Rabu, 18 Jul 2018

Mengembangkan Wisata Halal di Sekitar Danau Toba

Oleh: marsot
Senin, 27 Nov 2017 06:02
BAGIKAN:
istimewa.
Danau Toba.
MEDAN (EKSPOSnews): Kementerian Pariwisata menekankan pentingnya wisata halal di kawasan Danau Toba untuk mendukung kenyamanan bagi wisatawan muslim yang berkunjung ke daerah itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Medan, mengatakan aspek kehalalan tersebut telah menjadi perhatian dalam kepariwisataan di Danau Toba.

Apalagi mayoritas wisatawan mamcanegara yang sering berkunjung ke Danau Toba berasal dari Malaysia yang umumnya beragama Islam.

"Jadi, sekitar 42 persen wisatawan ke Danau Toba itu dari Malaysia," katanya, Minggu 26 November 2017.

Menurut Arief Yahya, penekanan mengenai pentingnya wisata halal di Danau Toba tersebut sudah dilakukan dan disikap Pemkab Samosir.

Ketika berkunjung ke Samosir baru-baru ini, Bupati Samosir Rapidin Simbolon sudah menunjukkan adanya lokasi penjualan makanan halal yang berderet untuk dapat dinikmati wisatawan.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) juga telah menekankan fasilitas tersebut di Bandara Silangit yang lokasinya berdekatan dengan Danau Toba.

Belum lama ini, di sekitar Bandara Silangit yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara sudah dibangun musholla dalam ukuran besar.

"Sudah bagus, ada musholla, ada gereja, vihara, bagus sekali. Poinnya kita harus melayani wisatawan sebaik mungkin," katanya.

Meski mendorong penyesuaian dalam kebutuhan wisata halal, tetapi Kemenpar tidak mendorong secara langsung, seperti untuk membuat peraturan daerah.

"Jadi, tidak langsung, tidak usah secara khusus," kata Menpar.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Danau Toba Akan Punya Galangan Kapal

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Danau Toba akan segera memiliki galangan kapal.Dalam siaran pers di Jakarta, Luhut meninjau Dermaga Pors

  • 6 hari lalu

    Kejati Sumut Kembalikan Berkas Kasus Kapal Tenggelam

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mengembalikan berkas perkara empat tersangka kasus tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Tiga Ras, Kabupaten Simalungun kepada penyid

  • satu minggu lalu

    Idealnya Keramba Jala Apung di Danau Toba Hanya 543 Unit

    JAKARTA (EKSPOSnews): Peneliti-peneliti Pusat Penelitian (Puslit) Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebut idealnya hanya boleh ada 543 unit keramba jaring apung (KJA) di Danau Tob

  • 2 minggu lalu

    Memetakan Kawasan Perairan Danau Toba

    MEDAN (EKSPOSnews): Wacana dilakukannya pemetaan kawasan perairan Danau Toba di wilayah Provinsi Sumatera Utara, untuk kebaikan dunia pelayaran agar tidak terjadi lagi musibah kapal tenggelam.Seperti

  • 2 minggu lalu

    Mengundang Saksi Ahli untuk Kasus Kapal Tenggelam di Danau Toba

    MEDAN (EKSPOSnews): Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara telah mengundang saksi ahli dari perguruan tinggi negeri, mengenai kapal tenggelam KM Sinar Bangun, di perairan Danau Toba, Ti

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99