Kamis, 27 Feb 2020

Masyarakat Sumbar Diminta Terbuka Terhadap Wisatawan

Senin, 25 Jul 2016 13:21
BAGIKAN:
ist
Wisatawan asing.
PADANG (EKSPOSnews):Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel (Asita) Provinsi Sumatera Barat, Ian Hanafiah mengatakan masyarakat yang berada di sekitar objek wisata harus terbuka terhadap wisatawan.

"Pada 2016 ini kemajuan pariwisata Sumbar cukup pesat, maka dari itu masyarakat harus terbuka dan bersinergi dengan pelaku wisata agar terus berkembang," kata dia di Padang, Senin 25 Juli 2016.

Masyarakat juga tidak bisa dibiarkan begitu saja, pemerintah harus mengedukasi warga sekitar tempat wisata agar manfaatnya dirasakan oleh penduduk setempat.

Menurutnya, masyarakat di sekitar tempat wisata tidak harus berpindah profesi menjadi penggiat wisata.

"Mereka hanya perlu edukasi, seperti ada yang profesinya sebagai petani, ketika wisata daerahnya mulai maju, maka ia bisa menjual buah atau hasil tani lainnya, tentu dengan pedidikan atau pelatihan yang diberikan oleh pemerintah terkait," ujarnya.

Contoh lainnya, ada yang mempunyai pekerjaan sebagai penjual makanan, maka ia dapat menjual makanan kepada wisatawan, atau yang biasanya sebagai nelayan, dapat menjadi pengantar wisata menggunakan perahu, namun harus sesuai standar.

Lebih lanjut dikatakannya, pengunjung yang datang ke tempat wisata di seluruh Sumbar jangan sampai dibuat kecewa, seperti banyaknya sampah yang berserakan, fasilitas tempat wisata yang tidak memadai dan beberapa masalah lainnya.

"Terkadang wisatawan melihat di media tempat yang akan dikunjunginya tersebut sangat indah dan bersih, namun ketika datang langsung dan tidak seperti yang dibayangkan, maka ia akan kecewa dan waktu berikutnya tentu akan berfikir dua kali untuk datang lagi," jelasnya.

Sementara itu, seorang pengunjung wisata Pantai Padang, Yulia Gustina (23) mengatakan saat ini tempat wisata di beberapa daerah seperti Kota Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, dan Pesisir Selatan sudah sangat banyak perubahan.

"Hal tersebut dapat dilihat dari ramainya pengunjung, dan beberapa tempat yang dulunya kotor dan tidak terurus sekarang sudah lebih baik," kata dia. (ant)

  Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    Wisatawan ke Sumbar Meningkat

    PADANG (EKSPOSnews): Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengkoreksi jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu pada libur Lebaran 2019 yang awalnya dikhawatirkan tidak capai target, ternyata jauh

  • 9 bulan lalu

    Ratusan Wisatawan Diserang Ubur-Ubur

    BANTUL (EKSPOSnews): Tim Pencarian dan Pertolongan atau SAR wilayah Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat 106 wisatawan tersengat ubur-ubur selama libur Idul Fitr

  • 9 bulan lalu

    Wisatawan Akan Serbu Padang

    PADANG (EKSPOSnews): Sebanyak satu juta wisatawan nusantara dan mancanegara diprediksi akan mengunjungi Provinsi Sumatera Barat saat libur Lebaran 2019, sehingga pemerintah dan pengelola destinasi wis

  • 11 bulan lalu

    Jonatan Christie Tersingkir di Singapura Terbuka

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie merasa kecewa dengan kekalahan yang dialami di perempat final Singapore Open 2019."Cukup disayangkan karena beberapa kali sudah ungg

  • 11 bulan lalu

    Romahurmuziy alias Rommy Mulai Terbuka

    JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengungkapkan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Rommy mulai bersikap terbuka

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99