Kamis, 17 Jan 2019

Kunjungan Wisman ke Sabang Turun

Oleh: alex
Selasa, 13 Feb 2018 13:01
BAGIKAN:
istimewa.
Sabang.
SABANG (EKSPOSnews): Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sabang, Provinsi Aceh selama Januari hingga Desember 2017 mengalami penurunan signifikan yakni 39,91 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sabang tahun 2016 tercatat 10.038 orang dan tahun 2017 hanya 6.031 orang," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang M. Ali Taufik di Sabang, Selasa 13 Februari 2018.

Taufik mengakui, data kunjungan wisatawan tersebut diperoleh dari Departemen Perhubungan Derektorat Jendera Perhubungan Laut Kantor Administrasi Pelabuhan Sabang.

"Hampir 100 persen wisatawan yang berkunjung ke Sabang masih menggunakan jasa transportasi laut, dan kami sangat berharap para pihak dapat meningkatkan pelayanan di pelabuhan agar para wisatawan nyaman berkunjung ke Sabang," katanya lagi.

Lebih lanjut ia menyampaikan, menurunnya kunjungan wisatawan asing maupun wisatawan domestik ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) diantaranya disebabkan oleh faktor cuaca yang kurang bersahabat.

"Penyebab menurunnya kunjungan wisatawan salah satunya cuaca, bahkan akibat cuaca buruk tahun lalu ada kapal cruise dari Singapura yang membatalkan sandar atau merapat di Pelabuhan Sabang," tutur Plt Kepala Disparbud Kota Sabang.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia tahun 2009 lalu telah menetapkan pulau terluar paling ujung barat Indonesia sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Bahkan untuk mendongkrat kunjungan wisatawan ke Sabang, Pemerintah Pusat bersama sejumlah kementerian, dan pemerintah daerah telah menyelenggarakan iven internasional yakni, "Sail Sabang" yang berlangsung sejak 28 November sampai 5 Desember 2017 mengangkat tema "Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia".

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Pemkot Sabang Dituding Enggan Bangun Gampong

    SABANG (EKSPOSnews): Presiden RI Joko widodo menghadiri acara sosialisasi prioritas  penggunaan Dana tahun 2019 di Provinsi Aceh, hal ini membuktikan Pembangunan Desa menjadi perhatian penuh dari

  • 2 bulan lalu

    Sabang Minta Gudang Pendingin Ikan

    SABANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kota (Pemko) Sabang, Provinsi Aceh meminta gudang pendingin ikan atau "cold storage" terintegrasi berkapasitas 100 ton yang dibangun Kementerian Kelautan dan Perikanan

  • 2 bulan lalu

    Kunjungan Wisman Dorong Ekonomi Sulut

    MANADO (EKSPOSnews): Kunjungan wisatawan mancanegara dan Nusantara menjadi salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hingga mencapai 5,66 persen pada triwula

  • 2 bulan lalu

    Wings Air Batal Mendarat di Sabang

    SABANG (EKSPOSnews): Pesawat Wings Air jenis ATR 72-500 nomor penerbangan IW1214 batal mendarat di Bandar Udara Internasional Maimun Saleh, Sabang, Provinsi Aceh, Minggu, karena tidak memperoleh izin

  • 3 bulan lalu

    Gudang Pendingin Ikan di Sabang Belum Difungsikan

    SABANG (EKSPOSnews): Gudang pendingin ikan atau "cold storage" berkapasitas 100 ton yang dibangun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Pantai Jaya, Gampong (desa) Ie Meulee, Kota Sabang, Provin

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99