Kamis, 27 Feb 2020

Mengembangkan Wisata Bahari di Kulon Progo

Jumat, 22 Jul 2016 11:14
BAGIKAN:
ist
Wisata Hiu.
KULON PROGO (EKSPOSnews): Kelompok Sadar Wisata Manunggal Tanjung Adikarto Karangwuni, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan Pelabuhan Tanjung Adikarto sebagai wisata bahari dan wisata kuliner.

Wakil Ketua Pokdarwis Manunggal Tanjung Adikarto Tri Sukarno  mengharapkan pihaknya dapat mengoptimalkan bangunan yang ada di dalam dan di luar pelabuhan sehingga Pelabuhan Tangjung Adikarto yang belum beroperasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Kami mengharapkan sampai pelabuhan beroperasi untuk kegiatan wisata bahari dan wisata kuliner sehingga dapat memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Kami juga siap melaksanakan aturan yang ditentukan pemerintah," kata Tri Sukarno, Jumat 22 Juli 2016.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY untuk mengurus izin pemanfaatan kawasan pelabuhan untuk kegiatan pariwisata masyarakat.

"Kami sudah berkoordinasi dengan DKP DIY. Izin secara legal formal memang belum ada. Meski demikian, izin secara lisan dan ketentuan lainnya sudah diizinkan," katanya.

Selain itu, kata dia, Pokdarwis Manunggal Tanjung Adikarto sudah melakukan penghijauan di kawasan pemecah ombak sebelah timur. Selain itu, menyediakan lima unit perahu wisata di kolam pelabuhan dan tempat parkir.

"Rencananya, dalam waktu dekat, kami juga akan menyelenggarakan lomba mancing di laut," katanya.

Ketua Komisi II DPRD Kulon Progo Muhtarom Asrori memberikan apresiasi kepada masyarakat yang secara aktif memanfaatkan kawasan pelabuhan untuk kegiatan pariwisata dan kuliner.

Ia berharap kegiatan tersebut mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kami akan mendorong pemerintah memberikan izin pemanfaatkan pelabuhan," katanya.

Hal yang sama diungkapkan anggota Komisi II DPRD Kulon Progo Purwanti mengatakan bahwa ide masyarakat yang tergabung Pokdarwis Manunggal Tanjung Adikarto sudah sangat bagus.

Ia berharap kegiatan itu mampu memperkenalkan keberadaan Pelabuhan Tanjung Adikarto kepada masyarakat luas.

"Ini sebagai ajang promosi bahwa di Kulon Progo ada pelabuhan dan dapat disatukan dengan program wisata," katanya.(ant)

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99