Selasa, 14 Jul 2020

KM Ihan Batak Layari Danau Toba

Oleh: Jallus
Senin, 03 Sep 2018 05:21
BAGIKAN:
istimewa.
Danau Toba.
TOBA SAMOSIR (EKSPOSnews): Kementerian Perhubungan meluncurkan operasional Kapal Motor Penyeberangan Ihan Batak untuk melayani transportasi di perairan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara.

Peluncuran Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ihan Batak itu dilakukan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi di Pantai Pasir Putih Desa Parparean II, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir, Sabtu 1 September 2018.

KMP Ihan Batak tersebut merupakan jenis Ro-Ro dengan kapasitas 300 Gross Tonage (GT) yang dikerjakan di Cirebon dan kemudian dilanjutkan pengerjaannya setelah diangkut lewat jalur darat ke Porsea.

Pengerjaan KMP Ihan Batak telah mencapai sekitar 90 persen dan diperkirakan sudah dapat diselesaikan pada Oktober 2018 dan dioperasikan pada Desember untuk melayani penumpang dalam angkutan Natal dan Tahun Baru.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, KMP Ihan Batak tersebut merupakan kapal pertama yang dibangun di kawasan Danau Toba.

Kapal tersebut diberikan nama KMP Ihan Batak berdasarkan usulan dari Bupati Toba Samosir Darwin Siagian dan tokoh masyarakat setempat.

"Akan ada pembangunan kapal 2 lagi dalam waktu dekat. Namun kapal kedua akan diperkecil karena ukuran dan biaya operasional lebih besar kalau kapalnya sebesar ini," katanya.

Setelah KMP Ihan Batak dioperasikan nantinya, Kemenhub mengharapkan agar masyarakat dan pemerintah daerah dapat memperbaiki dan memperhatikan aspek keselamatan yang sangat penting dalam transportasi.

"Kejadian kemarin (KM Sinar Bangun yang tenggelam) adalah momentum bagi kita semua. Maka keselamatan pelayaran harus dilakukan dengan mengubah budayanya," ujar Budi.

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian menyampaikan apresiasinya atas peluncuran kapal yang akan melayani rute dari Pelabuhan Ajibata di Toba Samosir menuju Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Menyediakan Posko Siaga di Kawasan Danau Toba

    MEDAN (EKSPOSnews): Sedikitnya empat posko siaga Lebaran 2019 didirikan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, oleh pihak terkait yang masing-masing berada di Ajibata, Ambarita, Tigaras dan Simanindo.

  • tahun lalu

    Penerbangan Promosikan Danau Toba

    PARAPAT (EKSPOSnews): Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi terobosan maskapai penerbangan AirAsia yang memberikan tarif promosi penerbangan reguler dari Kuala Lumpur International Airport (KLI

  • 2 tahun lalu

    Mengembangkan Agropolitan Kawasan Danau Toba

    MEDAN (EKSPOSnews): Anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba meminta pemerintah pusat membantu rencana pengembangan agropolitan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau KSPN Danau Toba."Agrop

  • 2 tahun lalu

    Banyak Masalah Mengembankan Wisata Danau Toba

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pengembangan pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara, dinilai tidak mudah karena begitu banyak hambatan menantang termasuk dari sisi keterlibatan masyarakat.Direktur Pemasaran Pari

  • 2 tahun lalu

    Memperkaya Wisata Toba

    HUTAGINJANG (EKSPOSnews): BPJS Ketenagakerjaan membangun gazebo rumah adat Batak Toba sebagai tempat istirahat dan lokasi foto di Bukit Hutaginjang berlatar Danau Toba untuk memperkaya objek wisata it

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99