Senin, 24 Feb 2020

Membentuk Desa Wisata di Samosir

Senin, 12 Sep 2016 08:11
BAGIKAN:
ist
Danau Toba.

MEDAN (EKSPOSnews): Tujuh pemerintah kabupaten di sekitar Danau Toba perlu memfasilitasi pembentukan "Desa Wisata" untuk mendukung potensi wisata nasional itu.

Ketua Komisi B DPRD Sumut Sopar Siburian mengatakan peranan masyarakat sangat penting dalam mendukung program pengembangan sektor kepariwisataan di Danau Toba.

Salah satu kebijakan yang perlu diambil adalah pembentukan Desa Wisata untuk melibatkan peranan masyarakat.

Melalui program tersebut, masyarakat bisa diajak untuk membuat "homestay" atau rumah tinggal sementara bagi wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

Di Desa Wisata tersebut, pemkab perlu memfasilitasi dan mendorong masyarakat untuk menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan wisatawan dalam berkunjung.

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah penyediaan makanan yang halal sehingga bisa dikonsumsi semua lapisan masyarakat.

Dengan keberadaan Desa Wisata yang bersih dan didukung keramahtamahan dan ketersediaan makanan yang layak konsumsi, pengunjung diharapkan akan merasa nyaman.

"Kalau pengunjung sudah merasa nyaman, mereka akan datang lagi," katanya, Minggu 11 September 2016.

Dengan demikian, kata Sopar, penyelenggaraan Festival Danau Toba yang dilaksanakan setiap tahun hanya menjadi "pemancing" atau puncak kunjungan wisata.

"Jadi, dengan keberadaan Desa Wisata itu, masyarakat bisa datang tanpa adanya Festival Danau Toba," ujar politisi Partai Demokrat tersebut.

Pemberdayaan masyarakat dengan Desa Wisata juga dapat menjadi bagian dari upaya peningkatakan tingkat perekonomian masyarakat di sekitar Danau Toba.

Tanpa homestay dengan memanfaatkan rumah warga, pengunjung Danau Toba hanya mengandalkan hotel untuk menginap ketika berwisata ke kawasan strategis nasional itu.

"Kalau hotel-hotel yang dikedepankan, investor juga yang kaya," kata Sopar Siburian. (ant)


  Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    Aktivitas Penyeberangan Pelayaran Samosir Masih Normal

    SIMALUNGUN (EKSPOSnews): Aktivitas penyeberangan pelayaran Danau Toba dari Kabupaten Samosir ke Kabupaten Simalungun dan Toba Samosir, Sumatera Utara menjelang tiga hari Idulfitri 1440 Hijriah atau Le

  • 12 bulan lalu

    Kejati Sumut Tunggu Pelimpahan Perkara Kadis Perhubungan Samosir

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara masih menunggu pelimpahan perkara tersangka NS, Kepala Dinas Perhubungan Samosir dalam kasus tenggelam KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Tiga

  • tahun lalu

    Pelindo 1 Raih Penghargaan, Kembangkan Desa Wisata Tomok

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 meraih penghargaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara atas perhatian dan dukungannya dalam pengembangan

  • tahun lalu

    Longsor di Toba Samosir, 8 Orang Meninggal Dunia

    BALIGE (EKSPOSnews): Tim evakuasi menemukan sebanyak delapan orang warga meninggal dunia akibat bencana tanah longsor yang menimpa tiga unit rumah di Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupa

  • tahun lalu

    Mengembangkan Bawang Merah di Samosir

    MEDAN (EKSPOSnews): Bank Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dan dua kelompok tani mengembangkan ekonomi tanaman bawang merah di areal seluas 2,5 hektare di Sigapiton, Ajib

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99