Kamis, 27 Feb 2020

Mengembangkan Pariwisata di Sumut

Sabtu, 20 Agu 2016 16:06
BAGIKAN:
istimewa
Pengembangan objek wisara Sumut dengan ikon Danau Toba.

PARAPAT (EKSPOSnews): Kementerian Pariwisata mempercepat mengembangkan berbagai destinasi wisata di Sumatera Utara dengan ikon Danau Toba sehingga akan makin banyak wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung ke provinsi itu.

"Provinsi Sumatera Utara memiliki banyak objek wisata yang menarik dan perlu dikembangkan, apalagi sudah terbentuk Peraturan Presiden Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba awal Juni lalu," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada pers di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu 20 Agustus 2016.

Hal tersebut disampaikan terkait penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) tanggal 20-21 Agustus 2016 yang akan dibuka dan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Menteri Arief mengatakan, badan itu bertugas mempercepat proses pembangunan Danau Toba yang masuk dalam 10 destinasi prioritas nasional.

Dia mengatakan dengan adanya badan otoritas tersebut ditambah dengan makin banyaknya rute penerbangan langsung menuju Bandar Udara Internasional Kuala Namu, serta Bandar Udara Silangit dan Bandar Udara Sibisa maka jumlah wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke kawasan itu akan bertambah.

Selain memiliki bandara itu, katanya, sejumlah akses jalan tol juga akan dibangun dalam upaya mempermudah wisatawan berkunjung ke Danau Toba, yaitu membangun jalur tol dari Kuala Namu ke Tebing Tinggi, menuju Siantar, dan Parapat.

Terkait kegiatan KKPDT, Menpar Arief mengatakanmerupakan keinginan Presiden Joko Widodo bahwa perayaan Kemerdekaan RI tidak hanya terpusat di Jakarta saja. Tahun lalu kegiatan serupa diadakan di Pontianak, Kalimantan Barat.

KKPDT, menurut menteri, merupakan wujud komitmen Presiden untuk memperluas rangkaian perayaan Kemerdekaan, agar atmosfer 17 Agustus juga terasa hingga luar Pulau Jawa.

Ketua Panitia KKPDT Premita Fifi mengatakan, karnaval dimulai di panggung apung di Parapat dan akan berakhir dengan karnaval dan panggung rakyat di Balige.

Panggung apung yang berisi pertunjukan seni diadakan di Pantai Bebas Toba Parapat dan yang akan diisi musisi Slank berkolaborasi dengan Edo Kodologit, Dewa Budjana dan Tohpati, juga Oppie Andaresta, JFlow, dan Sammy Simorangkir.

"Konsep panggung terapung di atas Danau Toba merupakan yang pertama digelar di Toba. Belum pernah ada kegiatan serupa di Toba," katanya.(ant)


  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    MK Batalkan SK KPU Sumut untuk DPRD Provinsi Dapil 9

    JAKARTA (EKSPOSnews): Majelis Mahkamah Konstitusi melalui putusannya membatalkan Surat Keputusan KPU terkait rekapitulasi hasil penghitungan suara untuk daerah pemilihan Sumut 9 DPRD Provinsi Sumatera

  • 9 bulan lalu

    3 Anggota DPRD Sumut Divonis 4 Tahun Penjara

    JAKARTA (eKSPOSnews): Tiga orang anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014 divonis 4 tahun penjara karena terbukti menerima suap dari mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.Ketiga terdakwa terse

  • 9 bulan lalu

    Ketua GNPF MUI Sumut Akan Diperika Polda Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Heriansyah akan diperiksa di Mapolda Sumatera Utara, pascaaksi di depan Gedung DPRD setempat.Heriansyah kep

  • 10 bulan lalu

    Sumut Barometer Stabilitas Nasional

    MEDAN (EKSPOSnews): Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara merupakan stabilitas Indonesia bagian barat."Sehubungan dengan itu, prajurit TNI-Polri harus

  • 10 bulan lalu

    Ketua Bawaslu Sumut temui Pendemo

    MEDAN (EKSPOSnews): Aspirasi ribuan pendukung Capres-Cawapres Prabowo-Sandi di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R. Rasaha dengan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99