Rabu, 27 Mei 2020

Kapal Pesiar Bakal Ramai ke Pelindo III

Oleh: marsot
Senin, 25 Feb 2019 14:49
BAGIKAN:
istimewa.
Kapal pesiar.
JAKARTA (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III siap menyambut rencana kedatangan 153 kapal pesiar sepanjang 2019 di sejumlah pelabuhan yang dikelola oleh perseroan.

"Jumlah tersebut adalah rencana yang sudah tercatat di Pelindo III sepanjang tahun 2019. Namun jumlah tersebut masih dapat berubah, bisa saja bertambah maupun berkurang," kata Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto di Jakarta, Senin 25 Februari 2019.

Putut menyebutkan Pelabuhan Benoa, Bali masih menjadi tujuan utama dari kedatangan kapal pesiar dengan 75 kedatangan. Selanjutnya 17 kedatangan di Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat; 16 kedatangan di Pelabuhan Tanjung Emas, Jawa Tengah.

Selanjutnya, Pelabuhan Tanjung Perak, Jawa Timur ada 16 kedatangan; Pelabuhan Celukan Bawang, Bali, sebanyak 6 kedatangan; Pelabuhan Kalabahi, Nusa Tenggara Barat 3 kedatangan; dan Pelabuhan Banyuwangi 1 kedatangan.

Pelabuhan Badas direncanakan ada 3 kedatangan; Pelabuhan Maumere dan Pelabuhan Kupang masing-masing 1 kedatangan; Pelabuhan Ende 2 kedatangan; dan Pelabuhan Probolinggo ada 12 rencana kedatangan.

Putut mengatakan isu keamanan menjadi hal utama yang menjadi perhatian para operator kapal pesiar. Contohnya, tahun 2018 ada 149 rencana kedatangan kapal pesiar di pelabuhan Pelindo III, namun hanya terealisasi 138 kedatangan kapal pesiar. Ledakan bom di Surabaya dan Sidoarjo serta bencana alam di Nusa Tenggara Barat menjadi faktor yang memengaruhi berkurangnya jumlah kedatangan kapal pesiar di Pelindo III tahun 2018.

"Setiap tahun jumlah kedatangan kapal pesiar terus meningkat, tahun 2017 kami mencatat realisasi 125 kedatangan kapal pesiar dan di tahun 2018 kemarin sebanyak 138 kedatangan. Kami optimistis jumlah kedatangan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang," katanya.

Pelindo III pun berencana mengundang para operator kapal pesiar untuk menginformasikan fasilitas-fasilitas penunjang kapal pesiar yang tengah disiapkan di antaranya adalah pengembangan Pelabuhan Benoa, Bali dan Terminal Gilimas di Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat.

Di Pelabuhan Benoa, Bali misalnya, Pelindo III memperdalam alur pelayaran dari sebelumnya minus 11 meter LWS (low water spring/rata-rata muka air laut) menjadi minus 13 meter LWS. Kolam pelabuhan di dermaga timur diperdalam dari minus 9 meter LWS menjadi minus 12 meter LWS. Selain itu juga dilakukan peningkatan kapasitas dan perbaikan terminal penumpang.

"Jika selama ini di Pelabuhan Benoa kapal-kapal pesiar ukuran besar di atas 250 meter hanya dapat berlabuh di luar pelabuhan, dengan adanya revitalisasi yang kami lakukan kapal-kapal tersebut dapat bersandar di dermaga. Hal ini tentunya akan menambah minat kedatangan kapal pesiar karena dari sisi keamanan dan kenyamanan mereka terjamin," kata Putut.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Faruq Hidayat mengatakan serangkaian peningkatan fasilitas pelabuhan khususnya terkait dengan kapal pesiar adalah upaya Pelindo III dalam mendukung pencapaian target wisatawan mancanegara tahun 2019. Dari target 20 juta wisatawan mancanegara, 3 juta di antaranya diharapkan mampu disokong oleh BUMN. Untuk mencapai target tersebut, Kementerian BUMN membentuk tim sinergi BUMN Pariwisata di mana Pelindo III menjadi salah satu anggotanya.

"Sedikitnya ada 88.778 wisatawan mancanegara penumpang kapal pesiar yang turun di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III di tahun 2017 dan 125.218 wisatawan di tahun 2018," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Kapal Pesiar MV Silver Discoverer Kembali Sandar di Belawan

    BELAWAN (EKSPOSnews): Kapal Pesiar MV Silver Discoverer kembali sandar di Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan pada hari Kamis 20 September 2018, pukul 18.00 WIB. Sebelumnya kapal pesiar

  • 2 tahun lalu

    Doso Agung Diangkat Jadi Dirut Pelindo III

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengangkat Doso Agung sebagai Direktur Utama PT Pelindo III (Persero) menggantikan I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra.Peruba

  • 2 tahun lalu

    Pelindo III Salurkan Dana Kemitraan

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) atau "Corporate Social Responsibility" (CSR) senilai Rp2 miliar."Bantuan CSR R

  • 2 tahun lalu

    Kapal Pesiar Singgah di Kuala Tanjung

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menerima kunjungan perdana kapal pesiar MV Superstar Libra di Pelabuhan Kuala Tanjung, Batubara, Sumatera Utara. Kapal pesiar ini

  • 2 tahun lalu

    Kapal Pesiar Equanimity Ditahan di Selat Bali

    DENPASAR (EKSPOSnews): Kapolda Bali Irjen (Pol) Petrus R. Golose menegaskan bahwa pihaknya membantu Bareskrim Mabes Polri dan Biro Investigasi Federal (FBI) dalam proses pengamanan kapal pesiar "Equan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99