Jumat, 23 Agu 2019

Manjakan Konsumen dengan Kuliner Solok

Oleh: alex
Sabtu, 08 Jun 2019 06:35
BAGIKAN:
istimewa.
Rendang.
SOLOK (EKSPOSnews): Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat menyatakan 10 kuliner khas daerah itu memanjakan selera para wisatawan yang mengisi masa liburan Lebaran 2019 di daerah setempat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok Yandra Prasat di Arosuka, mengatakan setidaknya ada 10 kuliner yang mesti dicicipi wisatawan yang berkunjung ke daerah itu selama mengisi libur Lebaran.

"10 kuliner tersebut di antaranya palai atau pepes bilih Singkarak di kawasan Danau Singkarak, gulai ayam hitam di Nagari Sulik Aie, pangek Sasau di arah Ombilin dan Nagari Paninggahan, Ampiang Dadiah atau jajanan susu kerbau yang difermentasi," katanya, Jumat 7 Juni 2019.

Selain itu,  kalio baluik tapak leman, galamai karucuik, samba lado masiek patai cino, panyiaram pisang, randang pangicuah, samba lado cangkuak karupuak jangek.

Ia mengatakan kalio baluik tapak leman merupakan gulai kental belut yang dicampur daun mangkuk atau tapak leman, sedangkan samba lado masiek patai cino adalah sambal yang digoreng kering dengan petai.

Selain itu, galamai atau gelamai karucuik khas Solok, panyiaram pisang, randang atau rendang pangicuah, dan samba atau sambal lado cangkuak dengan kerupuk kulit atau jangek yang ada hampir di semua daerah di Kabupaten Solok.

Kuliner tersebut, kata dia, disajikan di beberapa rumah makan di Solok, seperti palai bilih Singkarak dan pangek sasau yang disajikan di beberapa rumah makan arah Singkarak atau Ombilin sebagai menu makanan utama.

Jika sedang berwisata melewati Nagari Guguak dan Talang pada hari balai atau pasar, kata dia, wisatawan juga dapat mencoba katupek langkok yang isinya seperti ketupat dengan kuah gulai yang dicampur kuah kacang dan sate yang dalam satu piring.

Kabupaten Solok sebagai penghasil beras Solok juga menjual beras Solok terbaik sebagai oleh-oleh di sepanjang "heller" dan toko yang berada di Jalan Lintas Solok.

Ia menyebutkan beberapa rumah makan menyediakan menu khas Solok sebagai menu andalan yang wajib dicoba para pengunjung dan wisatawan yang datang ke daerah tersebut.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Membangun Kuliner Tradisional di Nunukan

    NUNUKAN (EKSPOSnews): Pasar kuliner tradisional yang dibangun menggunakan dana "Corporate Social Responsibility (CSR)" atau dana kepedulian sosial sektor swasta di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara

  • 2 bulan lalu

    Mie Aceh Menuju Kuliner Dunia

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bertekad menjadikan Mi Aceh sebagai kuliner kelas dunia karena cita rasanya sudah begitu terkenal, terutama di nusantara."Di nusantara, Mi

  • 2 bulan lalu

    Membangun Pusat Kuliner Makanan Laut di Medan Belawan

    MEDAN (EKSPOSnews): Dalam rangka mendukung program pembangunan yang telah dicanangkan Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin, untuk menjadikan Kota Medan menjadi kota metropolitan yang multikultural, ber

  • 4 bulan lalu

    Bupati Solok Selatan Jadi Tersangka Korupsi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan dan pemberian hadiah atau janji

  • 4 bulan lalu

    Banjir di Solok Selatan

    PADANG ARO (EKSPOSnews): Sebanyak 55 rumah warga di Kenagarian Sungai Sungkai, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat terendam banjir sedalam 40-50 centimeter akibat me

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99