Selasa, 24 Apr 2018

Mengembangkan Wisata Halal di Sekitar Danau Toba

Oleh: marsot
Senin, 27 Nov 2017 06:02
BAGIKAN:
istimewa.
Danau Toba.
MEDAN (EKSPOSnews): Kementerian Pariwisata menekankan pentingnya wisata halal di kawasan Danau Toba untuk mendukung kenyamanan bagi wisatawan muslim yang berkunjung ke daerah itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Medan, mengatakan aspek kehalalan tersebut telah menjadi perhatian dalam kepariwisataan di Danau Toba.

Apalagi mayoritas wisatawan mamcanegara yang sering berkunjung ke Danau Toba berasal dari Malaysia yang umumnya beragama Islam.

"Jadi, sekitar 42 persen wisatawan ke Danau Toba itu dari Malaysia," katanya, Minggu 26 November 2017.

Menurut Arief Yahya, penekanan mengenai pentingnya wisata halal di Danau Toba tersebut sudah dilakukan dan disikap Pemkab Samosir.

Ketika berkunjung ke Samosir baru-baru ini, Bupati Samosir Rapidin Simbolon sudah menunjukkan adanya lokasi penjualan makanan halal yang berderet untuk dapat dinikmati wisatawan.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) juga telah menekankan fasilitas tersebut di Bandara Silangit yang lokasinya berdekatan dengan Danau Toba.

Belum lama ini, di sekitar Bandara Silangit yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara sudah dibangun musholla dalam ukuran besar.

"Sudah bagus, ada musholla, ada gereja, vihara, bagus sekali. Poinnya kita harus melayani wisatawan sebaik mungkin," katanya.

Meski mendorong penyesuaian dalam kebutuhan wisata halal, tetapi Kemenpar tidak mendorong secara langsung, seperti untuk membuat peraturan daerah.

"Jadi, tidak langsung, tidak usah secara khusus," kata Menpar.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Tertibkan Keramba di Danau Toba

    MEDAN (EKSPOSnews): Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, Sumatera Utara minta kepada Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK agar menertibkan keramba jaring apung yang be

  • 4 minggu lalu

    Pencemaran Danau Toba Harus Dituntaskan

    MEDAN (EKSPOSnews): Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Sumatera Utara meminta pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelidiki perusahaan, yang telah mencemari air Danau Toba.D

  • 2 bulan lalu

    Danau Toba Dipromosikan di Hungaria

    LONDON (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi, mempromosikan Danau Toba, danau yang terjadi akibat letusan gunung berapi terbesar di Asia, dalam Pameran pariwisata terbesar di Hungaria, U

  • 3 bulan lalu

    Danau Toba Mulai Berbenah

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah telah menetapkan target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke kawasan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara, pada 2019 sejumlah satu juta orang. Untuk mendukung ta

  • 3 bulan lalu

    Wisatawan Sambut Baik Pembenahan Objek Wisata Danau Toba

    SAMOSIR (EKSPOSnews): Program pemerintah pusat mengembangkan pariwisata ka wasan Danau Toba, Sumatera Utara, dengan memperbaiki infrastruktur di sejumlah daerah mendapat apresiasi dari wisatawan."Teri

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99