah Indonesia sepanjang memiliki visa/izin," ujar Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana di Jakarta, Kamis 31 Mei 2018.

Anggapan pemerintah Israel bahwa pemerintah Indonesia melarang warganya kemungkinan karena adanya permohonan visa dari sejumlah warga negara Israel beberapa waktu lalu yang tidak kunjung diterbitkan.

"Padahal sebenarnya ditunda dan sama sekali bukan pelarangan," ujar dia.

Kedua, lanjut Hikmahanto, tidak seharusnya pemerintah Israel melarang WNI yang akan melakukan wisata religi ke Yerusalem.

Hal ini karena Yerusalem sudah ditetapkan sebagai wilayah dengan status internasional di bawah kendali PBB berdasarkan resolusi Majelis Umum 194 tahun 1948.

Oleh karenanya pemerintah Israel tidak seharusnya membuat kebijakan yang melarang WNI melakukan wisata religi ke Yerusalem.

Atas insiden ini masyarakat yang akan berpergian ke Yerusalem tentu harus bersabar dalam menyikapi larangan dari pemerintah Israel.

Hal ini mengingat permasalahan yang dihadapi tidak mungkin diselesaikan oleh dua pemerintahan mengingat tidak adanya hubungan diplomatik di antara kedua negara.

Sebelumnya, pemerintah Israel mulai tanggal 9 Juni akan melarang WNI masuk wilayah yang dikuasai oleh Israel, termasuk Kota Suci bagi tiga agama yaitu Yerusalem.

Alasan pemerintah Israel karena ada pelarangan atas warganya masuk ke Indonesia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Lahan Palestina Dirampas Israel

    NABLUS (EKSPOSnews): Ratusan dunum lahan orang Palestina disita pada Senin (8/4) di bagian utara Tepi Barat Sungai Jordan dan Lembah Jordan untuk alasan pembangunan permukiman Yahudi, kata para pejaba

  • satu bulan lalu

    Tabrakan Bus di Kuala Lumpur, 4 WNI Tewas

    KUALA LUMPUR (EKSPOSnews):  Empat orang pekerja Warga Negara Indonesia (WNI) tewas dalam kecelakaan bus di Jalan S8 Pekeliling berdekatan MASkargo Sdn. Bhd. (MASkargo) di Lapangan Terbang Antarab

  • 2 bulan lalu

    Donald Trump Akui Dataran Tinggi Golan Milik Israel

    WASHINGTON (EKSPOSnews): Presiden AS Donald Trump pada Senin malam (25/3) menandatangani dekrit yang mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan, wilayah Suriah yang diduduki Israel sejak 196

  • 2 bulan lalu

    WNI Pekerja Ilegal Paling Banyak Ditahan Malaysia

    KUALA LUMPUR (EKSPOSnews): Warga Negara Indonesia (WNI) menempati urutan pertama dari jumlah terbanyak pekerja ilegal atau Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) yang ditahan oleh pemerintah Malaysia pada

  • 2 bulan lalu

    Dataran Tinggi Golan Milik Israel

    BEIRUT (EKSPOSnews): Pemerintah Suriah bertekad merebut kembali Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel sementara sekutu dan musuhnya mengecam Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Jumat yang m

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99