Kamis, 09 Jul 2020

Kunjungan Wisman Dorong Ekonomi Sulut

Oleh: alex
Selasa, 06 Nov 2018 10:01
BAGIKAN:
istimewa.
Wisatawan mancanegara (wisman).
MANADO (EKSPOSnews): Kunjungan wisatawan mancanegara dan Nusantara menjadi salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hingga mencapai 5,66 persen pada triwulan III/2018.

"Tingginya pertumbuhan lapangan usaha jasa di Sulur didorong oleh peningkatan jumlah wisatawan baik mancanegara maupun nusantara terkait penyelenggaraan beberapa event internasional dan nasional yang sehingga memberikan dampak pada ekonomi," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Ateng Hartono di Manado, Selasa 6 November 2018.

Ateng mengatakan ekonomi Sulawesi Utara tumbuh 5,66 persen pada triwulan III/2018 dibanding triwulan III/2017 (y-on-y).Pertumbuhan didukung oleh hampir semua lapangan usaha kecuali lapangan usaha jasa keuangan dan asuransi yang mengalami penurunan sebesar 0,57 persen.Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh jasa lain sebesar 11,96 persen, diikuti jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 11,21 persen, dan konstruksi sebesar 10,49 persen.

Dia menjelaskan perekonomian Sulawesi Utara berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan III mencapai Rp30,53 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp21,48 triliun.

Struktur PDRB Sulawesi Utara menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku pada triwulan III/2018 tidak menunjukkan perubahan yang berarti.

Pertanian, kehutanan, dan perikanan; konstruksi; perdagangan besar-eceran, reparasi mobil-sepeda motor; dan transportasi-pergudangan masih mendominasi PDRB Sulawesi Utara dengan distribusi masing-masing sebesar 21,03 persen; 12,22 persen; 11,95 persen; dan 11,07 persen.

Bila dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara triwulan III/2018 (y-on-y), konstruksi memiliki sumber pertumbuhan tertinggi yaitu sebesar 1,40 persen, diikuti transportasi dan pergudangan sebesar 0,68 persen; perdagangan besar-eceran, reparasi mobil-sepeda motor sebesar 0,66 persen; dan jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 0,43 persen.

Ekonomi Sulawesi Utara tumbuh sebesar 5,19 triwulan III/2018 tumbuh(q-to-q). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Lapangan Usaha konstruksi yaitu sebesar 11,94 persen.Sementara itu dari sisi pengeluaran,pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran pembentukan modal tetap bruto yang tumbuh sebesar 13,52 persen.

Kemudian, katanya, ekonomi Sulawesi Utara secara kumulatif hingga triwulan III/2018 (c-to-c) tumbuh 6,01 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh seluruh lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi dicapai Lapangan Usaha Jasa Lainnya yang tumbuh 13,37 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi c-to-c adalah Komponen Pengeluaran LNPRT yang tumbuh sebesar 9,06 persen.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Kunjungan Wisman ke Batam Berjalan Normal

    BATAM (EKSPOSnews): Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies) menyatakan kunjungan wisatawan mancanegara ke Kota Batam Kepulauan Riau berjalan norm

  • 2 tahun lalu

    Kunjungan Wisman ke Sumsel Meningkat

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan menyatakan tren kunjungan wisatawan asing ke provinsi setempat mengalami peningkatan meskipun belum sesuai de

  • 2 tahun lalu

    Kunjungan Wisman ke Sabang Turun

    SABANG (EKSPOSnews): Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sabang, Provinsi Aceh selama Januari hingga Desember 2017 mengalami penurunan signifikan yakni 39,91 persen dibandingkan tahun sebelumnya

  • 3 tahun lalu

    Kunjungan Wisman ke Sumbar Melonjak

    PADANG (EKSPOSnews): Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) mencatat kunjungan wisatawan asing ke provinsi itu pada Oktober 2017 mencapai 4.826 orang atau meningkat 11,02 persen dibanding

  • 3 tahun lalu

    Mendorong Kunjungan Wisman ke Sulut

    MANADO (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus mendorong kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke daerah tersebut, karena diyakini mampu meningkatkan perekonomian daerah."Kam

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99