Rabu, 19 Des 2018

Memperkaya Wisata Toba

Oleh: Jallus
Minggu, 02 Sep 2018 07:06
BAGIKAN:
istimewa.
Danau Toba.
HUTAGINJANG (EKSPOSnews): BPJS Ketenagakerjaan membangun gazebo rumah adat Batak Toba sebagai tempat istirahat dan lokasi foto di Bukit Hutaginjang berlatar Danau Toba untuk memperkaya objek wisata itu.

"BPJS Ketenagakerjaan turut mendorong peningkatan perekonomian wisata yang akhir-akhir ini semakin semarak di berbagai tempat di seluruh Indonesia," kata Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto di Hutaginjang, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu 1 September 2018.

Hadir juga dalam acara penggunaan gazebo tersebut, Anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Rekson Silaban, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, dan undangan lainnya.

Kawasan Hutaginjang akan dicanangkan sebagai destinasi wisata oleh Dinas Pariwisata Tapanuli Utara dengan objek unggulan Kawasan Wisata Geopark berupa Gantole Hutaginjang dan Penatapan Hutaginjang. Dari desa itu, Danau Toba terlihat indah dengan air biru gelap di bawah langit biru bercorak awan dan dikelilingi bukit hijau.

BPJS Ketenagakerjaan melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan mendorong pariwisata Hutaginjang berupa pembuatan gazebo rumah adat Batak Toba sebagai tempat istirahat para wisatawan.

"Ke depannya dengan maraknya ekonomi pariwisata dan generasi milineal juga mendahulukan berwisata dari tabungannya, maka prospek ekonomi wisata akan 'booming' dan pekerja di sektor ini akan meningkat, begitu juga dengan perlunya jaminan sosial bagi mereka," kata Agus.

Sihilong, pemilik tanah tempat berdirinya gazebo itu, bersenang hati tanah digunakan untuk sarana itu.

Ia berharap, dibangun juga manusia Hutaginjang.

Rekson Silaban, Anggota Dewas BPJS Ketenagakerjaan, menyambut baik permintaan itu.

Masyarakat setempat, kata dia, perlu bimbingan untuk menggerakkan perekonomian rakyat sebagai antipasi meningkatnya kunjungan turis ke Hutaginjang.

"Juallah kopi kita dalam dua versi, untuk pendudukan setempat dan untuk turis yang 'memuja' kopi berkualitas. Kita punya kopi itu," kata Rekson yang juga putera daerah setempat.

Bupati Nikson meminta jajarannya untuk mengalokasi anggaran untuk pelatihan bagi masyarakat Hutaginjang, termasuk kemampuan berbahasa Inggris kepada sejumlah pemuda yang akan berperan sebagai pemandu wisata.

Jumlah wisatawan, setelah operasional Bandara Silangit bertaraf internasional, kata Bupati, terus meningkat, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Masyarakat Toba dan sekitarnya harus menyambutnya," kata Nikson.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Banyak Masalah Mengembankan Wisata Danau Toba

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pengembangan pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara, dinilai tidak mudah karena begitu banyak hambatan menantang termasuk dari sisi keterlibatan masyarakat.Direktur Pemasaran Pari

  • 5 bulan lalu

    KPK Minta Kalapas Jangan Fasilitasi Para Koruptor

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan agar seluruh kepala lembaga pemasyarakatan (kalapas) di bawah Kementerian Hukum dan HAM tidak menerima suap untuk memberikan fasil

  • 5 bulan lalu

    Kalapas Sukamiskin Berikan Fasilitas Mewah kepada Terpidana Korupsi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi menyampaikan alasan artis Inneke Koesherawati turut diamankan dalam operasi tangkap tangan terkait kasus suap pemberian fasilitas di Lapas Sukamisin

  • 6 bulan lalu

    Pelindo Diminta Benahi Fasilitas Pelabuhan Sri Bintan Pura

    TANJUNGPINANG (EKSPOSnews): Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Reni minta PT Pelindo Tanjungpinang segera membenahi fasilitas Pelabuhan Sri Bintan Pura.Pernyataan itu disampaikan Reni, di Ta

  • 9 bulan lalu

    Tata Fasilitas Umum di Palembang

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta pada pemerintah kota Palembang untuk membenahi fasilitas umum yang ada di daerah ini.Fasilitas umum cukup penting diperbaiki karena

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99