Jumat, 28 Feb 2020

Mengembangkan Wisata Nias, Perlu Peran Masyarakat

Minggu, 18 Sep 2016 05:16
BAGIKAN:
ist
Membangun objek wisata di Nias.

TELUK DALAM (EKSPOSnews): Upaya pengembangan berbagai sektor kepariwisataan di Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara, perlu mendapatkan dukungan masyarakat agar dapat berhasil dengan maksimal.

Ketika membuka Pesta Yaahowu di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan,  Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan mengatakan, peranan masyarakat berpengaruh besar dalam menyukseskan program yang dijalankan pemerintah daerah.

Selain keramahan dan upaya menjaga keamanan, peranan lain dari masyarakat yang dibutuhkan adalah kesediaan untuk menjaga kebersihan berbagai lokasi wisata yang ada.

Jika potensi yang ada belum mampu menampilkan fasilitas yang modern, paling tidak lokasi tersebut harus selalu terjaga kebersihannya sehingga memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung.

"Masyrakat harus ikut turun tangan, jangan sampai sampah ada di mana-mana," katanya, Sabtu 17 September 2016.

Menurut Luhut, jika ada peranan dan dukungan dari masyarakat, berbagai ajang kepariwisataan yang diselenggarakan di Kepulauan Nias aka semakin sukses.

Ia mencontohkan kegiatan lari marathon Danau Toba yang diselenggarakan untuk kedua kalinya pada tahun 2016.

Pada tahun 2015, kegiatan tersebut hanya diikuti 250 orang. Namun setelah adanya dukungan masyarakat, peserta kegiatan lari marathon pada tahun 2016 sudah mencapai 1.600 orang.

Kondisi yang lebih menarik, even kedua tersebut juga banyak diikuti peserta dari luar negeri seperti AS, Selandia Baru, Singapura, Malaysia, dan negara sahabat lainnya.

"Itu bisa terjadi karena masyarakat batak sudah mulai bersatu," katanya.

Selain dukungan masyarakat di daerah, etnis Nias yang berada di daerah lain juga perlu memberikan partisipasi dalam pengembangan sektor kepariwisataan di kepulauan yang terdiri dari lima kabupaten/kota tersebut.(ant)


  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99