Minggu, 23 Feb 2020

Festival Mentawai, Usir Roh Jahat

Minggu, 24 Apr 2016 10:16
BAGIKAN:
MENTAWAI (EKSPOSnews): Ribuan warga terpukau menyaksikan ritual pengusiran roh jahat di Pantai Mapaddegat, Mentawai di Festival Pesona Mentawai 2016.

Ritual pengusiran roh yang ditampilkan para si Kerei dari Siberut Selatan memakai atribut yang unik serta gendang tradisional terbuat dari ruyun dan kulit ular piton dan biawak.

“Sungguh indah kita punya Mentawai, di sini (Tuapeijat) Sipora sudah tak ada lagi, kita ternyata punya budaya yang patut dibanggakan kepada orang luar, saya salut san terpukuau, baru kali ini betul-betul saya lihat budaya kita,” tutur Tika, Samaloisa warga Sipora.

Acara ritual yang dilakukan dengan gerakan dinamis yang menghentak-hentak oleh empat orang si Kerei yang dipimpin Aman Lalau. Mantera yang dinyayikan menambah ketegangan dan suasana magis di lokasi festival.

Sekira setengah jam lamanya ritual itu dilakukan dipentas seni dan budaya, kemudian dilanjutkan dengan tari kolosal perang oleh anak-anak pelajar dengan memakai atribut Mentawai berupa parang, dan tameng, tarian kolosal ini dibawa oleh sekira 100 siswa yang diiringi oleh nyanyian ratapan terhadap perang yang membunuh saudara-saudar mereka akibat perang.

“Wah saya sangat terpukau atraksi yang ditampilkan, mulai sari ritual pengusiran roh jahat sampai antraksi tarian kolosal meski sempat tadi ada kesalahan ligthing,” kata Jack Brian turis asing dari California, USA.

Festival Pesona Mentawai ini akan berlansung mulai dari 19 sampai 22 April, dalam acara ini akan menampilkan atraksi budaya, serta kuliner, dan surfing.

Antraksi budaya itu seperti ritual pengusiran roh jahat, tarian perang telah dilakukan malam tadi. Dan hari ini akan ditampilkan prosesi pembuatan sagu, pembuatan sampan, tato Mentawai, karnaval serta atraksi budaya lainnya.

Sedangkan untuk surfing ini akan diadakan di daerah Katiet, Kecamatan Sipora Selatan yang berjarak dua jam dengan kapal dari lokasi festival.(okezone.com)

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99