Kamis, 27 Feb 2020

Mengembangkan Wisata Agro di Tapanuli Utara

Senin, 19 Sep 2016 20:54
BAGIKAN:
ist
Buah Naga (ilustrasi).

JAKARTA (EKSPOSnews):Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara siap mengembangkan wisata agro di kawasan tersebut karena daerah tersebut memiliki potensi sejumlah kawasan komoditas pertanian yang beraneka ragam.

Bupati Taput Nikson Nababan menyatakan sentra-sentra pertanian yang berpotensi dikembangkan sebagai kawasan wisata agro antara lain budidaya lebah dan pemerahan sapi, perkebunan jeruk, perkebunan salak, dan perkebunan nenas.

"Kami membuat daerah-daerah pertanian untuk kawasan wisata agro seperti Malang (Jawa Timur) yang berhasil dengan agrowisata apelnya. Kami memiliki berbagai ragam komoditas khas yang bisa dibuat klaster," katanya ketika menerima Presstour Wartawan Pariwisata di Tapanuli Utara, Senin 19 September 2016.

Nikson mengakui, pengembangan kawasan wisata agro di wilayahnya memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk merealisasikan, apalagi infrastruktur seperti jalan belum memadai sehingga hal itu menjadi salah satu kendala untuk menarik wisatawan.

Menurut dia, saat ini jalan-jalan di Taput 48 persen mengalami kerusakan sehingga membutuhkan angaran yang cukup besar untuk memperbaikinya, yang mana pada tahun 2016 diperkiraakan sekitar Rp80 miliar. Dan diharapkan pada tahun 2019 semua pembangunan jalan sudah tuntas.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya saat ini masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur terutama jalan-jalan di kabupaten tersebut sehingga nantinya diharapkan mampu mendukung pengembangan agrowisata.

"Daerah-daerah pertanian dalam lima tahun ke depan diharapkan bisa untuk wisata selain tentu saja sebagai lumbung pangan," katanya.

Sentra pertanian Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Kabupaten Taput, Josua Pardomuan Sihombing memaparkan sejumlah sentra pertanian di wilayah tersebut yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata agro antara lain Desa Hutanamora dengan budidaya lebah dan pemerahan sapi, perkebunan jeruk di Desa Sisordak Kecamatan Parmonangan, Desa Hutanamora Kecamatan Siatas Barita.

Kemudian Aek Nambilung berupa sebuah lembah area persawahah yang tertata alami dan apik lengkap dengan aliran sungai yang jernih, berlokasi di Desa Hutabarat, Kecamatan Pahae Julu sekitar 45 menit dari Kota Tarutung.

Perkebunan salak yang lokasinya 15 menit dari Kota Tarutung, serta perkebunan nenas sipahutar di Desa Gurgur Kecamatan Sipahutar sekitar 44 menit dari Kota Tarutung.

"Kami juga memiliki komoditas mangga yang khas, bentuknya bulat-bulat kecil namun rasanya manis, hanya ada di Tapanuli Utara, " ujarnya.(ant)


  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    16 Pelaku Rusuh di Tapanuli Utara Diamankan Polisi

    TARUTUNG (EKSPOSnews): Polres Tapanuli Utara mengamankan 16 terduga pelaku demo rusuh yang mengakibatkan kerusakan kantor panitia pengawas dan menyebabkan dua anggota kepolisian mengalami luka saat ak

  • 2 tahun lalu

    Massa Intimidasi Ketua Panwaslu Tapanuli Utara

    TARUTUNG (EKSPOSnews): Ketua Panitia Pengawas Pemilu Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sardion Situmeang mengaku diintimidasi oleh massa yang berdemonstrasi ke KPU setempat atas hasil pilkada di daerah

  • 2 tahun lalu

    Jembatan Menghubungan 2 Desa di Tapanuli Utara Ambruk

    TARUTUNG (EKSPOSnews): Jembatan yang menghubungkan dua desa, yakni Desa Siarangarang menuju Desa Pea Tolong, Tapanuli Utara yang terletak di bagian hulu Sungai Aek Situmandi, ambrol.Hingga Selasa (22/

  • 2 tahun lalu

    BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut Bantu Petani Tapanuli Utara

    MEDAN (EKSPOSnews): BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Utara memberikan bantuan enam unit traktor tangan untuk kelompok tani di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara."Bantuan itu dari Dana Tanggu

  • 3 tahun lalu

    Bus ALS Tabrak Polisi di Tapanuli Utara

    MEDAN (EKSPOSnews): Personel Polres Tapanuli Utara Brigadir David Marpaung tewas tertubruk bus saat sedang bertugas mengatur lalu lintas.Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting di Medan,

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99