Sabtu, 30 Mei 2020

Mie Nusantara Hasil Inovasi

Oleh: alex
Kamis, 08 Nov 2018 04:18
BAGIKAN:
istimewa.
Mie.
BOGOR (EKSPOSnews): Kementerian Pertanian mengenalkan Mie Nusantara hasil inovasi teknologi untuk mendukung keanekaragaman pangan lokal, pada Fiesta Pangan Lokal yang berlangsung di Kampus Balitbang Pertanian Cimanggu, Kota Bogor, Jawa Barat.

"Mie Nusantara ini terbuat dari bahan baku pangan lokal seperti jagung, sorgum, hanjeli, ubi kayu, dan sagu," kata Kepala Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, Prof Muhammad Syakir, di Bogor, Rabu 7 November 2018.

Mie Nusantara ini diperkenalkan kepada 400 tamu undangan yang terdiri atas industri pertanian, perkebunan, pemerintah daerah, dan diikuti 1.000 anak sekolah. Syakir mengatakan, mie nusantara ini adalah hasil inovasi Balitbang Pertanian yang dikembangkan melalui model agro industri pangan lokal yang dibangun dibeberapa daerah.

Selain mie nusantara, juga dikembangkan beragam pangan olahan berbahan baku pangan lokal lainnya, seperti kerupuk, cake, roti, dan kue kering."Seperti di Cimahi berbasis ubi kayu, Sumedang berbasis hanjeli, Demak berbasis sorgum, Palopo, Maluku Tengah, Sorong dan Jayapura berbasis sagu," katanya.

Pangan lokal Indonesia sangat potensial sebagai bahan baku pangan olahan yang memiliki rasa enak serta lebih berkhasiat karena bebas gluten yang biasanya terkandung dalam terigu.

Hadirnya inovasi teknologi pangan berbasis bahan baku lokal ini membuktikan Indonesia sebagai negara dengan keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia mampu mengangkat pangan lokal potensial menjadi alternatif subtitusi terigu.

Menteri Pertanian, lanjut Syakir, telah menugasi Badan Litbang untuk membuat sentra-sentra pengolahan pangan alternatif berbagai lokal, salah satunya mie.

"Kita banyak mengimpor mie berbasis gandum, sekarang kita bisa membuat mie berbasis pangan lokal," katanya.

Fiesta Pangan Lokal, menunjukkan bahwa Indonesia siap dengan teknologi yang dimilikinya. Mie nusantara hasil inovasi Balitbangtan sudah teruji rasanya yang enak.

"Sudah ada testimoni dari beberapa perusahaan yang siap untuk mengembangkan mie berbasis pangan lokal," katanya.

Hasil inovasi tersebut akan dikenalkan ke pesantren-pesantren yang siap mempromosikan, dan ke perusahan seperti perkebunan nusantara yang siap memproduksi pangan lokal.

"Kekuatan bangsa Indonesia ditunjukkan dari kemandirian pangan berbasis lokal dan mengurangi impor pangan berbasis gandum secara signifikan," kata Syakir.

Mie nusantara ini disajikan menjadi hidangan favorit semua masyarakat. Dede salah satu tamu yang hadir mengatakan, rasa mie cukup enak dilidah, dan cocok untuk makanan orang Indonesia.

"Tekstur mienya padat, dan rasanya juga gurih, cukup nikmat dimakan," katanya. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Mahasiswa Unsiyah Diajak Berinovasi

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengajak mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) untuk mengembangkan berbagai inovasi sehingga dapat ber

  • tahun lalu

    Meningkatkan Inovasi Serikat Pekerja Pelindo 1

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Serikat Pekerja PT Pelabuhan Indonesia I (SP Pelindo 1) menggelar Upgrading Competences of Serikat Pekerja Pelindo 1 yang bertema “Professional & Innovative in Solidarity”

  • tahun lalu

    Inalum Dorong Budaya Inovasi dan Riset

    BATUBARA (EKSPOSnews): Perusahaan tambang PT Inalum mendorong tumbuhnya budaya inovasi dengan semangat riset dan pengembangan yang berkesinambungan dalam upaya berkompetisi dan berkembang hingga menja

  • 2 tahun lalu

    Nissan Kenalkan Inovasi Berkendaraan yang Aman

    JAKARTA (EKSPOSnews): Nissan memperkenalkan inovasi terbarunya bernama Safety Shield 360, sebuah rangkaian dari enam keamanan canggih dan teknologi driver-assist, sebagai fitur standar untuk semua mer

  • 2 tahun lalu

    Menggelar Karya Inovasi RNI Award 2018

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) kembali menggelar even dua tahunan RNI Award. Acara yang pada tahun ini mengangkat tema "Go Global" tersebut dibuka oleh Direktur Pengen

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99