Senin, 18 Jun 2018
  • Home
  • Pariwisata
  • Pemerintah Israel Larang Warga Indonesia Ziarah ke Jerusalem

Pemerintah Israel Larang Warga Indonesia Ziarah ke Jerusalem

Oleh: marsot
Jumat, 01 Jun 2018 06:21
BAGIKAN:
reuters.
Jerusalem Timur.
JAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah Israel tidak seharusnya melarang Warga Negara Indonesia (WNI) untuk berpergian ke Kota Suci Yerusalem.

"Ada dua alasan untuk ini. Pertama, tidak pernah ada kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk melarang WN Israel untuk memasuki wilayah Indonesia sepanjang memiliki visa/izin," ujar Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana di Jakarta, Kamis 31 Mei 2018.

Anggapan pemerintah Israel bahwa pemerintah Indonesia melarang warganya kemungkinan karena adanya permohonan visa dari sejumlah warga negara Israel beberapa waktu lalu yang tidak kunjung diterbitkan.

"Padahal sebenarnya ditunda dan sama sekali bukan pelarangan," ujar dia.

Kedua, lanjut Hikmahanto, tidak seharusnya pemerintah Israel melarang WNI yang akan melakukan wisata religi ke Yerusalem.

Hal ini karena Yerusalem sudah ditetapkan sebagai wilayah dengan status internasional di bawah kendali PBB berdasarkan resolusi Majelis Umum 194 tahun 1948.

Oleh karenanya pemerintah Israel tidak seharusnya membuat kebijakan yang melarang WNI melakukan wisata religi ke Yerusalem.

Atas insiden ini masyarakat yang akan berpergian ke Yerusalem tentu harus bersabar dalam menyikapi larangan dari pemerintah Israel.

Hal ini mengingat permasalahan yang dihadapi tidak mungkin diselesaikan oleh dua pemerintahan mengingat tidak adanya hubungan diplomatik di antara kedua negara.

Sebelumnya, pemerintah Israel mulai tanggal 9 Juni akan melarang WNI masuk wilayah yang dikuasai oleh Israel, termasuk Kota Suci bagi tiga agama yaitu Yerusalem.

Alasan pemerintah Israel karena ada pelarangan atas warganya masuk ke Indonesia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Indonesia Tak Punya Hubungan dengan Israel

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah Indonesia menegaskan tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel dan tetap membela Palestina mencapai kemerdekaan."Kita tidak memiliki hubungan diplomatik dengan

  • 6 bulan lalu

    Slank Dinobatkan Jadi Duta Perlindungan WNI

    JAKARTA (EKSPOSnews): Grup band legendaris Slank telah dinobatkan menjadi Duta Perlindungan Warga Negara Indonesia 2017 oleh Kementerian Luar Negeri."Meskipun Slank ini mengusung genre musik rock, ker

  • 6 bulan lalu

    Israel Akan Bangun Ribuan Rumah di Jerusalem Timur

    JERUSALEM (EKSPOSnews): Israel berencana membangun ribuan rumah baru di Jerusalem termasuk sebanyak 6.000 apartemen di Jerusalem Timur, setelah pengumuman Presiden AS Donald Trump pada Rabu (6/12) ia

  • 6 bulan lalu

    Donald Trump Akui Yerusalem Ibu Kota Israel

    WASHINGTON (EKSPOSnews): Presiden Donald Trump, tiba-tiba membalikkan kebijakan yang telah dianut Amerika Serikat selama berpuluh-puluh tahun dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.Langkahn

  • 7 bulan lalu

    Hakim Federal Perintahkan Imigrasi AS Tunda Pemulangan WNI

    BOSTON (EKSPOSnews): Hakim federal memerintahkan pejabat imigrasi Amerika Serikat menunda pemulangan 51 orang Indonesia, yang tinggal secara tidak sah di New Hampshire.Penundaan itu dilakukan hingga k

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99