Kamis, 27 Feb 2020

Otorita Danau Toba, Apa Kabar?

Kamis, 15 Sep 2016 05:34
BAGIKAN:
istimewa
Danau Toba.

MEDAN (EKSPOSnews): Kalangan swasta belum dilibatkan dalam program pengembangan sektor kepariwisataan Danau Toba karena belum terbentuk Badan Otorita Danau Toba.

"Jadi, bukan tidak dilibatkan, melainkan masih menunggu," kata Ketua Komisi B Bidang Perekonomian dan Kepariwisataan DPRD Sumatera Utara Sopar Siburian di Medan, Rabu 14 September 2016.

Menurut Sopar, pihaknya telah mendalami isi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 tahun 2016 tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba (BOPKPDT).

Dalam badan tersebut, akan terlibat banyak elemen dalam memajukan dan mengembangkan potensi andalan provinsi Sumatera Utara itu.

Dalam perpres tersebut, ditentukan peranan pemerintah pusat, Pemprov Sumut, peranan tujuh pemerintah kabupaten di sekitar kawasan Danau Toba.

Selain itu, ada juga pelibatan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, LSM, dan pihak swasta dalam pengembangan Danau Toba.

Badan otoritas tersebut juga akan memiliki kewenangan dalam melibatkan sektor swasta guna menjalankan berbagai program pengembangan Danau Toba.

"Jadi, bukan tidak dilibatkan, tetapi masih menunggu pengesahan badan otorita," kata politisi Partai Demokrat tersebut.

Dari rapat dengar pendapat yang dilakukan DPRD Sumatera Utara selama ini, kalangan swasta dan pemangku kepentingan di sektor kepariwisataan juga masih menunggu pembentukan Badan Otorita Danau Toba itu.

Karena itu, pihaknya mengharapkan pemerintah pusat dapat segera membentuk dan mengesahkan badan otoritas tersebut.

"Saat ini masih pemerintah (menangani Danau Toba, belum swasta. Jadi, badan otorita itu perlu segera disahkan," kata Sopar Siburian.(ant)


  Berita Terkait
  • 12 bulan lalu

    Mendorong Pertumbuhan Pariwisata Nasional

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung program BRI Online Travel Fair ke-22 yang diinisiasi oleh online travel agen terkemuka Traveloka dengan Bank BRI untuk mendorong pertu

  • tahun lalu

    Pelindo 1 dan Pemkot Tanjungpinang Kerja Sama Kelola Pariwisata

    TANJUNGPINANG (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Tanjungpinang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang melakukan Launching Calendar of Event Pariwisata Ko

  • tahun lalu

    Idham Azis Resmi Jabat Kabareskrim

    JAKARTA (EKSPOSnews): Irjen Pol Idham Azis resmi menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri setelah dilakukan upacara serah terima jabatan (sertijab) yang dipimpin Kapolri Jenderal Pol Tito

  • tahun lalu

    Pelindo 1 Dukung Nort Sumatera Coastal Tourism

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara

  • tahun lalu

    Minang Geopark Brand Pariwisata Sumbar

    JAKARTA (EKSPOSnews): Minang Geopark Run ditetapkan menjadi brand pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk mempromosikan dan menjual daya tarik pariwisata Sumbar berupa budaya, alam, dan buat

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99