Rabu, 27 Mei 2020

Inka Kembangkan Program Wisata

Oleh: alex
Sabtu, 03 Nov 2018 04:03
BAGIKAN:
istimewa.
Inka Madiun.
MADIUN (EKSPOSnews): PT Industri Kereta Api (Persero) di Kota Madiun, Jawa Timur mulai mengembangkan program wisata edukasi terkait perkereta-apian di perusahaannya untuk menjadi tempat tujuan wisata yang menarik sekaligus mendidik.

"Kami mulai ada program PT Inka menjadi tujuan wisata. Jadi dari kota-kota lain, akademisi, dan lainnya silakan datang ke PT Inka," ujar Direktur Produksi PT Inka (Persero) Bayu Waskito Sudadi saat menjadi narasumber kegiatan Seminar Investasi Manufaktur dan Pariwisata yang digagas oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri di Madiun, Jumat 2 Oktober 2018.

Menurut dia, melalui program edukasi wisata tersebut, pengunjung yang datang ke PT Inka dapat mengetahui sejarah tentang kereta api dan proses produksi kereta api secara umum.

"Ini baru dan tentu akan sangat menarik," ungkapnya dalam seminar yang bertema "Upaya Mendorong Pertumbuhan Investasi Manufaktur dan Pariwisata di eks-Keresidenan Madiun-Kediri Pasca-Pembangunan Tol Trans Jawa dan Double Track Railway".

Bayu menjelaskan, sebagai industri manufaktur, Inka sangat diuntungkan dengan adanya pembangunan Tol Trans Jawa dan Double Track Railway yang melintasi wilayah Madiun, sebab hal itu akan memudahkan PT INKA.

"Di antaranya dalam hal pengiriman produk ke pemesan. Contohnya ketika mengirim kereta pesanan Bangladesh tahap pertama. Saat itu tol belum jadi, dan kami sangat kesulitan untuk membawa kereta pesanan dari INKA di Madiun menuju ke pelabuhan," terangnya.

Ia menyatakan, biaya pengiriman kereta-kereta pesanan Bangladesh saat itu mencapai Rp38 miliar. Dari jumlah tersebut, sebagian besar diperuntukkan untuk trasportasi dari Madiun menuju ke pelabuhan yang belum ada tol.

"Diharapkan dengan pembangunan dan beroperasinya tol dari Madiun menuju pelabuhan, akan semakin memudahkan kinerja Inka ke depannya. Terlebih Inka saat ini fokus pada pasar ekspor," katanya.

Semetara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Djoko Raharto mengatakan, Seminar Investasi Manufaktur dan Pariwisata tersebut bertujuan untuk mendorong investasi dan industri di wilayah Mataraman pasca-pembangunan tol Trans Jawa dan jalur ganda kereta api.

Narasumber yang dilibatkan dalam seminar tersebut, di antaranya Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jatim, Direkur PT SIER, Wali Kota Madiun, Bupati Madiun. Seminar diikuti oleh kepala daerah atau perwakilannya di wilayah eks-Keresidenan Madiun-Kediri, intansi, perbankan, pelaku wisata, dan pengusaha.

Seminar ekonomi tersebut merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Festival UMKM dan Pengembangan Ekonomi Daerah Pasca-Tol Trans Jawa dan "Double Track Railway yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Kediri di Kota Madiun mulai tanggal 2-4 November 2018.

Selain Festival UMKM dan seminar, juga digelar kegiatan bazar kopi rakyat, temu responden, keuangan inklusi, klinik bisnis, dan kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Inka Dapat Suntikan Dana

    MADIUN (EKSPOSnews): PT Industri Kereta Api (Inka) mendapatkan suntikan dana senilai 30 juta dolar AS atau setara dengan Rp440 miliar melalui kerja sama dengan perusahaan Amerika Serikat, yaitu Progre

  • 2 tahun lalu

    Ahli Mesin Muda Tulang Punggung Inka

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Setidaknya 200 insinyur (ahli mesin) muda berusia di bawah 30 tahun menjadi tulang punggung perusahan pembuatan kereta dalam negeri PT INKA yang hingga kini masih eksis sebagai

  • 2 tahun lalu

    Inka Akan Produksi LRT Tanpa Masinis

    MADIUN (EKSPOSnews): PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun segera memproduksi kereta "Light Rail Transit" (LRT) tanpa tenaga masinis untuk Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) yang merupakan pesanan

  • 2 tahun lalu

    Penyelesaian Kereta LRT di PT INKA

    MADIUN (EKSPOSnews): Tiga menteri dari Kabinet Kerja mengunjungi PT Industri Kereta Api (PT INKA) di Madiun, Jawa Timur, guna meninjau penyelesaian pembuatan "trainset" atau rangkaian LRT yang akan di

  • 2 tahun lalu

    Rini Soemarno Dukung Ekspansi INKA ke Filipina

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri BUMN Rini Soemarno mendukung ekspansi PT Industri Kereta Api (INKA) yang akan mengekspor produk kereta ke Filipina.Siaran pers Kementerian BUMN, di Jakarta, menyebutkan p

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99