Kamis, 22 Agu 2019

Mendorong Rendang Masuk Pasar Global

Oleh: alex
Sabtu, 10 Mar 2018 12:53
BAGIKAN:
istimewa.
Rendang.
PADANG (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mendorong agar kuliner khas daerah itu, rendang bisa masuk pasar internasional agar bisa menjadi salah satu sarana promosi daerah.

"Dulu kendalanya rendang hanya bisa tahan satu bulan. Setelah itu dikhawatirkan berobah rasa. sekarang dengan teknologi sudah ada solusinya, jadi harusnya rendang bisa segera go internasional," katanya dihubungi dari Padang, Sabtu 10 Maret 2018.

Daya tahan rendang telah menjadi salah satu keunggulan kuliner Minang itu. Tanpa pengolahan khusus, rendang bisa bertahan hingga satu bulan.

Karena itu masyarakat Minang yang suka merantau selalu membawa kuliner tersebut, bahkan bisa menjadi salah satu menu andalan pada rumah makan Minang yang ada hampir di seluruh provinsi di Indonesia.

Namun untuk skala industri dan diekspor ke luar negeri, daya tahan selama satu bulan itu dinilai masih kurang, karena itu dicari solusi dengan teknologi.

Ia memerintahkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk segera merealisasikan keinginan rendang go internasional.

Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Djarot Sulistio Wisnubroto menyebutkan kendala rendang untuk ekspor tidak hanya ketahanan, tetapi juga beberapa persyaratan negara tujuan seperti setiap produk makanan dan hasil pangan harus bersih dari mikroba, serta memiliki keterangan mengenai tingkat keawetan. Salah satu solusi adalah iradiasi sinar gamma yang juga telah dimanfaatkan diberbagai negara.

Proses yang dilakukan dengan teknologi itu tidak menggunakan bahan kimia sehingga tetap aman dikonsumsi sementara rasa tidak berubah dan steril dari mikroba.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 10 bulan lalu

    Meningkatkan Reputasi Minyak Sawit di Pasar Dunia

    "Ini bukan tentang kesehatan, bukan tentang lingkungan. Ini soal reputasi," kata Pietro Paganini, seorang peneliti dari John Cabot University, Roma, Italia.Hal itu dikemukakannya pada saat menjadi pem

  • 12 bulan lalu

    Mempersiapkan Rendang untuk Pasar Internasional

    PAYAKUMBUH (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mempersiapkan rendang untuk menembus pasar internasional, salah satunya dengan melakukan sertifikasi halal."Secara umum saat ini lab

  • 12 bulan lalu

    Rendang 1 Ton untuk Korban Gempa Lombok

    BUKITTINGGI (EKSPOSnews): PMI Kota Bukittinggi bersama warga Jorong Galuang, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, memasak satu ton rendang untuk dikirim ka korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat

  • tahun lalu

    Promosi Rendang Sampai ke Moskow

    MOSKOW (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama dengan pengusaha Minang yang tergabung dalam UKM mempromosikan makanan Rendang ke Rusia dalam acara Festival Indonesia yang diadakan

  • 2 tahun lalu

    Mendorong Ekspor Rendang

    PADANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumbar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) terus berupaya meningkatkan produk rendang melalui pelatihan dan pembinaan kepada pelaku usaha

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99