Rabu, 18 Jul 2018

Menjaring Wisata Jiran Lewat Budaya

Oleh: Jallus
Selasa, 28 Nov 2017 04:21
BAGIKAN:
istimewa.
Festival budaya.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menjaring wisatawan asal negeri jiran Malaysia dengan mengedepankan budaya sebagai daya tarik.

"Ke depan akan ada pagelaran budaya Melayu secara rutin di taman, rumah singgah dan hotel-hotel," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Pekanbaru, Ardiansyah kepada Antara di Pekanbaru, Senin 27 November 2017.

Ia menuturkan, tercatat ribuan kelompok dan pegiat seni budaya melayu yang tersebar di Kota Pekanbaru. Nantinya, mereka akan diberikan pelatihan-pelatihan agar dapat lebih baik dalam tampil di muka umum.

Sementara pelatihan dilakukan, pihaknya juga mengatakan akan berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pekanbaru. Selain menampilkan budaya melayu secara langsung, ia mengatakan pihaknya juga akan mendorong agar hotel-hotel, bandara dan tempat umum lainnya dapat memutar musik melayu bagi pengunjung.

Rencana tersebut akan dituangkan dalam Peraturan Wali Kota Pekanbaru yang direncanakan akan selesai disusun pada Desember 2017 mendatang.

"Dalam Perwako nanti juga diatur bagaimana membudayakan memakai tanjak pada hari-hari tertentu," tuturnya.

Konsulat Malaysia di Pekanbaru menyambut baik rencana Pemerintah setempat untuk mendorong budaya melayu di masyarakat. Menurut konsul Malaysia di Pekanbaru, Hardi Hamdi, wisatawan Malaysia tertarik mengujungi ibu kota Provinsi Riau tersebut karena persamaan budaya.

"Salah satu daya tarik wisatawan Malaysia ke Pekanbaru adalah persamaan budaya. Mereka tertarik ke Pekanbaru dan Riau karena masyarakat disini masih kental budaya melayu," kata Hardi.

Ia menuturkan, data yang diperoleh Konsulat Malaysia, setiap bulan terdapat 3.000 wisatawan Malaysia mengunjungi Pekanbaru dan Riau pada 2017 lalu.

"Tahun ini kita belum ada datanya, namun yang pasti kemungkinan besar pasti bertambah," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengatakan Konsulat Malaysia terus mendorong pembangunan pariwisata di Kota Pekanbaru serta Riau secara umum dengan mengundang investor negeri jiran itu menanamkan modalnya di Bumi Lancang Kuning.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Tadarus Puisi di Balai Budaya Rejosari

    KUDUS (EKSPOSnews): Malam belum begitu larut. Waktu masih menunjukkan sekitar pukul 20.30 WIB. Puluhan orang sudah duduk-duduk di tikar sederhana yang digelar, di tanah, di depan salah satu sudut Bala

  • 2 bulan lalu

    Festival Budaya di Mesir

    JAKARTA (EKSPOSnews): KBRI Mesir menggelar festival budaya Indonesia menyambut bulan suci Ramadhan 2018 di "Small Hall Cairo Opera House", Mesir, Sabtu (26/5).Tim kesenian dari Komite Seni Budaya Nusa

  • 3 bulan lalu

    UPTD Taman Seni dan Budaya Gelar Pentas Puisi Maestro

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Dalam rangka memberi apresiasi terhadap karya seni sastra khususnya puisi, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui UPTD Taman Seni dan Budaya akan menyelenggarakan k

  • 3 bulan lalu

    Merangkul Pelaku Seni dan Budaya di Kota Padang

    PADANG PANJANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumbar, merangkul pelaku seni dan budaya agar ikut mempromosikan pariwisata daerah setempat dengan mengangkat kearifan lokal.Staf Ahli Bida

  • 4 bulan lalu

    6 Destinasi Tarian Budaya nan Menawan dari Seluruh Penjuru Dunia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Salah satu kebahagiaan yang bisa didapat dari jalan-jalan adalah disaat kamu bisa melebur ke dalam sebuah budaya lokal, dimana hampir dari setengah wisatawan mengatakan bahwa men

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99